📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Sistem Kelistrikan Pada Mobil atau Sekring Cepat Putus!

sistem kelistrikan pada mobil

Sekring mobil adalah salah satu komponen yang paling vital dan mempunyai peran untuk mengatur kelistrikan dari kendaraan tersebut. Selain itu, sekring juga berguna untuk mencegah terjadinya konslet yang berasal dari kelebihan jalur listrik pada setiap komponen di dalamnya

Pada saat menggunakan sekring jumlah jalur listrik yang dialirkan akan diatur sesuai dengan kebutuhannya. Ketika konslet listrik sering terjadi, kemungkinan besar untuk bagian sekring mobil akan cepat putus.

Masih ada beberapa penyebab lain yang harus Anda ketahui akibat terjadinya korsleting listrik pada mobil. Sedangkan, untuk Anda yang memiliki mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Fungsi dan Jenis Sekring Pada Sistem Kelistrikan Pada Mobil

sistem kelistrikan pada mobil

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya, untuk sekring mobil merupakan salah satu komponen paling vital dan berfungsi dalam mengatur kelistrikan di dalam kendaraan tersebut. Sekring mobil biasanya berada di dalam satu kotak ruang mesin atau di sekitar area dashboard.

Pada awalnya, untuk sistem kelistrikan pada mobil sekring ini mempunyai dimensi besar dan menggunakan bahan material dari keramik. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman untuk ukuran sekring disesuaikan lagi supaya lebih ringkas atau kecil.

Era 80an untuk bentuk dari sekring mobil adalah tabung dengan kaca di bagian tengahnya. Sehingga, dengan bentuk seperti itu membuat para pemiliknya bisa mengerti ketika sekring mobil putus dan segera untuk diganti.

Semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang, untuk sekring mengalami perubahan yang sangat pesat. Bentuk dari sekring sendiri adalah pipih atau sekring blade atau tancap. Untuk jenis sekring tersebut biasanya digunakan untuk sistem kelistrikan pada mobil masa kini semakin rumit dan juga besar.

Bentuk dari sekring pipih dibedakan menjadi beberapa warna dan untuk setiap warnanya mempunyai kapasitas jalur listrik yang berbeda-beda. Meski sudah terbentuk modern, sekring juga masih bisa tembus pandang dan fungsinya juga sama seperti bentuk tabung.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Salah satu alasan kenapa bentuk sekring dibuat pipih masih sama seperti tabung adalah biar bisa melihat kondisi kawat yang ada di dalamnya masih baik atau tidak. Sehingga, dengan hal tersebut bisa mengurangi terjadinya konslet listrik.

Untuk membedakan warna dan kapasitas jalur listrik bisa dilihat dari warnanya. Sekring warna coklat kekuningan mempunyai kapasitas listrik sampai dengan 5 ampere. Sedangkan, warna coklat 7,5 ampere, merah 10 ampere, kuning 20 ampere, hijau 30 ampere, dan orange 45 ampere.

Saat ini sekering dengan arus lebih 30 ampere sangat jarang sekali ditemukan pada mobil. Biasanya, untuk sekring yang mempunyai jumlah ampere tinggi berbentuk pipih kotak dengan dimensi lebih besar.

Perbedaan pada sekring besar ini juga ditandai dengan warna yang berbeda-beda. Warna hijau dengan kapasitas lebih dari 40 ampere, merah 50 ampere, hitam 80 ampere dan biru 100 ampere.

Untuk jenis sekring yang paling akhir dan utama adalah mempunyai bentuk seperti pelat. Pada sekring ini juga biasanya digunakan sebagai alat pengaman arus listrik utama di dalam mobil tersebut.

Maka dari itu, sekring juga mempunyai kapasitas ampere yang lebih besar dibandingkan lainnya. Sekring seperti ini juga biasanya dilengkapi dengan pelindung dan diletakkan di dekat bagian aki mobil.

Penyebab Sistem Kelistrikan Pada Mobil atau Sekring Cepat Putus

Setelah mengerti fungsi dan jenis dari sekring, sekarang akan dibahas mengenai beberapa penyebab akibat terjadinya putus sekring. Untuk beberapa penyebab yang harus Anda ketahui adalah:

  1. Terdapat Guncangan Pada Mobil

Penyebab sekring putus mobil yang pertama adalah mobil sering terjadi guncangan. Untuk hal yang satu ini bisa terjadi, karena guncangan biasanya bisa menyebabkan bagian isolator terkelupas dan akhirnya menyentuh dibagian mobil. Sehingga, dengan hal tersebut bisa memicu terjadinya konslet listrik.

