📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Arti Lampu Indikator Mobil, yang Wajib Anda Ketahui Supaya Semakin Aman Saat Berkendara

Lampu Indikator Mobil

Apa Yang Dimaksud Dengan Lampu Indikator Mobil? Secara sederhana, arti lampu indikator mobil adalah simbol-simbol yang berada di panel instrumen atau dasbor.. Setiap pabrikan mungkin saja mengadopsi pakem yang berbeda-beda. Namun secara umum lampu indikator ini biasanya menggunakan lima jenis warna sesuai dengan kode masing-masing, yakni merah, hijau, kuning, biru, dan putih.. Masing-masing warna juga memiliki artinya masing-masing, seperti halnya dengan apa yang kami jelaskan berikut ini

Indikator Merah adalah Peringatan apapun terhadap gangguan konslet yang mempunyai potensi yang dapat menimbulkan bahaya. Warna Indikator Kuning juga Kerap digunakan untuk menunjukkan nilai ataupun batas tertentu sebuah peringatan. Jika indikator lampu berwarna Hijau maka itu dapat Menggambarkan pengoperasian yang berjalan dengan baik dan normal. Biru adalah kode warna dengan Instruksi khusus. Warna Putih mempunyai Fungsi lain di luar warna-warna sebelumnya

Jenis-jenis Lampu Indikator Mobil

Lampu Indikator Mobil

Berikut ini adalah beberapa jenis lampu indikator mobil yang cukup banyak ditemui pada mobil keluaran terbaru. Arti lampu indikator mobil, indikator sendiri mempunyai arti sebagai tanda yang ada pada sistem kelistrikan mobil yang tertanam dasbor mobil dan menjadi penanda sebuah permasalahan pada kendaraan. Adanya fitur ini sendiri cukup penting, sebab pengemudi bisa mengetahui informasi dari kendaraannya dengan mudah dan cepat, seperti saat ada kerusakan yang terjadi pada salah satu sistem kelistrikan mobil yang bisa juga menimbulkan terjadinya konslet karena terlalu dibiarkan saat lampu indikator mobil  terus menyela.

Fungsi Indikator Pada Mobil

Selain untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan pada kendaraan, indikator sendiri juga bisa berfungsi sebagai pengingat. Semisal Anda lupa saat tidak memakai sabuk pengaman saat berkendara, maka lampu indikator mobil akan berkedip dan akan mengeluarkan bunyi.

Terkait indikator, semakin banyak tanda yang ada pada dasbor mobil maka mobil yang Anda kendarai merupakan kendaraan yang canggih. Selain itu, juga bagian ini yang berfungsi sebagai penanda kualitas mobil yang Anda sedang kendarai.

Jenis dan Arti Lampu Indikator Pada Mobil

Saking vitalnya peranan dari indikator mobil ini, oleh sebab itu Anda wajib untuk mengetahui apa saja jenis sistem kelistrikan mobil dan arti lampu indikator pada mobil. Hal ini harus dilakukan agar perjalanan yang lakukan berjalan dengan aman dan nyaman. Nah, berikut ini adalah jenis lampu indikator lengkap dengan artinya.

Macam-macam Indikator dan Cara Kerjanya

  • Indikator Temperatur

Jika indikator temperatur pada mobil Anda menyala, bahwa itu yang mengindikasikan bahwa suhu pada mesin sudah terlalu panas. Biasanya hal ini terjadi karena ada hubungannya dengan sistem pendingin pada mobil yang menyebabkan kendaraan yang sedang dikendarai bisa mogok karena overheat atau terlalu panas. Namun bisa juga terjadi karena faktor-faktor lain.

Penting bagi Anda untuk mengambil tindakan sesegera mungkin jika lampu indikator mobil ini menyala. Solusinya adalah segaralah untuk menepi dan menghubungi Bengkel Dokter Mobil terdekat untuk bisa segera memperbaikinya. Sebelum itu, usahakan terlebih dahulu untuk mematikan AC, radio, serta sistem lainnya agar suhu sedikit lebih menurun karena beban mobil yang berkurang.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Indikator Tekanan Oli

Lampu indikator mobil dengan gambar kaleng oli tersebut menandakan bila ada yang tidak beres pada sistem pelumasan yang terjadi di mesin. Indikator adalah salah satu fitur penting yang ada di setiap mobil. Salah satu indikator yang cukup membantu adalah indikator pada tekanan oli. Jika bagian ini menyala, maka mesin kendaraan Anda sedang dalam kekurangan oli.

Oleh sebab itu, jika lampu indikator mobil ini menyala sebaiknya jangan menunda waktu untuk mengeceknya karena akibatnya bisa fatal. segaralah untuk melakukan tambah oli mesin agar mobil tidak cepat rusak dan kinerja akan tetap baik dan optimal.

  • Indikator Check Engine

Indikator check engine yang menyala tersebut menandakan ada kendala di bagian dapur pacu. Bisa disebabkan dari beberapa masalah, seperti gangguan pada salah satu sensor kendaraan maupun penutup bensin kurang rapat sehingga menyebabkan evaporasi atau bisa juga karena salah satu komponen mesin yang rusak atau konslet.

Untuk itu, langkah yang paling baik dan tepat untuk diambil adalah segeralah untuk mengunjungi bengkel terdekat agar permasalahan tersebut cepat teratasi.

  • Indikator Tekanan Ban

Memang indikator adalah bagian yang penting pada mobil. Karena itu jika indikator tekanan ban sudah menyala jangan sampai tak menghiraukan. Sebab hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa salah satu atau beberapa roda sudah mulai kekurangan tekanan. Jika dibiarkan, maka akibatnya bisa fatal, seperti ban bisa meledak atau bahkan lebih parahnya mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

  • Indikator Bahan Bakar

Salah satu indikator yang cukup penting pada setiap mobil tentu saja adalah bahan bakar. Sebab menjadi penanda jika habis atau tidaknya bahan bakar di kendaraan. Biasanya indikator ini akan menyala jika tangki tersisa seperdelapan.

Oleh sebab itu, solusi yang sangat tepat adalah segera untuk mengunjungi SPBU terdekat dan isi bahan bakar. Jangan sampai ditunda, jika sampai kehabisan di jalan tentu Anda sendiri kan yang repot hehe.

  • Indikator Baterai/Aki Mobil

Apalagi di mobil Anda yang indikator baterai atau aki menyala, aki adalah penyuplai arus listrik utama ada mobil jika konslet lampu indikator menyala sebab lampu indikator mobil tersebut mengindikasikan bahwa ada permasalahan pada bagian baterai atau aki tersebut. Bisa karena aki yang sudah rusak maupun karena pemasangan kabel yang buruk. Jika memang demikian, tentu saja Anda harus segera memperbaiki atau mengganti komponen arus listrik yang sudah rusak karena itu termasuk sistem kelistrikan mobil yang sewaktu waktu jika ada hubungan pendek arus listrik maka kemungkinan yang terjadi bisa mengakibatkan konslet.

  • Indikator Sabuk Pengaman

Indikator sabuk pengaman juga akan menyala jika pengemudi kendaraan mobil atau penumpang tidak memakai sabuk pengaman atau pemakaian sabuk pengaman yang kurang tepat. Biasanya lampu indikator mobil ini akan berkedip dan akan mengeluarkan bunyi. Jika mendapati hal tersebut, segera mungkin gunakan sabuk pengaman dengan benar dan tepat.

  • Indikator Rem

Arti lampu indikator mobil pada bagian indikator rem yang menyala dapat menandakan bahwa rem tangan masih aktif. Namun, apabila rem tangan sudah dilepas akan tetapi lampu indikator masih juga menyala, hal itu menandakan bahwa minyak rem sudah habis.

Oleh sebab itu, Anda harus segera mengisi ulang minyak rem mobil kembali. Pilihlah cairan yang memiliki kualitas paling bagus dan terbaik. Karena bagian di roda itu mempunyai peranan sangat penting.

  • Indikator Pintu

Kemudian ada juga indikator pintu. Arti lampu indikator mobil bagian ini akan menyala jika pengemudi atau penumpang mobil ada yang kurang sempurna saat menutup pintu mobil. Agar lampu indikator ini tidak menyala lagi, Anda harus membuka pintu mobil dan menutupnya kembali dengan sempurna.

  • Indikator Airbag

Terkait dengan indikator airbag, tentu hanya tersedia di mobil-mobil yang telah mendukung dengan adanya sistem keselamatan airbag tersebut. Jika lampu pada indikator menyala, itu menandakan bahwa ada permasalahan pada airbag. Sehingga Anda harus segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya ke bengkel terdekat.

  • Indikator ABS

Indikator sistem pengereman canggih ABS ini juga sudah umum dijumpai pada mobil-mobil terbaru. Jika indikator ABS ini menyala, itu menandakan bahwa ada masalah pada teknologi tersebut.

  • Traction Control

Ketika lampu indikator ini menyala artinya traction control sedang dalam posisi aktif. Fitur traction control berfungsi untuk menjaga agar ban atau roda selalu mendapatkan cengkeraman pada permukaan aspal.

Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan sistem pengereman ABS yang terdapat pada kendaraan untuk menghentikan putaran ban atau roda seandainya terdeteksi mengalami selip.

  • Traction Control Malfunction

Lampu indikator ini menandakan apabila adanya permasalahan yang ada pada sistem traction control tersebut. Hal tersebut dapat disebabkan karena kerusakan pada sensor tersebut ataupun karena faktor lain.

Pada mobil-mobil tertentu, traction control menggunakan modul yang sama hampir sama dengan ABS. Jika kasusnya demikian maka dapat dipastikan ada kemungkinan juga karena ada masalah pada sistem ABS.

  • Automatic Shift Lock

Jika melihat lampu indikator yang satu ini menyala maka kemungkinan besar adalah pengemudi yang berusaha memindahkan gigi atau juga menyalakan mesin tanpa menginjak pedal rem. Lampu indikator ini biasa ditemui pada mobil dengan transmisi otomatis atau matic.

  • Security Light

Pada mobil-mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem anti-theft maka indikator ini juga akan menyala seandainya ada masalah pada sistemnya.

Indikator security light juga akan menyala ketika pengemudi berusaha menghidupkan mesin, namun kemudian mati kembali dengan sendirinya. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang sangat perlu untuk dikhawatirkan.

  • Indikator Fog Lamp

Sebuah sistem penerangan kendaraan memiliki sejumlah indikator di panel instrumen atau dasbor. Bukan hanya lampu jauh atau sein, tapi juga termasuk fog lamp atau juga lampu kabut. Keberadaan indikator lampu satu ini kerap belum banyak diketahui orang.

  • Indikator Carian Wiper

Cairan wiper atau yang kerap disebut washer fluid juga memiliki lampu indikator mobil ada bagian panel instrumen atau dasbor. Bentuknya kurang lebih hampir menyerupai gerakan wiper itu sendiri.

Jika melihat lampu indikator mobil yang satu ini menyala terus tandanya cairan wiper sudah hampir habis. Walaupun terkesan sedikit sepele, namun sebaiknya segera untuk lakukan pengisian ulang.

Dibaca Juga: Lampu indikator mobil menyala semua? Jangan Panik Ini Solusinya

Masalah Pada Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Seiring perkembangan zaman, berbagai mobil hadir dengan teknologi yang semakin canggih. Keberadaan lampu indikator yang terdapat pada panel instrumen atau dasbor mencerminkan hal tersebut. Kemunculannya memang bukan termasuk lagi barang baru. Namun, satu hal yang pasti adalah jumlahnya yang akan terus bertambah. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya pula fitur keunggulan atau kelengkapan berkendara yang menempel pada produk mobil baru.

Misalnya saja traction control seperti yang dijelaskan di atas, tire pressure atau tekanan angin pada ban atau roda kendaraan, monitor sistem, dan sebagainya pada. Hampir setiap fitur semacam itu pasti memiliki lampu indikator yang dihidupkan atau disuplai dengan arus listrik yang berasal dari baterai atau aki masing-masing.

Sampai titik ini sudah jelas bahwa lampu indikator berhubungan langsung dengan kinerja fitur atau komponen kendaraan. Maka dari itu sudah semestinya seorang pemilik mobil memahami arti setiap lampu indikator. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️