Artikel

Cara memperbaiki dongkrak mobil

Ini Cara Memperbaiki Dongkrak Mobil Anda Yang Rusak

Cara memperbaiki dongkrak mobil yang mengalami kerusakan sedang dicari sebagian orang yang sedang mengalami masalah dengan dongkrak mobilnya. Dongkrak mobil adalah sebuah peralatan atau komponen yang dipakai untuk kebutuhan dalam pengangkatan mobil. Mungkin anda berpikir mengapa sampai mobil harus diangkat?

Hal tersebut perlu dilakukan dalam membantu kemudahan pada saat sedang melakukan servis atau perbaikan mobil pada bagian bawah. Contohnya  ketika sedang memperbaiki bawah mobil seperti mesin atau bagian kaki-kaki mobil yang meliputi shocbreaker, velg atau ban dll.

Untuk itu dalam artikel kali ini, Dokter Mobil akan sharing mengenai cara memperbaiki dongkrak mobil Anda yang rusak. Simak pembahasannya hingga selesai yah

Macam-Macam Dongkrak Mobil

Cara memperbaiki dongkrak mobil

Sebelum kita mempelajari cara memperbaiki dongkrak mobil maka kita bahas dulu macam-macam dongkrak mobil.  Dongkrak mobil mempunyai tiga jenis, antara lain:

1.Dongkrak Botol

Dongkrak botol disebut juga dengan nama bottle jack yang mempunyai bentuk mirip botol.

2.Dongkrak Gunting

3.Dongkrak Buaya

Dengan memahami ketiga jenis dongkrak akan memudahkan anda untuk memperbaiki setiap jenis dongkrak. Mengingat setiap jenis dongkrak tersebut mempunyai beberapa keunggulan dan kelemahannya. Untuk jenis dongkrak yang akan kita bahas dan cara memperbaikinya adalah jenis dongkrak botol.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Anda Agar Tetap Prima?

Cara Kerja Dongkrak Botol

Cara kerja dongkrak botol memakai teknik hidrolik sehingga bisa mengangkat mobil seberat apapun dengan tinggi ditentukan. Dongkrak botol sangat membantu manusia dalam melakukan perbaikan mobil yang berada di bagian bawah mobil. Mobil akan sedikit terangkat ke atas sehingga para teknisi akan mudah melakukan pengecekan atau perbaikan pada bagian kaki-kaki mobil atau mesin mobil yang berada di bagian bawah mobil.

Dokter Mobil (doktermobil.com) adalah sebuah bengkel mobil yang menyediakan jasa layanan perbaikan mobil pada bagian bawah mobil. Seperti kaki-kaki mobil atau mesin mobil dengan sangat profesional dengan dukungan teknologi modern yang canggih.

Dongkrak mobil jenis botol mempunyai tabung dua buah unit yang memiliki keterkaitan dengan berbeda ukuran.  Setiap tabung berisikan oli yang tertutup kuat. Jika dibandingkan dengan jenis dongkrak lain maka dongkrak botol termasuk dongkrak yang paling mempunyai ukuran yang sangat simpel, kecil, praktis dan bisa dengan gampang ditampung di bagasi mobil.

Walaupun ukurannya terlihat mini, akan tetapi kekuatan dongkrak botol sangat besar hingga mampu mengangkat benda yang berbobot sangat besar sekalipun seperti mobil. Kekuatan dongkrak botol mampu mengangkat benda dengan berat  di sekitaran 2 ton sampai seribu ton.  Kelebihan lainnya, dongkrak mobil botol dijual di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Hingga membuat kantong uang anda tidak akan menipis terlalu dalam.

Teori dari hukum Pascal dipergunakan dalam cara kerja dongkrak botol. Yang menjadikan kekuatan dongkrak mobil jenis ini mempunyai kekuatan daya tenaga yang luar biasa lebih tinggi. Akan tetapi seiring dengan usia pemakaian, dongkrak mobil botol dapat menderita yang namanya kerusakan dari rusak ringan sampai berat.

Berikut ini beberapa jenis kerusakan yang kerap dialami oleh dongkrak mobil botol, antara lain:

1.Dengan sendirinya, dongkrak mengalami penurunan tajam secara mendadak dan tak biasanya

2.Tuas sangat sulit dipompa

3.Pada bagian piston dongkrak mengalami kemacetan sehingga tak bisa berkinerja maksimal. Kemacetan membuat tuas piston tak bisa turun dan kerusakan lain sebagainya.

Sungguh sangat disayangkan jika anda harus membeli dongkrak mobil botol yang baru yang belum tentu selamanya akan bekerja baik. Cara paling bijak jika dongkrak botol mengalami kerusakan secara ringan atau berat maka anda bisa memperbaikinya dengan segera.

Cara Memperbaiki Dongkrak Mobil

Cara memperbaiki dongkrak mobil

Jika anda disuruh membayangkan dongkrak mobil maka apa yang anda bayangkan di pikiran anda? Tentu anda akan membayangkan sebuah benda berukuran kecil namun mempunyai daya tenaga yang sangat besar sehingga mampu mengangkat benda sangat berat sekalipun seperti mobil.