2.Konslet Pada Bagian Lampu Utama

Untuk penyebab berikutnya adalah terjadi di saat pemilik mobil menyalakan lampu utama. Pada permasalahan yang satu ini sangat sering terjadi, karena untuk pemasangan kabel tidak terhubung dengan baik. Selain itu, masalah tersebut juga bisa saja terjadi akibat adanya urutan kabel yang tertarik. Untuk masalah yang satu ini juga bisa mengakibatkan konslet listrik.

  1. Kerusakan Pada Tuas Dimmer

Sekring yang putus biasanya terjadi, karena ada kerusakan pada bagian tuas dimmer. Di saat Anda menyalakan lampu dimmer dan kondisi tuasnya rusak, maka kemungkinan besar akan muncul konslet.

  1. Konslet Pada Lampu Rem

Akibat lainnya dari sekring cepat putus adalah di saat sedang menginjak pedal rem. Untuk permasalahan konsleting kali ini bisa terjadi, karena di saat memasang lampu rem tidak diatur dengan baik.

  1. Terjadi Konslet Pada Bagian Lampu Sein

Sekring atau sistem kelistrikan pada mobil putus juga bisa saja terjadi di saat menyalakan lampu sein. Untuk hal yang satu ini bisa saja terjadi akibat adanya kerusakan dan konslet di bagian kabel tuas di bagian lampu sein mobil.

Korsleting listrik atau sistem kelistrikan pada mobil konslet menjadi penyebab utama sekring mudah putus dan biasanya bisa dilihat dengan jelas di saat menggunakan lampu led. Di saat di salah satu komponen lampu led ada yang mati, maka penyebab utamanya adalah sekring putus.

Dibaca Juga: Kumpulan Penyebab Korsleting Pada Mobil

  1. Menggunakan Bohlam dengan Kualitas Buruk

Sekring atau sistem kelistrikan pada mobil yang cepat putus juga bisa saja disebabkan, karena kualitas lampu bohlam buruk. Pada saat memilih lampu bohlam sebaiknya jangan membeli dengan harga yang murah. Biasanya, dengan harga yang murah mempunyai kualitas cukup amat buruk.

Selain itu, untuk daya tahan dari lampu bohlam tersebut juga kurang baik. Lampu bohlam yang mudah panas juga bisa menyebabkan filamennya cepat putus. Pada akhirnya, dengan hal tersebut bisa menyebabkan konslet pada bagian sekring mobil.

  1. Mempunyai Tegangan Listrik yang Berlebihan

Tegangan jalur listrik yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab sekring mobil cepat putus. Untuk cara mengatasinya adalah pastikan dan periksa pada bagian komponen dengan menggunakan alat multimeter atau voltmeter.

Pada beberapa komponen mobil sebaiknya juga ikutan diperiksa untuk memastikan tidak terjadi tegangan yang berlebih. Apalagi untuk bagian aki dan regulator menjadi dua komponen yang harus benar-benar diperhatikan.

Sistem sistem kelistrikan pada mobil pengisian yang masih konvensional atau menggunakan regulator bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian sekring. Masalah tersebut juga terjadi, karena terlalu besar pengisian tenaga listrik di kondisi rpm tinggi.

  1. Menggunakan Sekring dengan Kualitas Buruk

Kualitas sekring dan sistem kelistrikan pada mobil yang buruk atau jelek pastinya jadi salah satu alasan kenapa sekring mobil cepat putus. Seperti yang diketahui, untuk sekring mobil mempunyai bahan dasar dari lempeng logam yang mempunyai desain pipih.

Sehingga, di saat tegangan arus listrik yang berlebihan bisa membuat sekring lebih mudah putus. Untuk bagian luar sekring biasanya dibalut dengan menggunakan plastik isolator dengan warna yang berbeda-beda.

Biasanya, kualitas sekring dan sistem kelistrikan pada mobil yang buruk bisa melelehkan pada bagian warna dan satuannya. Bagian plastik sekring yang meleleh bisa jadi salah satu penyebab terjadinya konsleting pada bagian sekring mobil. Selain itu, untuk ukuran lempeng pada logam sekring yang kurang bagus juga bisa menghambat kinerja pemutusan arus listrik secara berlebihan.

Sedangkan, untuk Anda yang ingin mengatasi permasalahan sekring mudah putus bisa langsung saja berkunjung pada Bengkel Dokter Mobil. Di dalam bengkel tersebut juga mempunyai layanan Domo Electric yang bisa membantu dalam mengatasi permasalahan sekring mobil cepat putus.

Nah, itulah dia beberapa penyebab dari sekring mobil yang cepat putus dan menyebabkan terjadinya kosnlet di sistem kelistrikan pada mobil. Besar harapan dengan adanya informasi sistem kelistrikan pada mobil diatas bisa dijadikan tambahan ilmu untuk Anda yang mempunyai kendaraan roda 4. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