New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!

Potensi bahaya belajar mengemudi otodidak perlu diketahui bagi mereka yang mau mencoba belajar stir mobil tanpa seorang guru. Karena risikonya sangat tinggi seperti terjadinya kecelakaan. Keterampilan mengemudikan mobil menjadi sebuah keterampilan yang banyak dipelajari orang. Dengan mempunyai keterampilan mengemudikan mobil maka ia akan mandiri mengemudikan mobil tanpa harus menggunakan jasa sopir orang lain. Selain itu, memiliki keterampilan stir mobil akan memudahkan seseorang mendapatkan pekerjaan sebagai sopir.

Seiring dengan tuntutan  emansipasi wanita  dan perkembangan jaman, saat ini pekerjaan sebagai seorang sopir bukan hanya didominasi oleh kaum laki-laki. Sekarang sudah mulai banyak kalangan wanita yang berprofesi sebagai sopir. Hal itu menjadikan profesi sopir bisa dilakukan oleh semua orang tanpa memandang gender.

Dengan seorang pengangguran mempunyai keterampilan mengemudikan mobil maka ia lebih berpeluang besar untuk mendapatkan pekerjaan sebagai sopir. Sedangkan bagi seseorang yang sudah memiliki mobil pribadi maka ia dituntut untuk bisa menguasai keterampilan mengemudikan mobil untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Dalam kesempatan kali ini Dokter mobil akan membahas tentang Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak yang harus Anda hindari dan jauhi.

2 Cara Menguasai Keterampil Belajar

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak

Untuk menguasai keterampilan belajar mengemudikan mobil ada dua cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1.Mengikuti kursus stir mobil

Di berbagai daerah pastinya sangat mudah ditemui tempat kursus stir mobil. Biaya kursus stir mobil bervariasi. Namun tarif kursus stir mobil sekitar satu jutaan rupiah. Dengan belajar mengemudikan mobil melalui lembaga kursus maka anda akan diarahkan cara stir mobil dari awal sampai bisa mengemudikan mobil dengan lancar.

2.Belajar mengemudikan mobil secara otodidak

Ada lagi orang yang tak mempunyai biaya untuk membayar biaya kursus mengemudikan mobil sehingga ia memilih untuk belajar mengemudikan mobil secara otodidak. Bagi mereka yang memilih cara ini harus hati-hati. Sebab ada potensi bahaya belajar mengemudi otodidak.

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak

Belajar mengemudikan mobil secara otodidak berarti seseorang belajar sendiri mengemudikan mobil tanpa kehadiran guru langsung yang ahli dan profesional disisinya. Biasanya yang menjadi panduannya adalah video tutorial mengemudikan mobil atau teman dan sahabat. Belajar mengemudikan mobil secara otodidak itu hal yang bisa dilakukan. Namun latihan stir mobil oleh sendiri itu membutuhkan persiapan yang sangat matang terlebih dahulu.

Di tengah prasarana jalan yang sudah semakin luas dan dibeton atau diaspal akan membuat kegiatan belajar mengemudikan mobil menjadi sangat nyaman dan makin mudah. Ditambah lagi dengan hadirnya berbagai fitur di dalam mobil yang memudahkan dalam pengontrolan mobil. Atas hal itu, mulai banyak orang mulai tertarik untuk belajar mengemudikan mobil secara otodidak baik dari kalangan pria maupun wanita.

Namun perlu disadari belajar mengemudi mobil secara otodidak mempunyai risiko bahaya yang lebih besar. Kita lihat saja mengemudikan mobil menggunakan jasa seorang guru saja bisa saja terjadi kecelakaan. Apalagi ia belajar mengemudikan mobil sendirian. Oleh sebab itu, bagi mereka yang memilih belajar mengemudikan mobil secara otodidak mesti menjalaninya dengan sangat hati-hati ekstra tinggi.

Ada banyak alasan seseorang memilih untuk belajar stir mobil secara otodidak. Alasan yang paling sering diungkapkan adalah biaya yang lebih murah ketimbang mengikuti kursus stir mobil yang biayanya cukup mahal bagi mereka. Modal yang diperlukan mereka adalah biaya bahan bakar.

Kalau ditanya lebih baik mana belajar mengemudikan mobil apakah secara otodidak atau belajar mengemudi melalui lembaga kursus? Menurut penilaian penulis yang paling baik dalam belajar mengemudikan mobil menggunakan bantuan atau melalui kursus stir mobil. Karena ini akan lebih memberikan keamanan, kenyamanan dan kecepatan dalam menguasai keterampilan mengemudi mobil secara baik dan benar.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengemudi Mobil Manual? Ini 5 Tipsnya

Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapaPotensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak, antara lain:

1.Bisa merusak mobil

Salah satu Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak adalah resiko terjadinya mobil pribadi mengalami kerusakan ringan sampai kerusakan berat. Yang namanya baru belajar apalagi secara otodidak maka risiko kecelakaan sangat tinggi. Misalkan mobil menabrak kendaraan lain, pagar rumah, rumah, menyerempet pembatas trotoar, menabrak gerobak di pinggir jalan dll.

Yang semua itu akan menimbulkan baret dan goresan pada mobil hingga mobil jadi penyok atau rusak parah. Itulah bahaya bagi mereka yang belajar mengemudi mobil otodidak. Tingkat resiko kecelakaan sangat tinggi dan bisa membuat trauma orang tersebut karena potensi bahayanya sangat besar. Untuk kecelakaan yang berat maka mobil harus diperbaiki.

Dokter Mobil (doktermobil.com) adalah bengkel mobil yang melayani perbaikan mobil dari semua kerusakan yang terpercaya dan handal.

2.Menabrak orang

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak yang paling mengerikan adalah risiko menabrak orang hingga meninggal dunia. Kalau resiko menabrak barang mungkin mobil pribadi anda yang rusak atau membayar uang ganti atas kerusakan yang anda lakukan.

Tapi menabrak orang di jalan hingga meninggal dunia merupakan masalah hukum dan biaya kerugian sangat besar bahkan  tak bisa diukur dengan uang. Kalau keluarga korban menuntut ganti rugi maka puluhan juta rupiah harus dibayar atau kalau tidak maka ia dapat dimasukkan ke dalam bui atas tindakan kelalaian mengemudikan mobil.

4.Kebiasaan salah mengemudi

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak maka ada banyak hal pekerjaan rumah yang perlu ia ketahui.  Mereka yang belajar mengemudi otodidak akan tidak mengerti bagaimana cara menempatkan posisi duduk yang aman dan bagaimana kebiasaan mengemudi yang baik. Mereka hanya fokus pada aspek bisa mengemudikan mobil dengan aman dan lancar dan mengabaikan kenyamanan dan sikap mengemudi yang baik.

5.Kurang menguasai keterampilan mengemudikan mobil dengan baik

Seringkali mereka yang belajar stir mobil secara otodidak menjadi kurang mahir dalam mengemudikan mobil dan mudah menyerah dalam beberapa waktu. Ketika mobil yang ia kendarai menabrak sesuatu maka ia trauma dan berhenti untuk mengemudikan mobil. Pada awal-awal belajar mengemudikan mobil otodidak maka resiko kecelakaan besar kemungkinan terjadi.

Karena sedang latihan untuk melancarkan keterampilan mengemudikan mobil. Kalau anda kursus mengemudi ke lembaga kursus maka anda akan diberikan teknik agar tidak trauma dan terus latihan sampai mahir mengemudikan mobil.

6.Guru tak profesional dan tak kompeten

Kalau anda belajar mengemudikan mobil di tempat kursus mengemudi mobil maka anda akan mendapatkan bimbingan dari guru yang pengalaman dan profesional. Anda akan dibimbing cara mengemudi mobil secara baik dan benar serta sikap dan kebiasaan yang harus dijaga dalam mengemudikan mobil.

Setelah  itu akan dijelaskan aneka fitur yang terdapat dalam mobil dan fungsinya. Sedangkan jika anda belajar mengemudi otodidak maka Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak akan lebih memungkinkan. Bisa saja mendapatkan pengetahuan yang salah dalam mengemudikan mobil. Dan itu resikonya sangat berbahaya.

Sebaiknya jika anda belajar mengemudi otodidak berarti anda belajar stir mobil pada teman, tetangga atau kerabat yang sangat mungkin ia tak kompeten.

Guru yang tak kompeten maka ia akan kurang pengalaman sehingga tidak tahu bagaimana menjelaskan kepada anda secara mudah dan kesulitan dalam membuat anda bisa stir mobil dalam waktu singkat.

7.Tak mempunyai pengetahuan yang luas

Yang terakhir dari Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak maka sangat mungkin anda tidak bisa memiliki keterampilan mengemudi secara baik. Jika dilepaskan maka anda akan beresiko menghadapi beberapa kecelakaan.

Disamping itu bahaya  belajar mengemudi otodidak adalah anda akan memiliki pengetahuan yang kurang terhadap dunia mobil dan dasar stir mobil yang baik.

Mengingat dalam belajar mengemudikan mobil tidak cukup hanya bermodalkan keterampilan mengemudi tapi juga mesti memiliki wawasan luas tentang seputar mobil. Contoh teknik yang baik dalam mengemudikan mobil.

Tampak jelas bahaya belajar stir mobil otodidak yang bisa membuat seseorang benar-benar kurang mahir mengemudikan mobil. Sehingga pada saat dilepas rentan terjadi kecelakaan seperti menabrak mobil atau trotoar.

Jika anda ingin belajar stir mobil secara mandiri atau tanpa lewat kursus bimbel mengemudi maka anda harus pikirkan lagi potensi bahaya belajar mengemudi otodidak.

Itulah penjelasan tentang Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak yang harus Anda ketahui sebelum belajar mengemudi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu