📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tips & Trik Mengembalikan Performa Mobil Usai Perjalanan Jauh

tips mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh tentunya menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan. Biasanya hal ini dilakukan apabila mobil selesai digunakan untuk mudik. Mudik tentunya menjadi sebuah tradisi yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang Indonesia. Dan perjalanan mudik pun bisa dipastikan bahwa jaraknya tidaklah dekat. Dengan begitu, melakukan servis guna mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh adalah salah satu hal yang wajib dilakukan.

Dengan begitu, maka performa mobil akan bisa tetap terjaga. Tapi, bagaimana cara kita untuk melakukannya? Apakah hal ini cukup dengan dibersihkan, atau dibawa ke bengkel servis? Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan performa mobil ini. Berikut, adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga performa mobil setelah melakukan perjalanan jauh.

Tips Mengembalikan Performa Mobil Usai Perjalanan Jauh

tips dan trik mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh

  • Cek Kondisi Mesin Serta Cairan Mobil untuk Mengembalikan Performa Mobil Usai Perjalanan Jauh

Mesin adalah bagian terpenting yang ada di dalam mobil dan yang menjadi faktor utama terkait dengan performa mobil. Dengan demikian, maka mesin menjadi salah satu bagian yang perlu dilakukan pengecekan setelah melakukan perjalanan jauh. Selain dengan melakukan pengecekan mesin, untuk mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh Anda juga sebaiknya mengecek segala macam cairan yang ada di dalam mobil. Untuk melakukan pengecekan terhadap mesin mobil, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyalakan mobil dan mendengarkan suara mesinnya.

Dengarkan suara dari mesin mobil pada saat mobil menyala, pastikan jika mobil bisa dinyalakan dengan mudah dan tidak terdapat suara aneh yang tidak biasa di dalam mesin mobil. Selain dengan mengecek suaranya, Anda juga perlu memastikan jika pada mesin mobil tidak terdapat rembesan cairan apapun dan tetap dalam kondisi kering sebagai cara mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh. Setelah melakukan pengecekan terhadap suara mesin tersebut, sebaiknya cek juga bagian cairan mobil seperti pada bagian oli, cairan radiator, minyak rem, dan juga pada bagian cairan wiper mobil. Pastikan jika cairan tersebut masih cukup, apabila dirasa kurang sebaiknya langsung tambah cairan tersebut. Jangan sampai cairan tersebut kurang atau bahkan sampai kering. Selain mengecek apakah cairan masih cukup, cek juga apakah cairan masih layak atau sudah waktunya diganti. Dengan demikian maka, mobil Anda akan tetap terjaga performanya.

  • Cek Bagian Kaki-kaki Mobil dan Juga Ban untuk Mengembalikan Performa Mobil Usai Perjalanan Jauh

Langkah kedua yang diperlukan adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki mobil dan juga bannya. Untuk mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh, mengecek bagian kaki-kaki mobil serta ban tentunya menjadi hal yang penting. Apabila Anda ingin melakukan pengecekan terhadap bagian ini, sebaiknya dongkrak roda depan mobil dan kemudian periksa. Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah selama Anda memiliki dongkrak untuk mengangkat mobil.

Setelah berhasil mendongkrak mobil, selanjutnya cobalah untuk menggerakkan roda berbelok ke kanan dan juga ke kiri. Apabila pada saat digerakkan roda mobil tampak bergoyang, maka lakukan pengecekan pada bagian ball joint dan juga tie rod. Anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap ketebalan dari ban mobil. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan TWI sebagai cara mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh.

Dengan begitu Anda akan tahu apakah kondisi ban Anda masih cukup tebal atau sudah mulai tipis. Apabila ban sudah mulai tipis, sebaiknya segeralah menggantinya. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian roda mobil dari kerikil kecil yang biasanya tersangkut di bagian alur ban. Dengan begitu, mobil akan bisa tetap terjaga dan terawat performanya.

  • Cek Kondisi dari AC Mobil

AC adalah komponen yang paling sering digunakan dan terbilang cukup penting untuk perjalanan jauh. Selama melakukan perjalanan jauh, AC tentunya menjadi sebuah komponen yang paling banyak digunakan. Terlebih apabila cuaca di luar sedang sangat panas. AC menjadi sebuah komponen yang paling banyak diandalkan oleh para penumpang untuk menyejukkan kabin mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Sehingga, mengecek kondisi dari AC mobil juga menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh. Untuk mengecek kondisi AC ini Anda bisa memulainya dari mengecek bagian selang AC. Pastikan bahwa kondisi selang AC masih dalam keadaan baik dan bersih dari adanya noda oli atau apapun. Apabila kondisi selang terlihat bersih dan baik serta tidak ada noda oli, maka AC masih dalam keadaan normal.

