New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Komponen Mesin Mobil

Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!

Komponen mesin mobil mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing sehingga dapat menggerakkan mobil dengan lancar di jalan. Mobil bagi sebagian orang adalah barang sekunder tapi bagi sebagian yang lain, mobil merupakan kebutuhan utama.

Bagi anda yang memiliki mobil perlu memahami secara garis besar mengenai komponen-komponen utama pada mesin mobil.

Bagian yang  paling penting di dalam mobil disamping bodi mobil adalah mesin mobil. Mesin mobil berfungsi menggerakkan mobil agar bisa berjalan dengan baik di atas jalan. Mesin mobil sama dengan inti dari mobil itu sendiri. Sebuah mobil tanpa mesin mobil tentu saja mobil itu tak bisa digerak dan dijalankan.

Begitu pentingnya mesin mobil hingga banyak orang berupaya keras merawat mesin mobil dengan sangat baik. Seperti melakukan tune up mobil secara rutin atau penggantian oli mobil dan lain-lain.

Lalu bagi pemilik mobil yang tidak bisa memperbaiki mesin mobil tetap harus belajar untuk mengetahui komponen utama mesin mobil secara kecil-kecilan. Dari mulai mengenal komponen-komponen apa saja yang terdapat di mesin mobil.

Baga Juga : Mesin Mobil Pincang Saat Dingin? Cek 5 Komponen Ini

Komponen Mesin Mobil

Komponen Mesin Mobil

Untuk lebih jelasnya, berikut ini komponen-komponen mesin mobil secara lengkap dari awal sampai akhir beserta fungsinya, antara lain:

1.Komponen tak bergerak

Komponen pada mesin mobil terdapat dua bagian kelompok besar yakni komponen mesin mobil yang bergerak. Kedua, komponen mesin mobil yang tak bergerak. Untuk memulainya, kita langsung saja mempelajari komponen-komponen pada mesin mobil  yang tak bergerak, antara lain:

-Carter atau bak oli

-Cylinder head atau kepala silinder

-Cylinder block atau blok silinder

2.Komponen mesin mobil yang bergerak

Setelah mengetahui kelompok komponen mesin mobil yang tak bergerak, maka kita jelaskan komponen pada mesin mobil yang bergerak. Berikut ini komponen mesin mobil yang bergerak, antara lain:

-Timing gear atau gigi timing

-Cam shaft atau poros hubungan

-Piston atau torak

-Crank shaft atau poros engkol

-Fly wheel atau roda penerus

-Valve mechanisme atau mekanisme katup

Setelah mengetahui komponen-komponen mesin mobil yang bergerak maupun tak bergerak, berikutnya akan dijelaskan fungsi-fungsi komponen mesin mobil.

Fungsi Komponen Utama Mesin Mobil

Komponen Mesin Mobil

Apa yang ada di dalam mesin mobil dapat diketahui secara mudah oleh teknisi mobil. Namun bagi orang awam pastinya bertanya-tanya apa isi mesin mobil? Atau komponen-komponen pokok apa saja yang membuat terbentuknya mesin mobil yang membuat mobil bisa bergerak secara baik dan nyaman terkendali?

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini fungsi-fungsi komponen mesin mobil yang paling pokok, antara lain:

1.Blok silinder

Blok silinder adalah komponen mesin mobil yang paling mendasar dan pokok. Dari blok silinder tersebut memiliki sejumlah silinder mesin yang masing-masing silinder terdapat satu unit piston. Blok silinder berfungsi untuk meningkatkan performa mobil. Semua itu membutuhkan perawatan blok silinder agar mesin tetap awet.

2.Silinder

Komponen mesin mobil lain yang tak kalah penting adalah silinder. Adapun yang menjadi fungsi silinder adalah untuk melakukan pemindahan dari energi panas dan diubah jadi energi mekanik bertenaga.

Jadi jika kamu mau memiliki mobil dengan mesin performa sangat optimal maka anda bisa memastikan antara silinder dan piston supaya tak ada situasi bocor di gas yang tengah terbakar.

Mengingat begitu pentingnya fungsi silinder sehingga anda harus tetap menjaga kondisi silinder dengan baik. Caranya dengan melakukan perawatan pada mobil secara intensif termasuk melakukan tune up mobil secara rutin.

Salah satunya perusahaan Dokter mobil.com menerima jasa tune up mobil yang memberikan jaminan pengecekan terhadap komponen silinder masih dalam kondisi bagus dan berfungsi baik atau tidaknya. Jika mengalami kerusakan pada bagian silinder maka bisa melakukan penggantian dengan yang baru.

3.Kepala silinder

Komponen pada bagian mesin mobil yang penting lain adalah kepala silinder yang menyatu dengan blok silinder melalui bautan. Kepala silinder mempunyai daya tahan yang sangat kuat dan keras yang berbahan dasar alumunium ditambah biji besi yang dituangkan.

4.Karter

Komponen mesin mobil berikut dinamakan karter yang berada di bagian bawah blok silinder. Adapun karter berfungsi sebagai wadah untuk menampung oli mesin. Bagian karter  yang utama terdiri dari bagian ventilasi yang mampu mengkaitkan dengan udara di luar. Fungsi lain karter berguna untuk meminimalkan terjadinya bocor pada bagian mesin mobil.

5.Piston atau torak

Memahami dan mengetahui bagian mesin mobil memang bagi orang awam amat rumit. Yang di dalamnya terdapat komponen-komponen mesin mobil yang dianggap sepele padahal penting. Seperti salah satunya adalah torak atau piston. Piston atau torak ini dibuat sedemikian rupa agar tahan terhadap tingkat tekanan sangat tinggi dan tahan terhadap suhu udara yang sangat panas. Piston terdiri dari batang dan kepala. Adapun kepala piston umumnya berbentuk cembung dan ada pula yang datar.

6.Batang piston

Setelah mengupas bentuk kepala pioston, berikutnya mempelajari batang piston. Batang piston memiliki fungsi sebagai penyambung poros engkol dan piston.

7.Poros engkol

Poros engkol mempunyai fungsi untuk mempertahankan gerakan komponen piston agar senantiasa baik dalam melakukan perubahan gerakan piston yang lurus jadi gerakan yang berputar lewat batang piston.

Komponen Tambahan Mesin Mobil

Adapun yang menjadi komponen tambahan pada mesin mobil, antara lain:

1.Sekring

Sekering memiliki fungsi untuk menghindarkan terjadinya peristiwa konsleting listrik yang bisa membahayakan mesin mobil. Pada saat terjadinya konsleting listrik pada mesin mobil maka dengan sendirinya sekering terputus otomatis. Hal ini nyaris sama seperti penggunaan sekring pada sepeda motor.

2.Kunci kontak

Komponen tambahan pada mesin mobil adalah kunci kontak yang memiliki fungsi sebagai pemutus dan penghubung antara aliran listrik ke dalam mobil.

3.Regulatore

Regulator yang berguna untuk melakukan pengubahan energi listrik AC di mobil jadi aliran listrik arus dc.

4.Amperemeter

Amperemeter yang berguna untuk melakukan pengontrolan terhadap arus listrik di dalam mobil.

5.Karburator

Karburator pada mobil sama seperti karburator pada mesin sepeda motor. Komponen ini memiliki fungsi pokok yakni bagian membuat bahan bakar mobil dicampurkan dan dapat berfungsi baik. Adapun bagian dari karburator terdiri-dari inhouse manfoll, tutup radiator, eks house, dan radiator.

6.Radiator

Radiator pada mesin kendaraan bermotor roda empat seperti mobil memiliki fungsi untuk menyimpan air radiator dan membuat dingin air tersebut. Radiator terdiri-dari beberapa komponen, antara lain :

-Radiator bagian bawah sebagai wadah menampung air yang sifatnya dingin

-Radiator bagian atas untuk wadah menyimpan air radiator yang sifatnya panas

7.Kipas

Kipas yang berguna membuat dingin pada bagian radiator dan pada mesin mobil pada di bagian luar.

8.Termostat dan Motor starter

9.Busi

Busi yang memiliki fungsi untuk memantikkan pengapian

10.Alternator dan Switch

Alternator dan switch temperatur yang fungsinya melakukan pengontrolan terhadap kondisi suhu ketika mesin mobil tengah berjalan

11.Pompa air

Pompa air yang bekerja untuk melakukan distribusi air dingin hingga mencapai radiator.

Demikianlah beberapa komponen utama dan pelengkap mesin mobil yang mempunyai bagian dan fungsi masing-masing yang dapat penulis utarakan secara singkat.

Jika mobil anda mengalami kendala seperti sering mogok akibat kerusakan pada bagian komponen mesin maka anda bisa menghubungi Dokter Mobil (doktermobil.com) yang menyediakan jasa tune up mobil dan bisa melakukan pengecekan, perbaikan dan penggantian terhadap apa yang rusak dari komponen mesin mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 45823

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu