New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic

Perbedaan Mobil Manual Dan Matic

Perbedaan mobil manual dan matic perlu diketahui oleh orang yang hendak membeli mobil baru. Sehingga ia bisa mengetahui jenis mobil terbaik dan sesuai kebutuhannya. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi canggih dalam bidang otomotif yang melahirkan produk mobil terbaru bernama mobil matic.

Secara sekilas ada sepeda motor matic dan mobil matic. Dari pengertian itu sangat jelas bahwa kedua kendaraan bermotor ini mempunyai kesamaan dari segi teknologi matic. Apa itu sistem matic? Sistem simple pada kendaraan bermotor yang hanya ada rem dan gas.

Pada hari ini kita akan membahas secara lengkap tentang perbedaan mobil manual dan matic untuk Anda ketahui. OUntuk itu sebaiknya Anda simak perbedaan mobil manual dan matic hingga selesai yah!

Tentang Perbedaan Mobil Manual Dan Matic

Perbedaan Mobil Manual Dan Matic

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang perbedaan mobil manual dan matic maka anda berada pada jalur yang tepat. Karena di halaman ini akan dijelaskan perbedaan mobil manual dan matic.

Banyak yang hanya sekilas mengetahui tentang perbedaan mobil manual dan matic ini. Hal itu jadi sebab mereka kurang memahami kendaraan yang mereka miliki dalam hal perawatan maupun pencagaan.

Mobil termasuk salah satu transportasi utama di setiap keluarga. Dengan banyaknya anggota keluarga dan banyaknya barang belanjaan dan barang bawaan membuat transportasi sepeda motor sudah tak memadai lagi. Di sinilah peran penting mobil untuk memenuhi kebutuhan membawa barang belanjaan dalam jumlah banyak.

Di samping itu alasan seseorang membutuhkan mobil  bisa dikarenakan untuk gaya, sarana transportasi ke tempat kerja, lebih nyaman digunakan saat bepergian jauh disebabkan bisa terhindar dari kepanasan dan kehujanan.

Namun jika dibandingkan sepeda motor, para pemilik mobil terbilang lebih sedikit. Mengingat harga mobil yang agak lebih mahal dibanding harga sepeda motor. Namun bagi anda yang sudah berkeluarga dan membutuhkan mobil sebagai sarana transportasi utama tentunya akan berpikir untuk membeli mobil.

Jika anda mau membeli mobil baru tentu uang yang dibutuhkan lebih besar. Tapi jika anda ingin membeli mobil dengan harga lebih murah maka anda bisa membeli mobil bekas yang dalam kondisi masih bagus.

Hal yang paling membingungkan bagi seseorang dalam membeli mobil adalah jenis mobil yang akan dibelinya. Mengingat saat ini seiring dengan majunya teknologi otomotif membuat terdapat dua jenis sistem mobil yakni sistem mobil manual dan mobil matic.

Sekarang ini bagi mereka yang ingin membeli atau mengendarai mobil maka  terdapat dua pilihan jenis mobil yakni mobil manual dan mobil matic. Dua pertimbangan jenis mobil inilah yang bisa menjadi pilihan. Anda bisa memilih membeli mobil manual. Atau anda bisa memilih membeli mobil matic. Dari dua pilihan jenis mobil manakah yang terbaik?

Untuk mengetahui jenis mobil terbaik bagi anda diantara mobil manual dan mobil matic maka anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan antara mobil manual dan mobil matic serta mengetahui perbedaan diantara keduanya. Untuk memulainya, marilah kita membahas dulu tentang mobil matic.

Mobil matic adalah mobil generasi terbaru yang sedang ‘naik daun’ dengan segala kelebihan yang ada. Beberapa orang merasa nyaman berkendara menggunakan mobil matic. Sehingga popularitasnya semakin naik pesat. Beberapa pabrikan mobil pun telah merilis mobil matic disamping mobil manual. Permintaan terhadap mobil matic pun lebih tinggi ketimbang permintaan terhadap mobil manual.

Permintaan yang sangat tinggi dari masyarakat terhadap mobil  matic membuat jenis mobil ini selalu dicari orang. Bagi mereka yang mempunyai segi anggaran keuangan yang terbatas maka mereka tetap bisa membeli mobil matic. Dengan cara memilih dan mencari  mobil matic bekas tapi dalam kondisi masih bagus dengan harga murah. Itu semuanya ada.

Baca Juga : Apa Penyebab Mobil Matic Nyentak? Cari Tahu Yuk

Kelebihan Mobil Matic

Perbedaan Mobil Manual Dan Matic

Mobil adalah sarana transportasi utama disamping sepeda motor di jaman yang canggih ini khususnya bagi mereka yang sduah berkeluarga dan memiliki keluarga besar. Ada banyak kelebihan sarana trasnportasi ini dibandingkan sepeda motor.

Pada saat-saat tertentu, seseorang lebih senang mengendarai mobil ketimbang sepeda motor. Misalkan pada saat hujan, orang lebih senang menggunakan mobil karena bisa terbebas dari kehujanan maupun kepanasan. Bagi mereka yang mempunyai keluarga besar atau anggota keluarga lebih banyak tentu memilih menggunakan mobil sebagai sarana transportasi utama.

Pendek kata, menggunakan sarana transportasi darat mobil lebih nyaman ketimbang menggunakan transportasi lain semisal sepeda motor. Tak aneh jika banyak orang yang mencari dan hendak membeli mobil terbaru pilihan mereka antara mobil sistem transmisi manual atau mobil sistem transmisi matic. Namun kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli mobil jenis automatic atau mobil matic.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil  matic alangkah bijaknya bagi anda untuk mengerti dulu perbedaan antara mobil matic dan mobil manual secara keseluruhan beserta mengerti akan kelebihan mobil matic dibandingkan mobil manual.

Perbedaan Mobil Manual Dan Matic

Berikut ini beberapa perbedaan mobil manual dan matic antara lain:

1.Dari segi pengoperasian

Yang sangat jelas dari perbedaan mobil manual dan matic dari segi operasional. Kalau mobil manual memiliki tiga komponen utama yakni gas, rem dan kopling. Adapun mobil matic mempunyai dua komponen utama yakni gas dan rem.

Sehingga cara pengoperasian mobil matic lebih praktis dan mudah ketimbang cara pengoperasian mobil manual. Hal ini sama halnya dengan pengoperasian antara sepeda motor gigi manual dan sepeda motor matic.

2.Harga

Yang membedakan berikut dari perbedaan mobil manual dan matic tampak juga dari segi harganya. Mobil matic mempunyai harga yang lebih tinggi ketimbang harga mobil manual. Sehingga untuk mengatasinya banyak orang memilih untuk membeli mobil matic bekas yang masih bagus.

3.Biaya pemeliharaan

Perbedaan mobil manual dan matic berikutnya mobil matic membutuhkan biaya pemeliharaan yang lebih besar ketimbang biaya pemeliharaan mobil manual. Semua itu dikarenakan harga suku cadang dan komponen mesin mobil matic lebih mahal ketimbang harga komponen mesin mobil manual.

4.Konsumsi BBM

Yang selanjutnya perbedaan mobil manual dan matic dikenal mempunyai daya tingkat keborosan lebih tinggi dalam konsumsi bahan bakarnya ketimbang mobil manual.

5.Segi kenyamanan

Salah satu aspek yang sangat diperhatikan oleh pengendara mobil adalah aspek kenyamanan. Aspek kenyamanan ini sifatnya subyektif karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda. Namun berdasarkan penelitian dari hasil wawancara dengan para pengguna mobil, mereka lebih nyaman saat mengendarai mobil matic ketimbang mobil manual.

Alasannya mobil matic ketika dijalankan di atas jalan raya tak memerlukan tenaga daya yang tinggi. Sehingga lebih menenangkan dan membuat nyaman serta tak mengalami kecapekan.

Dengan semua kelebihan mobil matic itu tak jarang banyak orang lebih menyukai menggunakan mobil matic dengan segala kenyamanan yang ada. Namun dibalik itu terdapat segi kekurangan mobil matic terutama dari segi pemeliharaan yang mahal.

Dokter Mobil (doktermobil.com) adalah bengkel mobil terpercaya yang sudah mempunyai 17 cabang di Indonesia yang melayani berbagai kebutuhan mobil anda termasuk jasa perawatan mobil matic secara baik dengan biaya yang sangat terjangkau. Untuk keterangan lebih lanjut bisa berkunjung ke situs resminya di doktermobil.com.

Namun dari semua itu, perbedaan yang paling nyata antara mobil matic dengan mobil manual dilihat dari cara operasionalnya. Mobil matic hanya mempunyai dua buah fitur yakni gas dan rem. Sama seperti pada sepeda motor matic yang hanya menggunakan rem dan gas tanpa perlunya oper gigi. Sedangkan pada mobil manual terdapat beberapa fitur pedal yakni gas, rem dan kopling.

Dari penjelasan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa mobil matic sangat mudah dalam segi operasionalnya. Mobil matic sangat praktis dan sangat cocok bagi mereka yang sedang berlatih stir mobil. Itulah yang menjadi perbedaan mobil manual dan matic.

Demikianlah pembahasan kita tentang perbedaan mobil manual dan matic, semoga dari pembahasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang berguna.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 58669

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu