📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers Pada Bulan Juni, Reservasikan Kehadiran Anda Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Komponen Penting Pada Kelistrikan Mobil

kelistrikan mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sistem kelistrikan mobil adalah bagian yang terpisah di dalam kendaraan. Selain itu, untuk sistem kelistrikan mobil ini mempunyai banyak fungsi seperti lampu dan masih banyak lainnya.

Sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang hanya tahu mengenai keberadaan dari kelistrikan mobil secara sederhana saja. Dua hal yang biasanya diperhatikan dalam hal kelistrikan adalah lampu dan starter mobil bisa berjalan secara normal.

Padahal, para pemilik mobil harus mengetahui lebih banyak lagi tentang kelistrikan mobil yang ada di beberapa bagian dan komponen. Maka dari itu, untuk lebih jelasnya anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Sistem Kelistrikan Mobil

kelistrikan mobil

Sebelum membahas lebih banyak lagi tentang sistem kelistrikan mobil lebih baik dimulai dari segi pengertian terlebih dahulu. Untuk pengertian dari sistem kelistrikan mobil merupakan salah satu rangkaian energi listrik pada mobil yang disusun guna menjalankan beberapa fungsi tertentu.

Sistem pada kelistrikan pada mobil ini dibagi menjadi beberapa bagian dan semuanya harus dimengerti oleh para pemilik mobil. Pengertian dari beberapa sistem kelistrikan pada mobil yang harus anda ketahui adalah:

  • Sistem Starter adalah rangkaian listrik yang dipergunakan untuk menghidupkan mesin pada mobil. Di dalam bagian sistem tersebut juga terdiri dari banyak komponen seperti kunci kontak, baterai, sirkuit dan relay.
  • Sistem Pengapian adalah rangkaian listrik pada mobil yang digunakan untuk menghasilkan percikan api kecil. Beberapa bagian sistem kelistrikan mobil satu ini adalah busi, transistor dan kondensator.
  • Sistem Pengisian adalah rangkaian listrik yang berfungsi untuk mengubah energi kinetik atau gerakan rotasi kendaraan menjadi tenaga listrik.
  • Sistem Peringatan atau indikator adalah rangkaian listrik yang berfungsi untuk memberikan peringatan ketika ada kesalahan. Pada indikator ini biasanya ada beberapa lampu seperti speedometer dan layar MID (Multi Information Display).

Komponen Utama Pada Sistem Kelistrikan Mobil

Semua sistem yang sebelumnya sudah disebutkan diatas saling terhubung antara satu dengan lainnya. Paling tidak untuk pemilik mobil harus memperhatikan komponen kelistrikan mobil seperti supply arus, input, sistem kontrol, output dan wiring harness. Sebagai berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Komponen Supply Arus

Komponen supply ini menjadi salah satu sistem kelistrikan pada mobil yang berada di urutan pertama. Bisa dikatakan juga untuk komponen supply arus memberikan arus listrik pada beberapa komponen seperti AC, lampu dan audio.

Selain itu, juga ada dua part yang juga termasuk pada supply alur yaitu baterai dan alternator atau dinamo ampere. Setiap baterai yang ada di mobil, bisa menyuplai arus listrik sampai dengan 12 volt.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sedangkan untuk bagian alternator pada mobil bisa menyuplai aliran listrik sampai dengan 14 volt. Untuk jumlah baterai pada mobil ini juga bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhannya masing-masing. Pada kendaraan seperti bus, truk dan mobil besar paling tidak untuk jumlah baterai bisa ditambah, supaya dapat memberikan arus listrik yang lebih banyak.

  1. Komponen Input

Kelistrikan mobil bisa bekerja secara aktif, ketika mempunyai komponen input secara baik. Pada komponen input kali ini mempunyai cara kerja secara otomatis yang sudah diatur oleh sistem.

Beberapa bagian kelistrikan pada mobil yang bisa diaktifkan secara manual adalah saklar, tombol, kenop dan switch. Sedangkan bagian komponen input yang bisa dinyalakan secara otomatis adalah sensor.

Perlu pemilik mobil ketahui untuk dua bagian komponen input tersebut bisa berjalan secara baik, maka untuk sistem kelistrikan juga akan langsung menyala dan aktif. Secara gampangnya, pada komponen input ini mempunyai fungsi untuk menyambung dan memutus arus listrik pada sebuah perangkat.

  1. Komponen Sistem Kontrol

Sistem kontrol juga menjadi komponen penting pada mobil yang sudah menggunakan sistem computerized analytic. Pada sistem kali ini sudah mengandalkan rangkaian processor komputer, ketika sedang menghidupkan kelistrikan mobil.

Secara teknologi pada sistem yang satu ini lebih canggih dan bisa bekerja secara otomatis tanpa ada campur tangan para pemilik mobil. Contoh pada kelistrikan mobil yang satu ini adalah dengan menggunakan sistem pengereman ABS, control module, transmission control module dan masih banyak lainnya.

  1. Komponen Sistem Output

Sistem kelistrikan pada mobil yang berikutnya adalah di bagian output. Untuk sistem output ini menjadi satu kesatuan dengan komponen mobil secara input. Komponen output merupakan salah satu perangkat atau media yang aktifnya dengan aliran sistem kelistrikan.

Untuk jenis pada komponen output ini juga sangat beragam dan akan disatukan lagi dengan masing-masing fungsinya. Ada beberapa contoh yang termasuk di komponen output seperti power steering, klakson, AC dan masih banyak lainnya.

  1. Komponen Wiring Harness

Komponen kelistrikan mobil yang paling akhir adalah Wiring Harness. Pada komponen yang satu ini juga sering disebut dengan rangkaian kabel pada mobil. Selain itu, untuk komponen kali ini bisa mengalirkan listrik yang berasal dari sumbernya (baterai atau alternator).

Setelah itu, untuk sumber listrik tersebut akan menuju pada beberapa bagian yang dibutuhkan. Ada satu hal penting yang harus di ketahui, bahwa pada komponen kali ini hanya berupa kabel-kabel sama seperti pada umumnya sistem listrik.

Akan tetapi tidak boleh diremehkan begitu saja, karena untuk rangkaian kabel pada komponen Wiring Harness ini sangat rumit dan saling mempunyai keterkaitan. Pada saat ada salah satu bagian kabel yang rusak, maka untuk semua komponen di bagian kabel tersebut harus diganti semua. Ada beberapa contoh pada komponen Wiring Harness yang harus diketahui oleh pemilik mobil yaitu rangkaian mobil dan audio.

Lima komponen pada kelistrikan pada mobil ini tidak bisa dipisahkan begitu saja. Ketika ada salah satu kabel yang kurang, maka bisa mengalami masalah dan kelistrikan pada mobil tidak berfungsi secara baik.

Paling terpentingnya lagi adalah untuk para pemilik mobil tidak diperbolehkan mengutak-atik sistem kelistrikan secara sendiri. Untuk potensi kegagalan juga akan lebih tinggi dan memberikan dampak buruk.

Dibaca Juga: 20+ Daftar Cabang Bengkel Mobil Terdekat di Kota Anda !

Kerusakan yang disebabkan oleh kelistrikan pada mobil ini membutuhkan biaya tidak sedikit. Maka dari itu, untuk para pemilik mobil yang mempunyai kerusakan pada bagian kelistrikan harus segera melakukan perbaikan pada bengkel terdekat.

Para pemilik mobil tidak perlu merasa khawatir, ketika sedang mengalami permasalahan dengan kelistrikan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan berkunjung ke Dokter Mobile Electric yang ada di kota anda.

Dokter mobil atau domo electric adalah salah satu bengkel mobil yang khusus melayani perbaikan kelistrikan pada mobil. Sudah banyak dari para pemilik mobil yang melakukan perbaikan pada sistem kelistrikan di Domo Electric.

Semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh Domo Electric ini bisa dipercaya dan memberikan hasil pengerjaan dengan kualitas terbaik. Bahkan, semua teknisi yang ada di Domo Electric ini sudah profesional di dalam bidangnya masing-masing.

Bisa dikatakan untuk anda yang ingin melakukan perbaikan kelistrikan mobil di Domo Electric tidak perlu merasa khawatir lagi dengan hasilnya. Semua hasil yang diberikan sudah memuaskan dan tidak membuat pemilik mobil merasa kecewa.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai kelistrikan pada sebuah mobil. Semoga dengan penjelasan diatas tidak ada lagi para pemilik mobil yang bingung ketika sedang mengalami permasalahan kelistrikan pada mobil. Anda bisa menghubungi admin Dokter Mobil di (klik disini) untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan promo-promo terbaru dari Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9228

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.