New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mobil bergetar

Ketahui 5 Penyebab Mobil Bergetar dan Cara Mengakalinya

Penyebab mobil bergetar bisa saja dari komponen mesin yang sudah aus karena sudah tua atau pemasangan mesin yang kurang simetris. Namun apapun itu jenisnya, tentu saja domolovers tidak boleh terlalu yakin tanpa memastikan. Oleh sebab itu, saya hadir untuk merangkumkan beberapa penyebab mobil bergetar dan gimana sih cara mengakalinya, apakah cukup ditambal atau harus diganti. Simak liputannya ya, domolovers.

Penyebab mobil bergetar saat di starter

penyebab starter mobil berat

Mesin mobil yang bergetar terutama kasar saat dinyalakan atau dihidupkan pertama kali seperti pada pagi hari atau sore hari mungkin terkesan wajar. Namun, jika getaran itu terasa terus-menerus sampai ke area kabin, wah domolovers perlu nih menyalakan alarm waspada. Pasalnya, setidaknya ada 5 alasan penyebab mobil bergetar dan tidak mau hilang.

  1. Setelan Mesin tidak tepat

Penyebab mobil bergetar pertama yaitu setelan mesin tidak tepat. Domolovers bisa nih, melihatnya lewat indikator putaran mesin pada dashboard mobil (RPM) jika pergerakan jarum tidak pas dan naik turun. Bisa saja kesalahan terjadi saat domolovers melakukan tune up. Cara untuk mengakalinya, ya tentu saja domolovers harus melakukan tune up sekali lagi.

  1. Adanya gangguan pada injektor mesin

Injektor memiliki fungsi utama untuk mengabutkan bahan bakar ke ruang mesin. Gangguan pada injektor mesin juga menjadi awal penyebab mobil bergetar. Gejala paling umum terjadi pada injektor adalah adanya getaran pada putaran mesin rendah mulai dari RPM idling sekitar 800 sampai 1000 RPM dan RPM menengah sekitar 1000 sampai 2500 RPM. Hal ini tentu saja bisa disebabkan karena injektor yang kotor.

Cara paling sederhana membersihkan injektor kotor :

  • dengan memasukkan cairan pembersih ke dalam tangki bahan bakar.
  • Dimana nanti cairan pembersih itu akan terbawa dan mengalir ke injektor bersamaan dengan bahan bakar untuk membersihkan injektor itu sendiri.

Namun domolovers perlu tahu ya, bahwa cara paling mudah ini hasil pembersihannya kurang maksimal. Hal ini dikarenakan cairan tercampur dengan bahan bakar ke dalam tangki bahan bakar, sehingga konsentrasinya cukup kecil.

Cara lain untuk membersihkan injektor :

  • Menyemprotkan cairan pembersih dengan menyemprotkan langsung ke lubang injektornya.
  • Bagian paling ribet nya disini adalah domolovers diharuskan membongkar total komponen dan melepasnya dari mesin.
  • Jadi, setelah komponen dilepas domolovers akan memasangkan cairan pembersih injektor ini pada bagian dimana injektor bahan bakar ini masuk.
  • Ketika injektor nantinya aktif maka cairan pembersih ini akan otomatis mengalir dan membersihkan kerak dan kotoran.
  • Atau cara paling terakhir dan paling ampuh
  • domolovers harus mengeluarkan injektor dari mesin.
  • Lalu injektor akan sobat rendam ke dalam cairan khusus pembersih dalam sebuah wadah.
  • Supaya cairan bisa meraih bagian terdalam injektor, wadah ini akan dipasangi getaran ultrasonik supaya cairan pembersih ini dapat bergerak dan melibas semua kerak serta kotoran sampai ke akar.
  • Setelah itu, injektor akan dipasang dalam tabung-tabung kaca agar hasil perendaman tadi bisa dinilai hasilnya.
  • Cara menilai hasilnya dengan membandingkan waktu injeksi dengan jumlah bahan bakar.
  • Nah, kalau sudah fine, barulah injektor dipasang kembali.

Namun, minusnya disini adalah domolovers tidak dapat melakukannya sendiri, melainkan harus di bengkel resmi.

  1. Busi Aus

Busi merupakan komponen paling penting seperti aki mobil yaitu mengubah tagangan listrik yang disalurkan ke koil menjadi percikan api yang akan digunakan untuk melakukan pembakaran pada ruang mesin. Jika busi aus maka percikan api yang dihasilkan tidak normal sehingga pembakaran tidak akan sempurna dan efisien. Jika salah satu busi aus maka mesin mobil akan bergetar dan terasa pincang saat dibawa jalan jauh.

Cara mengecek apakah busi aus atau tidak, domolovers bisa mencabut salah satu kabel busi, lalu setel gas ke posisi RPM agak besar agar terlihat. Jika kabel busi yang dicabut ada perbedaan tekanan pada RPM maka kondisi busi baik-baik saja, namun jika kabel busi dicabut tidak ada perbedaan maka bisa dipastikan busi aus atau bahkan mati. Jika sudah begini, anda harus mengganti busi yang aus ya domolovers.

  1. Piston bermasalah

Penyebab mobil bergetar lain bisa karena piston lho domolovers. Kerusakan ini biasanya bisa terjadi karena setang piston yang berfungsi untuk mentransfer tenaga mesin aus. Tentunya setang piston ini bisa aus atau bahkan rusak karena kurangnya perhatian pada pengguna mobil.

Selain karena faktor eksternal, setang piston sendiri juga dapat rusak karena kurangnya pelumas oleh oli mesin. Hal ini bisa terjadi karena volume oli berkurang sehingga pelumasan ke komponen ikut berkurang. Peluang Gesekan kurk as dengan piston menjadi lebih sering dan semakin besar karena setang piston tidak diberikan pelumasan yang cukup. Akibatnya gesekan tersebut menimbulkan panas berlebih.

Salah satu ciri setang piston bermasalah adalah adanya bunyi berisik pada mesin dan saat servis besar terlihat baret pada dinding silinder di satu sisi bagian. Nah, domolovers selain setang piston, volume oli yang berkurang juga dapat berpengaruh pada kruk as sehingga bisa menggerus rumah dudukan setang piston. Inilah yang menjadi penyebab mobil bergetar. Untuk itu solusi paling tepat untuk setang piston ini adalah menggantinya dengan yang baru, sobat.

  1. Engine Mounting

Engine Mounting merupakan komponen yang bertugas untuk meredam getaran dari mesin. Tujuannya agar getaran mesin tidak dirasakan oleh pengemudi dan penumpang di dalam kabin. Selain itu komponen ini juga berfungsi sebagai suspensi saat mobil domolovers melewati jalanan yang bergelombang.

Masa pakai komponen ini sih sebetulnya cukup lama ya, domolovers. Namun karena komponen ini terbuat dari karet dengan frame baja, maka lama kelamaan masa pakainya akan berkurang dan menjadi getas. Inilah yang menjadi penyebab mobil bergetar. Jika sudah begini tentu saja komponen ini perlu diganti ya, domolovers. Apalagi karena rusaknya komponen ini membuat penyaluran tenaga mesin menjadi tidak optimal.

Masalah mobil bergetar sampai berdengung

service dinamo starter mobil

Mesin mobil yang bergetar bahkan sampai mendengung cukup mengganggu penumpang di dalam mobil. Pada awalnya memang bergetar namun sesekali berdengung. Kira-kira apa ya penyebabnya?

  1. Asupan Bahan Bakar Tersendat

Biasanya asupana bahan bakar yang tersumbat dapat dipengaruhi oleh injektor yang kotor. Injektor yang tersumbat kerak atau sisa karbon tidak bisa menyemburkan bahan bakar dengan baik. Oleh sebab itu, pentingnya sobat mengetahui tata letak injektor adalah jika bahan bakar tersendat sehingga menjadi salah satu penyebab mobil bergetar.

Baca Juga : Tekanan AC Mobil

Cara membersihkan injektor pun mudah lho, domolovers. Sobat bisa menggunakan cairan pembersih dengan menuangkan cairan tersebut ke dalam tangki bensin. Sehingga dengan sendirinya cairan tersebut akan membersihkan kerak pada injektor mesin sobat.

  1. Kanvas Kopling Aus

Kanvas kopling yang aus juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar. Hal ini bisa terjadi selain karena masa pemakaian bisa juga pengguna seringkali menggunakan ½ kopling saat macet dan enggan berpindah gigi. Beberapa ciri kanvas kopling aus adalah susah memindahkan gigi (rasanya berat atau malah tidak mau masuk), terjadinya slip pada kopling, jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek serta paling sering dan umum adalah bau gosong.

Biasanya kanvas kopling diganti pada kilometer 80 ribu, namun domolovers jangan pernah jadikan 80 ribu menjadi patokan ya. Karena perhitungan ini disesuaikan dengan penggunaan rata-rata di jalanan perkotaan. Namun sobat terkadang hanya perlu ke bengkel resmi jika dirasa ada beberapa ciri diatas yang sesuai dengan kondisi mobil sobat. Solusi yang bisa domolovers ambil jika benar kanvas kopling aus adalah dengan menggantinya. Biaya yang dibutuhkan biasanya berkisar Rp. 200.000 sampai RP. 300.000,-.

Kesimpulannya penyebab mobil bergetar memang banyak domolovers. Namun, domolovers jangan berkecil hati jika memang sobat kurang mengerti mengenai masalah ini. Domolovers bisa menghubungi Dokter Mobil. Sobat bisa menghubungi Dokter Mobil via Instagram ataupun website Dokter Mobil. Mau kapanpun, dimanapun, Dokter Mobil solusinya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya