📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Pengertian dan Macam-Macam Sistem Kelistrikan Pada Mobil

Sistem Kelistrikan Pada Mobil

Kelistrikan pada mobil adalah salah satu komponen yang paling penting kedua setelah mesin. Meski sifatnya bukan menjadi yang pertama, akan tetapi mesin mobil membutuhkan bantuan listrik untuk terjadi proses pembakaran.

Contoh mudahnya berada di komponen busi. Busi akan bisa menyala dan bekerja sesuai fungsinya di saat sudah dialiri aliran listrik. Oleh karena itu, untuk sistem kelistrikan pada mobil ini tidak boleh dilupakan atau diabaikan begitu saja.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan macam-macam sistem kelistrikan pada mobil. Sedangkan, untuk Anda yang mempunyai mobil dan ingin tahu lebih banyak mengenai hal kelistrikan bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Kelistrikan Pada Mobil

Sistem Kelistrikan Pada Mobil

Sistem kelistrikan pada mobil merupakan salah satu rangkaian energi listrik yang disusun untuk menjalankan sebuah fungsi tertentu. Dengan kata lain, untuk semua sistem yang memanfaatkan sumber energi listrik masuk berada di kategori sistem elektrikal mobil. Ada beberapa fungsi dari sistem kelistrikan pada mobil yaitu:

  • Membantu dalam proses menyalakan komponen busi, sehingga mesin bensin bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.
  • Sebagai sistem keamanan dan keselamatan di dalam komponen mesin.
  • Sistem kelistrikan bisa dijadikan sebagai alat untuk menambah kenyamanan di saat berkendara.

Macam-Macam Sistem Kelistrikan Pada Mobil

Ketika membicarakan mengenai sistem kelistrikan mobil ini sangat luas. Ketika, di segmentasikan, maka ada beberapa kelompok sistem kelistrikan pada mobil yang harus diketahui oleh para pemilik kendaraan mobil yaitu:

  1. Sistem Kelistrikan Mobil Bagian Mesin

Kelistrikan pada mobil pada bagian mesin merupakan rangkaian listrik yang mempunyai posisi pada bagian mesin kendaraan mobil. Untuk fungsi dari kelistrikan bagian mesin yaitu membantu kinerja mesin mobil supaya lebih efisien.

Contoh mudah dari kelistrikan mesin adalah komponen besi. Pada komponen busi ini bisa memercikkan bunga-bunga apa, karena terjadi proses perubahan energi listrik ke energi api. Untuk proses perubahan ini dilakukan dalam bentuk sebuah rangkaian pada sistem kelistrikan pada mesin mobil. Selain busi, juga terdapat beberapa point kelistrikan mesin lain yang harus dipahami yaitu:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Sistem Starter

Sistem starter merupakan sebuah rangkaian kelistrikan pada mobil yang mempunyai fungsi untuk proses cracking pada komponen mesin. Cracking adalah proses putaran awal yang membuat bagian poros engkol mesin mobil bisa berputar secara maksimal. Sehingga, dengan perputaran ini bisa menimbulkan proses pembakaran pertama pada sebuah mesin mobil bisa terjadi.

  • Sistem Pengisian

Sistem pengisian adalah rangkaian dari kelistrikan pada mobil yang menyediakan suplai arus listrik di sebuah sistem kelistrikan. Semua komponen yang ada di dalam sistem pengisian bisa digunakan sebagai alat untuk memutarkan mesin menjadi energi listrik.

Untuk salah satu komponen yang membantu dalam proses pengisian arus listrik mobil adalah dinamo. Artinya selagi dinamo mobil masih benar dan tersedia, maka semua kebutuhan listrik pada mobil tetap terjaga atau selalu tersedia.

  • Sistem Pengapian

Sistem Pengapian merupakan skema kelistrikan yang bisa membuat komponen busi dapat memunculkan atau mengeluarkan percikan api. Pada saat melakukan proses ini, sistem di bagian pengapian bisa memanfaatkan komponen induksi elektromagnetik. Selain itu, pada komponen tersebut juga bisa dijadikan alat untuk membantu dalam menaikkan tegangan baterai sampai dengan 12 volt.

  • Glow Plug System (Diesel)

Glow Plug System atau yang sering disebut dengan busi pijar yaitu alat pemanas ruang bakar mobil. Fungsi dari Glow Plug System yaitu untuk menaikkan suhu ruang bakar mesin diesel di saat suhu mesin mobil masih dingin. Sehingga, dengan adanya Glow Plug System ini tidak mengganggu dalam proses starting.

  • System EFI

Sistem EFI atau yang sering dikenal dengan sistem injeksi merupakan salah satu kelistrikan mobil terpadu (IC) yang mempunyai fungsi untuk menyuplai bahan bakar bensin ke dalam mesin. Tentunya, di dalam proses kali ini harus disesuaikan lagi dengan volume yang ideal supaya kondisi mobil tetap bekerja sesuai dengan fungsinya.

  • Sistem Common Rail (Diesel)

Common Rail adalah skema pada kelistrikan pada mobil secara terpadu yang berfungsi untuk mengatur suplai solar masuk ke dalam ruang bakar dengan volume secara ideal. Selain itu, untuk Common Rail ini juga hampir sama dengan sistem EFI. Namun, untuk sistem Common Rail ini dipergunakan oleh kendaraan mobil yang mempunyai bahan bakar solar.

  1. Sistem Kelistrikan Body

Sistem kelistrikan body merupakan sebuah rangkaian kelistrikan yang berada di bagian body kendaraan. Untuk sistem kelistrikan kali ini memang terpisah dengan bagian mesin. Namun, untuk bagian kelistrikan mobil bagian body ini masih mempunyai sumber listrik yang sama. Untuk beberapa sistem kelistrikan body mobil adalah:

  • Sistem Penerangan Eksterior

Sistem penerangan eksterior mempunyai fungsi sangat penting yaitu menerangi bagian luar mobil. Beberapa contoh dari sistem penerangan eksterior adalah bagian lampu head, lampu kabut dan lampu kota.

  • Sistem Penerangan Interior

Sistem penerangan interior juga mempunyai peran atau fungsi dalam menerangi bagian dalam mobil. Beberapa contoh dari sistem penerangan interior adalah lampu interior kabin yang bisa dinyalakan secara manual dan otomatis.

  • Sistem Peringatan Interior

Sistem peringatan pada kelistrikan pada mobil interior ini mempunyai fungsi dalam menerangi semua kabin mobil. Contoh dari lampu interior kabin yang dapat dinyalakan secara manual dan otomatis di saat membuka pintu mobil.

  • Sistem Peringatan

Sistem peringatan adalah skema kelistrikan yang bisa memberikan tanda atau sinyal kepada para pengendara lainnya. Contohnya yaitu lampu rem yang dijadikan sebagai penanda, bahwa kendaraan tersebut sedang mengerem. Sedangkan, untuk contoh lainnya adalah klakson dan lampu mundur.

Dibaca Juga: Penyebab Sistem Kelistrikan Pada Mobil atau Sekring Cepat Putus!

  1. Sistem Infotainment

Sistem Infotainment mempunyai fungsi sebagai alat untuk memberikan informasi kepada pemilik mobil terkait kondisi secara umum. Selain itu, untuk sistem infotainment ini juga bisa dijadikan alat memberikan akses hiburan kepada para penggunanya. Beberapa contoh sistem kelistrikan pada mobil bagian infotainment adalah:

  • Multi Info Display

Multi Info Display adalah komponen speedometer. Pada komponen speedometer ini tidak hanya menyediakan data kecepatan mobil saja. Akan tetapi, di dalam komponen tersebut juga diberikan lampu indikator oli, airbag, check engine dan masih banyak lainnya.

  • Audio and Video

Audio menjadi salah satu komponen atau fitur yang wajib dimiliki pada setiap mobil. Bahkan, untuk versi terbarunya lagi, audio and video juga tersedia panel LCD yang digunakan sebagai alat memutar konten video.

Meski komponen listrik bagian mobil ini penting, akan tetapi masih banyak dari kalangan masyarakat yang abai dengan hal tersebut. Bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu dan ingin melakukan pengecekan pada sistem kelistrikan mobil bisa langsung saja mencari bengkel terdekat.

Akan tetapi, perlu diingat lagi untuk pemilihan bengkel ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk salah satu bengkel rekomendasi untuk melakukan pengecekan kelistrikan mobil adalah Bengkel Dokter Mobil.

Di dalam bengkel tersebut juga tersedia layanan Domo Electric yang membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan pada kelistrikan mobil. Semua orang yang ada di dalam bengkel tersebut juga sudah ahli di dalam bidangnya masing-masing.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai kelistrikan pada mobil. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan sedikit informasi untuk Anda yang mempunyai kendaraan, khususnya mobil. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️