Artikel

Merawat Kaca Mobil

Tips dan Trik Jitu Cara Merawat Kaca Mobil Terbaik

Merawat kaca mobil adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh setiap pemilik mobil untuk menjaga kebersihan mobil sekaligus untuk membuat nyaman dan aman selama mengendarai mobil. Kaca mobil berfungsi penting bagi seorang pengendara mobil untuk melihat ke luar mobil mengenai arah jalan raya dan memastikan mobil berada di jalan yang benar selama berjalan di atas jalan. Semua itu bisa dikontrol dengan baik dengan  bantuan melihat jalan lewat kaca mobil. Bisa dipastikan kaca mobil yang dibiarkan kotor akan semakin sulit dibersihkan dan sangat berbahaya dalam mengendarai mobil.

Hal penting yang biasanya diperhatikan pada sebuah mobil adalah bagian mesin mobil dan bodi mobil. Kedua aspek ini sangat diperhatikan. Karena mesin sebagai tenaga penggerak mobil sedangkan bodi mobil adalah bagian luar mobil.

Merawat Kaca Mobil

Merawat Kaca Mobil

Salah satu elemen yang tak kalah penting dari sebuah bodi mobil adalah kaca mobil. Kaca mobil yang bersih dan mengkilap akan membuat penampilan mobil lebih enak dipandang mata. Namun jika kaca mobil kotor, kusam dan kurang terawat akan membuat penampilan tak enak dipandang mata. Dampaknya bukan pada pandangan mata orang lain, penumpang dan sopir yang tak nyaman melihatnya tapi bisa merusak penampilan mobil itu sendiri secara keseluruhan khususnya pada bagian bodi mobil.

Salah satu bentuk perawatan mobil meliputi banyak hal seperti perawatan mesin mobil, perawatan bodi mobil, perawatan kaca mobil dan perawatan kelistrikan mobil dll. Perawatan yang kadang luput dari perhatian pemilik mobil adalah perawatan pada kaca mobil. Lalu bagaimanakah cara merawat kaca mobil?

Perawatan pada kaca mobil hampir sama perawatan pada bodi mobil yang memastikan supaya senantiasa dalam keadaaan bersih dan terbebas dari noda dan kotoran yang melekat padanya. Kaca mobil yang terawat terlihat dari penampilan fisik yang mengkilap bersih cemerlang.

Perawatan pada kaca mobil juga tak kalah penting jika dibandingkan dengan perawatan pada mesin mobil. Perawatan pada kaca mobil termasuk jenis pemeliharaan mobil pada bagian luar bodi mobil. Perawatan kaca mobil sangat penting untuk menjaga penglihatan pengemudi agar tetap nyaman berkendara dan melihat jalan dengan sangat jelas. Kaca mobil yang kusam dan kotor bisa mengakibatkan penglihatan terhadap jalan di depannya tak terlihat dan membahayakan keselamatan pengemudi dan para penumpangnya. Oleh sebab itu, diperlukan cara merawat kaca mobil.

Dalam cara mencuci mobil tak aneh jika pengemudi lebih fokus untuk mengutamakan mencuci mobil pada bagian kaca mobil. Supaya pengemudi lebih nyaman berkendara dan melihat jalan dengan sangat jelas dan nyaman.

Merawat kaca mobil mempunyai banyak manfaat bagi mobil itu sendiri. Manfaat yang paling utama adalah supaya kondisi kaca mobil dalam keadaan selalu bersih. Kaca mobil terbebas dari noda dan kotoran hingga bersih dan mengkilap sampai tak ada goresan serta  debu dan kusam serta kotoran yang menempel di kaca. Secara tak langsung hal itu membuat mobil nyaman dikendarai dan sehat bagi pengendara dan penumpangnya.

Merawat Kaca Mobil

Berikut ini cara merawat kaca mobil yaitu dengan membersihkan kaca mobil secara berkala. Salah satu cara merawat kaca mobil adalah dengan rutin membersihkan kaca mobil secara teratur. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kaca mobil selalu dalam kondisi bersih dan mengkilap sehingga mobil nyaman dikendarai dan melihat keluar mobil akan sangat jelas.

Merawat Kaca Mobil mempunyai beberapa bagian. Ada kaca mobil bagian depan, bagian samping kiri, samping kanan. Sampai kaca mobil bagian belakang. Kaca mobil yang ukurannya cukup luas dan bening sangat mudah bagi debu-debu dan kotoran melekat di atas kaca mobil. Misalkan saat mobil melaju di atas jalan raya sangat mudah debu-debu yang beterbangan yang menempel. Apalagi saat hujan, kotoran air hujan atau noda air hujan hingga cipratan air kotor akan mudahnya menempel pada kaca mobil sehingga membuat kaca mobil menjadi kotor.

Dibaca Juga: Cara Merawat Kopling Mobil Agar Awet Tidak Cepat Aus

Mobil dengan kaca mobil yang kotor membuat mobil secara keseluruhan penampilan tak enak dipandang mata. Sehingga menjadi keharusan bagi pemilik mobil untuk membersihkan kaca mobil yang kotor dan menjaga setiap hari kaca mobil dalam keadaan bersih. Kotoran atau noda air yang menempel pada kaca mobil akan mudah dibersihkan pada saat itu. Namun apabila dibiarkan berlarut kotoran dan noda air pada kaca mobil membuat kegiatan membersihkan kaca mobil semakin sukar dibersihkan. Kotoran bisa mengeras atau mengering sehingga tidak cukup hanya dibersihkan dengan dibilas air bersih.

Berikut ini beberapa noda dan kotoran yang sering menempel pada bagian kaca mobil, antara lain: debu yang beterbangan di jalan, cipratan air hujan dan air kotor di jalan,kotoran binatang, getah tanaman, dll.

Untuk membersihkan kotoran dan noda di kaca mobil akan lebih mudah dilakukan ketika mobil selesai dipergunakan. Cara membersihkannya dengan mempersiapkan lap super lembut dan air yang bersih. Jenis lap yang dipergunakan adalah lap basah. Sedangkan untuk mengeringkannya gunakan lap kering. Namun pastikan dalam membersihkan noda dan kotoran di kaca mobil dilakukan dengan hati-hati agar tidak meninggalkan baret atau goresan.

Untuk lap yang dipergunakan dalam menghilangkan kotoran dan noda di kaca mobil adalah lap basah yang bersih dan lembut. Dengan demikian kaca mobil benar-benar bersih.

Adapun maksud menggunakan lap basah yang bersih adalah untuk membuat kaca mobil jadi bersih. Sedangkan jenis lap lembut yang dipergunakan untuk menghindari terjadinya goresan pada kaca mobil ketika membersihkannya.

Sebuah kesalahan yang fatal jika seseorang membersihkan kaca mobil menggunakan kain lap yang kotor. Bukannya kaca mobil jadi bersih bahkan bisa jadi semakin kotor. Walaupun kaca mobil bersih maka kebersihannya kurang maksimal.

Sedangkan Merawat Kaca Mobil dengan air bersih yang dipergunakan untuk menghilangkan debu atau kotoran di kaca mobil dapat menggunakan air bersih dari PDAM atau air bersih dari lainnya. Anda bisa menggunakan selang untuk membersihkan kaca mobil. Pastikan kaca mobil tertutup rapat untuk menghindari air masuk ke dalam mobil. Cara paling mudah membersihkan kaca mobil dengan cara  tanpa selang yaitu dengan menyiapkan dua ember. Ember yang satu berisi air bersih. Sedangkan ember yang satu lagi berisi air yang telah dicampur dengan shampo mobil. Setelah mobil dibersihkan oleh lap lembut basah dengan air  yang bercampur shampo mobil maka anda tinggal membilasnya dengan air bersih pada ember yang satu lagi. Kemudian keringkan dengan lap lembut sampai kering.

Pada proses mengeringkan kaca mobil maka anda bisa melanjutkan dengan memberikan cairan polesan dan pembersih dan pengkilap kaca mobil.

Dengan kondisi kaca mobil yang bersih akan membuat mobil menawan dan lebih terawat bodi dan mesin mobil serta fitur yang terdapat di dalamnya. Jika anda mengalami kerusakan pada bagian AC mobil dan membutuhkan perawatan dan perbaikan mobil maka anda bisa datang langsung ke Dokter Mobil (doktermobil.com) yang merupakan bengkel mobil yang terkemuka dan langganan para selebritis dengan jaminan pelayanan cepat dan bergaransi.

Kondisi kaca mobil perlu Merawat Kaca Mobil baik supaya tetap dalam kondisi bersih dan tidak muncul goresan. Munculnya goresan pada kaca mobil bisa disebabkan oleh lap untuk membersihkan kaca mobil dalam kondisi kotor. Bisa pula muncul goresan pada kaca mobil disebabkan karet wiper yang teksturnya sudah keras. Anda bisa mengganti karet wiper dengan yang baru yang lebih lentur untuk memastikan kaca mobil dapat bersih tanpa goresan sebagai bagian merawat kaca mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia
Bagaimana Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Anda?