📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Berbagai Penyebab Indikator Lampu ABS Menyala Terus dan Cara Mengatasinya

Berbagai Penyebab Indikator Lampu ABS Menyala Terus dan Cara Mengatasinya

Lampu ABS menyala terus bisa jadi menandakan adanya masalah pada sistem pengereman mobil Anda. Jangan diabaikan, karena masalah ini bisa sangat berbahaya bagi keselamatan Anda saat berkendara. Ada beberapa penyebab lampu ABS menyala terus dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasinya.

Penyebab Indikator Lampu ABS Menyala Terus

Lampu ABS yang menyala secara terus menerus bisa menjadi pertanda ada kerusakan di beberapa komponen mobil. Adapun jika hal ini terjadi pada mobil kesayangan Anda, inilah komponen-komponen yang dapat menyebabkan lampu ABS menyala terus menerus.

  1. Sensor ABS Rusak

Sensor ABS bertanggung jawab untuk mengukur kecepatan roda dan memberitahu sistem ABS untuk mengontrol tekanan rem. Jika sensor ABS rusak, maka lampu ABS akan menyala terus. Sensor ABS dapat rusak karena beberapa faktor, seperti kerusakan kabel atau sensor yang tidak terhubung dengan baik ke sistem ABS.

Kondisi jalan yang buruk atau adanya kerak pada sensor juga dapat membuat sensor ABS tidak berfungsi dengan baik. Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan sensor ABS secara berkala agar dapat mengatasi masalah sebelum semakin parah. Sensor ABS yang rusak perlu diganti agar sistem ABS dapat berfungsi dengan baik.

  1. Masalah Kelistrikan

Kelistrikan kendaraan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan lampu ABS menyala terus. Hal ini bisa terjadi ketika ada kabel ABS yang terputus, kabel atau konektor yang longgar atau putus, atau masalah pada saklar rem tangan. Kondisi ini dapat membuat sistem ABS mengalami gangguan, sehingga lampu ABS menyala terus.

Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan secara berkala pada seluruh kelistrikan kendaraan agar dapat mengidentifikasi masalah ini sejak dini. Periksa juga sistem saklar rem tangan, pastikan kabel ABS terhubung dengan baik ke sistem ABS, dan pastikan tidak ada kabel atau konektor yang longgar atau rusak. Jika memang ada masalah, pastikan untuk memperbaikinya secepat mungkin agar sistem ABS dapat berfungsi dengan baik.

  1. Sistem Rem Bermasalah

Kerusakan pada sistem rem juga dapat menyebabkan lampu ABS menyala terus. Hal ini bisa terjadi karena sistem rem yang sudah tua dan aus, kebocoran pada sistem rem, atau kampas rem yang habis. Jika sistem rem kendaraan mengalami masalah, maka sistem ABS tidak akan berfungsi dengan baik dan lampu ABS akan menyala terus.

Sebaiknya, lakukan pemeriksaan secara berkala pada sistem rem, termasuk kampas dan piringan rem. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem dan periksa tekanan rem dengan menggunakan alat ukur tekanan. Jika memang terdapat masalah, segera perbaiki sistem rem kendaraan agar tidak berdampak pada sistem ABS.

  1. ECU ABS Bermasalah

ECU ABS adalah bagian penting dari sistem ABS yang mengontrol berbagai aspek pada sistem ABS. Jika ada kerusakan pada ECU ABS, misalnya karena konsleting atau kerusakan lainnya, maka lampu ABS akan menyala terus. Kerusakan pada ECU ABS bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kerusakan pada kabel atau konektor yang terhubung dengan ECU ABS, kerusakan pada saklar rem tangan, atau kerusakan pada komponen internal ECU ABS. Jika lampu ABS menyala terus dan penyebabnya adalah ECU ABS yang rusak, maka perlu dilakukan penggantian ECU ABS agar sistem ABS dapat berfungsi dengan baik. Pastikan untuk menggunakan ECU ABS yang sesuai dengan kendaraan Anda untuk mendapatkan performa terbaik dari sistem ABS.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Baca Juga: Mengenal Fungsi Engine Control Unit dan Cara Mendeteksi Kerusakan ECU Mobil

  1. Masalah pada ABS Hidrolik

Sistem hidrolik ABS bertanggung jawab untuk mengontrol tekanan rem pada setiap roda kendaraan. Jika terdapat masalah pada sistem hidrolik seperti pompa ABS yang rusak atau sistem hidrolik yang bocor, maka lampu ABS akan menyala terus. Masalah pada sistem hidrolik bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia kendaraan yang sudah tua, kondisi jalan yang buruk, atau beban yang terlalu berat pada kendaraan.

Penting untuk melakukan pemeriksaan secara berkala pada sistem hidrolik ABS untuk memastikan sistem ABS dapat berfungsi dengan baik. Periksa kondisi selang hidrolik, pastikan tidak ada kebocoran pada sistem hidrolik, dan pastikan pompa ABS berfungsi dengan baik. Jika memang terdapat masalah pada sistem hidrolik, segera perbaiki agar tidak berdampak pada sistem ABS.

Cara Mengatasi Lampu ABS Menyala Terus Menerus

Setelah memahami komponen apa saja yang dapat menyebab lampu ABS menyala terus menerus, kini sudah saatnya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan lampu ABS yang menyala terus menerus, diantaranya sebagai berikut:

  1. Periksa Kelistrikan

Jika lampu ABS menyala terus, cek kelistrikan kendaraan terlebih dahulu. Pastikan semua kabel dan konektor pada sensor ABS dalam kondisi baik dan tidak putus. Pastikan juga kabel ABS terhubung dengan baik ke sistem ABS dan tidak ada kabel atau konektor yang longgar atau rusak. Jika terdapat masalah pada kelistrikan, pastikan untuk memperbaiki kelistrikan kendaraan secepat mungkin agar sistem ABS dapat berfungsi dengan baik.

  1. Cek Sistem Rem

Jika lampu ABS masih menyala setelah memeriksa kelistrikan, periksa sistem rem kendaraan Anda. Pastikan tidak ada kebocoran di sistem rem, dan kampas dan piringan rem dalam kondisi baik. Periksa juga tekanan rem pada masing-masing roda kendaraan Anda dengan menggunakan alat ukur tekanan. Jika ada kebocoran atau sistem rem kendaraan sudah aus, segera perbaiki sistem rem kendaraan agar tidak berdampak pada sistem ABS.

  1. Bersihkan Sensor ABS

Jika lampu ABS masih menyala setelah memeriksa kelistrikan dan sistem rem, coba bersihkan sensor ABS. Kotoran dan debu dapat menempel pada sensor ABS dan menyebabkan lampu ABS menyala terus. Bersihkan sensor ABS dengan air dan sabun ringan untuk menghilangkan kotoran dan debu. Pastikan untuk tidak menggunakan cairan yang bersifat asam atau mengandung zat kimia yang dapat merusak sensor ABS.

  1. Ganti Sensor ABS

Jika lampu ABS masih menyala setelah membersihkan sensor ABS, maka mungkin perlu diganti. Pastikan Anda menggunakan sensor ABS yang sesuai dengan kendaraan Anda dan pastikan sensor ABS yang baru telah teruji dan memenuhi standar kualitas. Ganti sensor ABS yang rusak agar sistem ABS dapat berfungsi dengan baik dan lampu ABS tidak menyala terus.

Lampu ABS menyala terus bisa jadi menandakan adanya masalah pada sistem pengereman mobil Anda.

Ada beberapa penyebab umum lampu ABS menyala terus, seperti sensor ABS yang rusak, masalah kelistrikan, sistem rem bermasalah, ECU ABS yang bermasalah, atau masalah pada sistem hidrolik ABS.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pemeriksaan kelistrikan, sistem rem, membersihkan sensor ABS, atau mengganti sensor ABS yang rusak.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!