Untuk jenis dongkrak mobil yang dibayangkan umumnya jenis dongkrak botol. Padahal ada banyak jenis dongkrak mobil lainnya. Mengapa demikian? Karena dongkrak mobil jenis botol  ini sangat populer di masyarakat dan biasa dipergunakan oleh pemilik kendaraan bermotor roda empat seperti truk atau mobil sehari-hari untuk memperbaiki mobil di bagian bawah mobil.

Salah satu alat pengungkit atau alat untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia adalah dongkrak. Dongkrak sangat umum terjadi di masyarakat untuk keperluan mengangkat mobil untuk ganti ban maupun servis bagian bawah mobil.

Namun seiring dengan pemakaian dan dimakan usia serta kesalahan pemakaian, sebuah dongkrak mobil dapat mengalami rusak.Cara memperbaiki dongkrak mobil botol yang rusak dilihat dari jenis kerusakannya.

Sementara itu,  dongkrak mobil yang sering dipergunakan secara berlebihan dan kesalahan dalam penggunaan seringkali mengalami kerusakan. Untuk memperbaikinya tentu tidak mudah.

Dongkrak dengan berbagai jenisnnya beda juga cara memperbaiki dongkrak mobil-nya,  Anda harus memahami dulu cara kerja dongkrak mobil beserta komponen-komponen yang terdapat di dalamnya.

Berikut ini cara memperbaiki dongkrak mobil yang mengalami kerusakan seperti dongkrak turun sendiri, atau dongkrak tidak mau naik, antara lain:

1.  Cara memperbaiki dongkrak mobil yang pertama adalah silahkan buka terlebih dahulu penutup hidrolik yang berisi oli. Kemudian lihat keadaan oli yang sebenarnya. Apabila oli dalam kondisi sangat kotor  maka anda bisa melakukan penggantian dengan oli baru khusus untuk dongkrak mobil hidrolik. Dengan melakukan demikian, dongkrak mobil diharap dapat bekerja secara normal lagi.

2.Sebaliknya apabila keadaan oli masih sangat bagus dan penuh karena mungkin telah diganti akan tetapi dongkrak hidrolik masih rusak, tidak dapat naik atau turun sendirinya maka anda bisa melihat pada katup.

Apabila di dalam katup banyak berisi debu dan kotoran maka anda wajib membersihkannya hingga bagian katup terbebas dari noda dan kotoran. Katup yang tertutup kotoran dapat menyebabkan kinerja dongkrak mobil tidak maksimal dan mengalami gangguan.

3.Lakukan pengecekan kembali sesudah membersihkan bagian katup. Apabila dongkrak mobil masih tak berfungsi dengan baik dan rusak maka anda bisa memperhatikan bagian tuas pompa.

Bukalah tuas pompa lalu lihat plunger beserta keadaan seal yang ada di dalamnya. Pastikan kondisi seal masih sangat bagus. Apabila keadaan seal telah mengalami kerusakan maka anda dapat melakukan penggantian dengan seal baru.

4.Silahkan ambil seal yang rusak lalu ganti dengan yang baru. Dalam pemasangan dan penggantian seal baru harus dilakukan secara hati-hati. Jangan sampai bola-bola kecil di pump cylinder  ikut terbawa.

5.Kemudian melakukan cek dongkrak mobil kembali. Apabila dongkrak mobil botol belum berfungsi secara baik maka anda bisa memperhatikan bagian top nut.

Bukalah bagian top nut, lalu silahkan cabut ram lalu perhatikan ruangan oli. Perhatikan pada seal ring untuk memastikan kondisinya masih sangat bagus. Jika kondisi seal ring rusak segera ganti yang baru.

Demikianlah cara memperbaiki dongkrak mobilbotol yang rusak. Jika cara ini telah dilakukan dan belum berhasil dengan baik maka anda bisa mempertimbangkan untuk membeli dongkrak mobil baru. Harga dongkrak mobil botol baru  10 ton sekitar Rp 200 ribuan.

Untuk menghindari dongkrak mobil dari kerusakan maka anda mesti melakukan perawatan dan cara memperbaiki dongkrak mobil  secara intensif dan baik. Seperti tidak memakai dongkrak dalam waktu yang berlebihan dalam menahan beban  berat berlebihan, kemudian anda hendaknya membawa dongkrak mobil  secara benar serta  menyimpannya di tempat yang sejuk dan aman serta menjaga pemakaian dongkrak secara baik dan benar.

Dan yang tak kalah penting adalah hendaknya menjaga kebersihan dongkrak mobil itu sendiri secara rutin setiap hari agar dongkrak mobil tetap awet berfungsi dengan optimal serta tidak diperlukan lagi cara memperbaiki dongkrak mobil. Semoga artikel Cara memperbaiki dongkrak mobil bisa membantu Anda dan mengatasi masalah dongkrak mobil yang rusak

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8965

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia
Bagaimana Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Anda?