Setelah mengecek bagian selang, selanjutnya cek juga pada bagian kipas AC apakah kipas tersebut masih berputar atau tidak. Selain mengecek selang dan kipas AC guna mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh, Anda juga perlu mengecek freon AC dari lubang kaca berukuran kecil yang terdapat di bagian dekat kompresor AC. Apabila cairan freon tersebut masih dalam keadaan bening, maka cairan tersebut masih penuh dan cukup. Sedangkan jika terdapat sebuah busa yang berwarna putih di bagian freon tersebut artinya sistem sedang kekurangan freon.

Baca Juga: Ganti Freon AC Mobil? Berikut Kisaran Biaya & Waktu yang Tepat

  • Mengembalikan Performa Mobil Usai Perjalanan Jauh Dengan Mengecek Bagian Kelistrikan Mobil

Bagian kelistrikan mobil adalah bagian yang sangat berpengaruh, sehingga perlu dilakukan pengecekan usai digunakan untuk perjalanan jauh. Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengecek sistem kelistrikan mobil ini juga cukup mudah. Yaitu dengan menyalakan semua lampu yang ada di dalam mobil. Aktifkan semua lampu yang ada baik lampu utama, kabin, sein, dan juga di bagian head unit.

Pastikan jika semua lampu tersebut bisa menyala dan berjalan dengan baik sebagai cara untuk mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh. Pada saat menghidupkan mobil, pastikan juga jika mobil dapat berjalan dengan mulus tanpa gangguan. Setelah melakukan pengecekan terhadap semua lampu mobil. Selanjutnya, cek juga bagian AC, apabila Anda menggunakan aki basah cek juga apakah cairan aki masih cukup atau tidak.

Sedangkan, jika Anda menggunakan aki dengan jenis aki kering. Cek indikator dari aki apakah masih ada dalam kondisi yang normal atau tidak.  Apabila lampu indikator menunjukkan warna biru atau warna hijau, maka aki masih dalam kondisi bagus. Anda juga bisa mengecek kondisi aki kering melalui tanggal dari penggantian aki, usia normal dari penggunaan aki itu adalah sekitar 1 sampai dengan 2 tahun.

  • Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Setelah melakukan pengecekan terhadap semua bagian mesin dan juga kelistrikan mobil, cara untuk mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh yang selanjutnya adalah mengecek kondisi kabin mobil. Kabin mobil mungkin bukan bagian mesin ataupun kelistrikan, tetapi menjadi kabin tetap bersih juga perlu dilakukan. Selain melakukan perjalanan yang panjang, para penumpang pastinya akan membawa berbagai macam makanan ataupun minuman untuk menemani perjalanan mereka. Karena hal ini, tak jarang pula kabin mobil menjadi basah ataupun kotor karena remahan makanan dan juga tumpah minuman.

Sehingga, kabin mobil pun memerlukan pembersihan. Anda harus rajin membersihkan kabin ini agar mobil tetap bersih dan nyaman digunakan. Selain itu, dengan membersihkan kabin mobil, maka mobil Anda bisa terhindar dari berbagai macam hewan yang bisa saja hinggap dan membawa penyakit, bahkan merusak bagian mesin mobil seperti tikus. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan vacuum cleaner ataupun sapu kecil untuk mobil, bersihkan semua tumpahan makanan dan juga minuman yang terdapat di sela-sela jok mobil ataupun bagian yang lainnya.

  • Lakukan Servis Jet Clean di Dokter Mobil

Performa mobil yang menurun seringkali disebabkan karena hasil sisa pembakaran mesin berupa kerak karbon, sehingga penting untuk dilakukan pembersihan pada komponen mesin dari kerak karbon agar performa mobil senantiasa optimal terutama usai digunakan perjalanan jauh.

Dengan Jet Clean, berbagai komponen mesin yang terhubung dengan proses pembakaran akan dibersihkan hingga maksimal hingga kerak-kerak karbon luruh. Proses pembakaran pun akan jauh lebih maksimal, yang juga berujung pada peningkatkan performa mobil yang semakin optimal.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Tertarik untuk coba layanan Jet Clean untuk mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh? Lakukan reservasi sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar Jet Clean di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung layanan Jet Clean pada mobil kesayangan Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Demikian pemaparan artikel mengenai tips hingga trik untuk mengembalikan performa mobil usai perjalanan jauh. Mengingat mobil merupakan penunjang kebutuhan mobilitas, semoga dengan ini kondisi mobil kesayangan Anda senantiasa tetap prima untuk penuhi kebutuhan mobilitas Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4567

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *