📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Gejala dan Cara Mengatasi Catalytic Converter Bermasalah

catalytic converter bermasalah

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Catalytic converter bermasalah adalah salah satu permasalahan mobil yang harus sesegera mungkin untuk diperbaiki. Catalytic converter merupakan komponen yang biasanya dipasang guna melengkapi sistem knalpot kendaraan roda 4.

Komponen tambahan yang satu ini mempunyai tujuan untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan. Pada dasarnya catalytic converter mempunyai fungsi untuk menyaring gas buang hasil pembakaran dan merubahnya menjadi emisi yang lebih ramah dengan memanfaatkan dari komponen filter.

Penggunaan catalytic converter paling tidak dipergunakan selama 10 tahun lamanya. Dengan fungsinya yang sangat ekstrem ini mengharuskan catalytic converter selalu terpapar kotoran, maka bukan menjadi tidak mungkin di saat komponen tersebut mengalami kerusakan.

Catalytic converter menjadi salah satu komponen yang sangat sensitif pada beberapa kotoran. Penumpukan kotoran yang terjadi pada komponen tersebut secara otomatis bisa menghambat atau tersumbat.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai gejala catalytic converter bermasalah. Sedangkan untuk Anda yang mempunyai roda 4 atau mobil, bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Gejala Catalytic Converter Bermasalah

gejala catalytic converter bermasalah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk komponen catalytic converter ini menjadi satu hal harus benar-benar diperhatikan. Bahkan, disaat komponen tersebut didiamkan terlalu lama bisa menimbulkan dampak buruk di kemudian hari. Untuk beberapa gejala dari catalytic converter bermasalah yang harus Anda ketahui adalah:

  • Mobil tidak bisa melaju kencang, meski pedal gas sudah diinjak sampai dengan penuh. Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat konsumsi bahan bakar minyak menjadi lebih boros.
  • Kerusakan pada catalytic converter bisa ditandai dengan munculnya bau belerang atau menyerupai telur busuk. Bahkan, untuk asap yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan tersebut mempunyai warna yang lebih pekat daripada biasanya.
  • Untuk kendaraan yang mempunyai panas berlebih bisa dijadikan sebagai catalytic converter bermasalah. Permasalahan tersebut biasanya disebabkan oleh kebocoran pada katup dan membuat catalytic converter mempunyai kelebihan gas yang tidak bisa terbakar secara sempurna.

Beberapa gejala dari catalytic converter bermasalah bisa saja disebabkan oleh beberapa komponen pembuangan emosi. Sehingga, untuk Anda yang mempunyai kendaraan roda 4 atau mobil bisa selalu melakukan perawatan secara berkala dengan menggunakan teknisi handal dalam bidangnya.

Baca Juga: Tanda Peringatan Katalitik Konverter

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Cara Mengatasi Catalytic Converter Bermasalah

Pada saat catalytic converter sudah bermasalah, bagi para pemilik kendaraan roda 4 harus segera mungkin untuk melakukan perbaikan. Untuk tiga cara mengatasi permasalahan catalytic converter bermasalah adalah:

  • Mencopot Catalytic Converter yang Lama

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan catalytic converter bermasalah adalah melakukan pencopotan pada komponen lama terlebih dahulu. Untuk beberapa langkah yang harus dilakukan pada cara kali ini adalah:

    • Parkir mobil pada tempat yang posisinya datar dan dongkrak dari keempat roda mobil tersebut pada jackstand. Untuk proses pencopotan catalytic converter ini tidak seperti mengganti ban yang bisa dilakukan tanpa mengangkat keseluruhan mobil.
    • Biarkan knalpot mobil sampai dengan mendingin. Untuk memeriksa suhu sistem pembuangan, Anda bisa menggunakan sarung tangan industri terlebih dahulu.
    • Mencari posisi catalytic converter terlebih dahulu. Mau tidak mau Anda harus masuk ke bagian bawa mobil dan mencari lokasi pipa knalpot terlebih dahulu. Untuk menemukan komponen tersebut, tentunya tidak sulit ditemukan.
    • Lepaskan sensor oksigen dari komponen catalytic converter. Pada catalytic converter model modern sudah dilengkapi dengan sensor oksigen guna melakukan monitor efisiensi pembuangan gas mobil. Ketika catalytic converter sudah mempunyai sensor oksigen, Anda bisa melepas terlebih dahulu.
    • Apabila, komponen tersebut posisi baut bisa disemprotkan minyak penetralan terlebih dahulu. Pada komponen catalytic converter yang posisinya dibaut, kemungkinan besar mengalami karatan dan susah dilepaskan. Maka dari itu, langkah yang bisa dilakukan adalah menyemprotkan minyak penetralan dan diamkan beberapa menit supaya cairan tersebut bisa dilepaskan.
    • Melepaskan baut pada bagian depan dan belakang. Pada saat proses pelepasan komponen catalytic converter harus menggunakan kunci yang pas dan sesuai.
    • Ketika catalytic converter yang mempunyai posisi sudah dilas, lebih baik langsung dipotong saja. Untuk proses pemotongan besi menggunakan gergaji besi yang mempunyai tingkat ketajaman sangat tinggi.
  • Memasang dan Menguji Catalytic Converter yang Baru

Cara mengatasi catalytic converter bermasalah yang paling akhir adalah memasang dan menguji catalytic converter baru. Beberapa cara yang harus dilakukan dalam memasang catalytic converter baru saat atasi catalytic converter bermasalah adalah:

    • Memasukkan gasket pada bagian catalytic converter yang baru. Pada beberapa jenis konverter yang kondisinya baru harus dipasang baut, untuk memastikan pemasangan bisa benar-benar rapat.
    • Pasang sensor oksigen pada tempatnya kembali. Ketika proses pemasangan komponen tersebut harus benar-benar tepat. Di saat kesalahan dalam pemasangan sensor oksigen bisa menyebabkan lampu check engine menyala.
    • Memeriksa kebocoran pada knalpot. Pastikan jangan sampai terdapat kebocoran pada bagian komponen knalpot mobil tersebut. Supaya lebih pasti lagi, Anda bisa mendengarkan suara dari knalpot.
    • Melakukan pengetesan dengan menggunakan palu plastik. Untuk catalytic converter yang sudah berumur, pastinya sudah mulai keropos atau mudah rapuh.
  • Pembersihan Catalytic Converter dengan Layanan Jet Clean di Dokter Mobil

Proses pembakaran biasanya akan menghasilkan hasil sisa berupa kerak karbon. Apabila kerak karbon ini sudah sangat menumpuk, terutama di bagian catalytic converter, hal ini akan membuat kinerjanya terhambat dan berujung pada catalytic converter bermasalah.

Salah satu cara yang efektif untuk dilakukan adalah dengan membersihan kerak-kerak karbon yang menghambat catalytic converter dengan layanan Jet Clean di Dokter Mobil.

Dengan Jet Clean, komponen mesin yang berhubungan dengan proses pembakaran, seperti catalytic converter, akan dibersihkan dari tumpukan kerak karbon yang menghambat kinerja komponen mesin. Terdapat dua varian Jet Clean yang ada di Dokter Mobil, yakni Jet Clean Performance dan Jet Clean Ultimate. Kedua varian ini sama-sama membersihkan komponen mesin dari kotoran dan kerak karbon yang menumpuk. Namun pada Jet Clean Ultimate, dilengkapi pula layanan setting ECU agar settingan-nya sesuai dengan pengaturan standar sehingga performa mobil yang diatur dalam sensor ECU dapat kembali optimal seperti sedia kala.

Pentingnya Memilih Bengkel yang Tepat Untuk Atasi Catalytic Converter Bermasalah

Melakukan perbaikan pada catalytic converter bermasalah tidak bisa dilakukan secara sendirian. Apalagi, untuk Anda yang belum banyak paham dengan perihal komponen tidak disarankan melakukan perbaikan sendiri.

Langkah aman yang bisa diambil adalah langsung membawa ke bengkel mobil terdekat. Untuk pemilihan bengkel mobil sendiri juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan mudah percaya begitu saja.

Paling tidak, Anda sudah harus memastikan bahwa bengkel tersebut sudah benar-benar aman dan memberikan hasil sesuai dengan harapan. Salah satu bengkel yang bisa membantu dalam menangani permasalahan catalytic converter bermasalah adalah Dokter Mobil.

Melakukan perbaikan di Dokter Mobil diberikan hasil yang sesuai dengan keinginan dan masa garansi. Apalagi, untuk masalah catalytic converter bisa diatasi oleh para mekanik yang sudah ahli di dalam bidangnya. Sedangkan, masalah masa garansi ini juga diberikan pada semua jenis perbaikan yang dilakukan pada Dokter Mobil.

Jangan sampai salah dalam memilih bengkel mobil, karena bisa memberikan dampak buruk pada beberapa komponen mobil lainnya. Pilih saja Dokter Mobil sebagai salah satu solusi saat mobil Anda rusak. Lakukan reservasi sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi berbagai layanan di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan berbagai layanan yang ada di Dokter Mobil.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai gejala dan cara mengatasi catalytic converter bermasalah. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi untuk Anda yang mempunyai kendaraan roda 4.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4565

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *