New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
rpm naik turun saat ac hidup

Rpm Naik Turun saat AC Hidup? Berikut Penyebab dan Solusinya

rpm naik turun saat ac hidup
Set of car speedometers for racing design

Rpm Naik Turun saat AC Hidup? Berikut Penyebab dan Solusinya – Ada banyak hal penyebab rpm naik turun saat ac hidup, mulai dari kerusakan pada idle speed control-nya hingga sistem idle engine-nya. Tetapi sebelum itu, Anda harus tahu saat AC mobil menyala maka putaran kompresor AC yang berputar bersama mesin adalah beban mesin. Itulah mengapa ketika mesin mobil tidak dilengkapi dengan sistem idle up, maka akan cenderung membuat rpm-nya jadi turun bahkan bisa menyebabkan mesin mati ketika AC menyala. Namun pada pembahasan kali ini, kita tidak akan membahas mengenai cara memasang idle up pada mobil, melainkan hal-hal yang menyebabkan rpm naik turun ketika AC dalam keadaan menyala, apa saja?

Penyebab Rpm Naik Turun saat AC Hidup

  1. Terjadi kerusakan di bagian Idle Speed Control

Idle Speed Control (ISC) merupakan komponen pada sistem injeksi yang berperan penting dalam pengaturan rpm mesin ketika idle atau stasioner agar tetap stabil. Dalam keadaan normal, ISC akan mengatur rpm mobil berada di kisaran nilai 750 – 800 rpm.Tetapi, jika beban kerja mesin berubah-ubah, ISC akan mensetting idle rpm hingga 1000 rpm.

Namun hal berbeda akan terjadi, ketika ISC mengalami masalah, mulai dari mesin mengalami brebet waktu idle hingga rpm naik turun saat ac hidup ataupun menyala. Bagaimana korelasi antara keduanya? Sederhana, ketika terjadi kerusakan pada ISC, maka rpm akan mengalami gangguan. Karena ISC yang berperan dalam menaikkan rpm agar mesinnya tidak mati saat kompresor AC dinyalakan. Disinilah letak korelasi antara mesin ISC bermasalah dengan rpm yang naik turun. Tidak usah khawatir, karena masalah tersebut masih bisa diselesaikan, yaitu dengan cara membersihkan komponen ISC karena biasanya ada jarumnya yang kotor dan harus segera dibersihkan.

  1. Katup gasnya banyak kotoran

Hal lainnya yang menjadi penyebab rpm naik turun saat AC hidup adalah terdapat banyak kotoran di bagian katup gasnya. Kita semua tahu kalau katup gas berfungsi dalam pengaturan debut udara yang keluar masuk ke ruang bakar. Ketika idle, katup gas akan terbuka sangat sedikit, itulah mengapa udara akan masuk melalui saluran idle.

Padahal masih ada udara lainnya yang juga masuk melalui katup gas dan jika tersumbat kotoran. Maka itulah yang akan menjadi penyebab rpm naik turun saat ac hidup. Kotoran yang muncul di bagian katup gas disebabkan oleh adanya pengaruh dari saringan udara yang sangat kotor dan jarang bahkan tidak pernah diganti. Untuk itulah, ketika membersihkan filter udara, cukup menggunakan hembusan angin sementara agar katup gas tidak mengalami penyumbatan.

  1. Bagian Intake manifold mengalami kebocoran

Untuk mobil yang menggunakan sistem injeksi, jumlah udara yang ada di bagian ruang bakar akan dihitung menggunakan air flow meter. Sensor air flow meter biasanya terletak setelah filter udara dan sebelum katup gas. Biasanya data dari sensor akan digunakan oleh ECU untuk mengetahui secara detail volume bensin yang harus dibersihkan agar injektor bekerja di level ideal. Ketika bagian intakenya mengalami kebocoran, terkhusus untuk bagian yang letaknya setelah sensor air flow, maka ceritanya akan sangat berbeda. Jika masalah tersebut terjadi, maka Anda hanya perlu mengganti bagian yang retak dan memastikan tidak ada sambungan lainnya yang bermasalah.

  1. Sirkulasi di bagian freon tidak berjalan lancar

Ketika sirkulasi freon mengalami penyumbatan atau tidak lancar. Maka akan menambah beban kerja mesin  sehingga saat AC dinyalakan dan Akibatnya rpm mesin akan jadi tidak stabil. Biasanya bagian tersebut ada dua yaitu kondensor AC yang mampet dan bagian kompresor AC yang harus diganti. Itulah mengapa Anda memerlukan tindakan lebih lanjut ketika AC manifold pressure sudah tidak stabil. Dan dengan itu Anda harus memutuskan agar sirkulasi AC berjalan lancar.

  1. Sistem idle up engine bermasalah

ISC sudah diatur langsung oleh ECU, dan pastikan dari ECU adalah kompressor  dan sensor tekanan yang bisa dari freon AC. Untuk mencegah hal-hal rpm naik turun saat ac hidup itu yaitu melakukan scanning untuk bagian sistem yang dinyalakan lagi. Selain itu, cek juga di bagian sistem kelistrikannya dengan menggunakan scanning komputer.

Baca Juga : Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan

Itu tadi penjelasan singkat soal rpm mobil karburator tidak stabil, dari kelima penyebab tersebut sangat mudah bagi Anda tidak menyerah. Ingat, semua hal tersebut bisa diselesaikan dengan mudah dan tidak perlu marah – marah. Caranya yaitu dengan melakukan perawatan dan pengecekan yang rutin agar Anda bisa segera tahu masalah dan menyelesaikannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1760

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

6 Responses

  1. Saya mempunyai mobil Karimun Estilo tahun2012.rpm naik turun saat tdk jalan dan kalau d hidupkan AC nya rpm dan gas nya naik turun juga,bahkan bisa mati sendiri mobilnya.
    Dan Bila dipakai jalan masih juga gas dan rpm nya naik turun

    1. hallo kak perihal berikut kemungkinan ada beberapa faktor ya kak . alangkah baiknya kk bisa langsung ke doktermobil ya kak untuk generalchekup

  2. Saya punya masalah seperti ini, mobil saya xenia 2014…sudah ganti isc dan bersihkan throttle body, sudah ganti kompressor, kondensor, pulley magnet, tetapi masalah vak terselesaikan, rpm naik turun saat ac nyala. Dan pada saat mesin baru normalrpm tinggi diangka 1500rpm, harus menunggu lama agar rpm normal. Saya sudah lelah bolak balik bengkel dan banyak keluar biaya. Mohon pencerahannya

    1. hallo kak untuk perihal berikut kemungkinan ada beberapa faktor ya kka, alangkah baiknya kk bisa langsung ke doktermobil kak untuk generalchekup dan agar bisa mengetahui kendala yang di alami oleh mobil kesayangan kk

  3. Pagi admin
    Sya punya kendala di mobil Ford telstar tahun 98 injeksi

    Bila AC dalam keadaan hidup awalnya normal namun setalah agak lama yg harusnya ketika otomatis kompressor AC mati seharusnya RPM turun dari 100p rpm ke 750 rpm
    Tpi dlm hal ini malah rpm naik hingga bisa ke 1200-1500 rpm

    Mohon penjelasannya
    Terimakasih

    1. hallo kak untuk perihal berikut kemungkinan ada beberapa faktor atau kendala ya kak yang terdapat di mobil kesayangan kk, alangkah baiknya untuk bisa generalchekup di doktermobil nih kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Dokter Mobil Cikarang-error
Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya