📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Mengenal Fungsi Engine Control Unit dan Cara Mendeteksi Kerusakan ECU Mobil

cara mendeteksi kerusakan ecu mobil

Saat ini, mungkin tak banyak orang yang tahu cara mendeteksi kerusakan ECU mobil. Unit kontrol mesin, atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan engine control unit  (ECU), adalah perangkat elektronik yang mengontrol fitur kelistrikan kendaraan untuk memastikan performa mesin yang optimal. ECU juga berfungsi untuk memantau sebagian besar sensor di ruang mesin untuk menghasilkan kinerja tertinggi mesin kendaraan Anda. ECU bekerja dengan cara mengumpulkan data dari beberapa sensor untuk mengatur keseluruhan sistem operasi mobil. Sama seperti komponen kendaraan lainnya, ECU juga dapat mengalami kerusakan sederhana hingga serius.

Beberapa Cara Mendeteksi Kerusakan ECU Mobil yang Sederhana

cara mendeteksi kerusakan ecu mobil

Sebenarnya, kerusakan ECU mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor utama, salah satunya yaitu hubungan arus pendek di sistem kelistrikan mobil. Untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada ECU mobil Anda, ada beberapa cara untuk mendeteksi kerusakan ECU mobil yang bisa Anda terapkan:

  1. Periksa Lampu Mesin

Cara mendeteksi kerusakan ECU mobil yang pertama adalah dengan memeriksa lampu mesin. Gejala yang paling mudah dikenali adalah saat lampu peringatan “Check Engine” menyala di dasbor. Tentu saja, ada banyak kemungkinan alasan mengapa lampu peringatan ini menyala. Namun jika unit kontrol mesin kendaraan mendeteksi masalah dengan komponen elektronik, sirkuit, atau sensornya, lampu peringatan Check Engine akan segera menyala.

Terkadang unit kontrol mesin kendaraan juga melakukan kesalahan ini. Untuk mengetahui apakah unit kontrol mesin benar-benar mengalami masalah, Anda perlu mencari kode masalah khusus di sistem kendaraan Anda. Kode-kode ini akan mengidentifikasi akar masalah. Periksa dengan pabrikan Anda, buku manual pemilik, atau berbagai sumber online untuk mempelajari lebih lanjut tentang kode masalah.

  1. Memperhatikan Jalannya Mesin

Cara mendeteksi kerusakan ECU mobil selanjutnya adalah dengan memperhatikan jalannya mesin. Gejala lain yang mungkin mengikuti menyalanya lampu peringatan adalah mesin yang terganggu atau bahkan mati. Tidak akan ada konsistensi dengan masalah ini juga. Pola mesin mati dan mati akan acak, sehingga sulit untuk menentukan masalah mesin secara spesifik.

Sering kali, ini karena modul kontrol mesin gagal dan memberi informasi keliru kepada mesin. Jika masalah semakin parah, kinerja mesin akan menurun saat sedang berjalan.

  1. Memeriksa Jarak Tempuh Bahan Bakar

Cara mendeteksi kerusakan ECU mobil yang ketiga adalah dengan memeriksa jarak tempuh bahan bakar. Karena rasio udara-bahan bakar yang tepat diperlukan agar kendaraan berfungsi optimal, ECU yang buruk tidak akan mengerti berapa banyak bahan bakar yang harus dikirim ke ruang bakar. Ini berarti terlalu banyak bahan bakar yang sering dikirim untuk dibakar dalam proses pembakaran.

Hasilnya adalah kendaraan Anda kemudian akan menjadi boros dan menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada yang diperlukan. Ketika ini terjadi maka Anda perlu mengisi bahan bakar mobil Anda lebih sering dan lebih banyak, sehingga cukup memakan biaya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Periksa Performa Mesin

Cara mendeteksi kerusakan ECU mobil selanjutnya adalah dengan memeriksa performa mesin kendaraan. ECU yang rusak juga dapat menyebabkan tidak cukupnya bahan bakar yang dikirim ke ruang bakar. Artinya, ketika Anda menginjak gas, mobil Anda tidak akan berakselerasi seperti dulu.

Mobil yang mengalami kerusakan pada ECU juga akan mengalami getaran, terutama ketika mencoba mendaki medan curam, ketika ada banyak beban ekstra di dalam mobil, atau ketika mobil sedang menarik sesuatu. Anda mungkin juga mengalami idle yang kasar karena tidak memiliki cukup bahan bakar untuk kondisi tersebut.

  1. Mencoba Menyalakan Mobil

Cara mendeteksi kerusakan ECU mobil berikutnya adalah dengan mencoba menyalakan mesin mobil. Gejala terburuk dari ECU mobil yang rusak adalah ketika mobil Anda tidak bisa distarter sama sekali. Pada awalnya mungkin mobil akan sulit untuk distarter, tetapi kemudian mobil akan tidak dapat distarter sama sekali. Ini terjadi setelah unit kontrol mesin mengalami kegagalan total dan tidak berfungsi total.

Setelah itu terjadi, mesin tidak memiliki sistem untuk mengontrol dan memandu fungsinya sendiri. Meskipun Anda mungkin masih dapat menghidupkan mesin, mesin tidak akan hidup karena sistem tidak memberikan informasi penting yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya.

Dibaca Juga: Komponen dan Ciri Ciri Kerusakan ECU

Cara mendeteksi kerusakan ECU mobil dengan Multimeter

Multimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur nilai listrik seperti tegangan (volt), arus (amp) dan hambatan (ohm), dan lainnya. Multimeter paling sering digunakan untuk mengukur tegangan listrik kendaraan dan mendiagnosis komponen yang rusak secara kompleks. Alat multimeter juga sering dimanfaatkan sebagai cara mendeteksi kerusakan ecu mobil. Berikut ini telah kami rangkum penjelasan mengenai cara mendeteksi kerusakan ECU mobil menggunakan alat Multimeter:

Langkah 1: Atur Multimeter

Cara menggunakan alat Multimeter yang pertama adalah dengan mengatur Multimeter. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika Anda menguji ECU dengan multimeter adalah mengatur multimeter dengan benar. Jadi, aturlah alat multimeter Anda dan set-up untuk sirkuit serta pastikan Anda menggunakan sirkuit dengan jangkauan gadget multimeter terbaik yang tersedia.

Langkah 2: Inspeksi Visual

Selanjutnya, cara menggunakan alat Multimeter yang kedua adalah inspeksi visual. Inspeksi visual sangat membantu Anda dalam mendeteksi kesalahan eksternal di ECU. Hal ini juga membantu Anda menghindari masalah serius di sekitar sistem ECU kendaraan.

Langkah 3: Mulai Pengujian dengan Multimeter

Cara menggunakan alat Multimeter untuk mendeteksi kerusakan ECU yang ketiga adalah dengan memulai pengujian. Saat Anda mulai menguji ECU dengan multimeter, Anda perlu menguji setiap komponen di dalamnya. Pertama, Anda harus menguji sekering dan relai dengan multimeter Anda. Setelah menguji sekering dan relai, Anda juga perlu melakukan penarikan arus listrik.

Langkah 4: Catat Bacaannya

Langkah keempat dalam menggunakan alat Multimeter adalah mencatat bacaan datanya. Setelah Anda menguji ECU dengan multimeter, sekarang saatnya Anda membuat catatan tentang apa saja yang Anda dapatkan dari komputer ECU. Pembacaan arus pada multimeter tidak boleh lebih dari 1,2 amp karena jika amp lebih dari itu, itu memberi tahu Anda bahwa ada yang salah dengan sistem ECU mobil.

Pentingnya Memeriksakan ECU Mobil dengan Layanan Profesional

Setelah melihat cara mendeteksi kerusakan ECU mobil di atas, dapat diketahui bahwa langkah-langkahnya cukup rumit dan memakan waktu. Tak heran jika beberapa orang menilai bahwa cara mendeteksi kerusakan pada ECU mobil terlalu rumit. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kendaraan profesional daripada melakukan cara mendeteksi kerusakan ECU mobil secara pribadi.

Salah satu penyedia layanan pemeriksaan serta servis mobil profesional yang bisa Anda pilih untuk memeriksa serta memperbaiki komponen ECU mobil adalah Domo Electric dari Dokter Mobil. Sesuai dengan namanya, Domo Electric merupakan bengkel mobil yang dapat menangani segala macam masalah kelistrikan pada semua jenis mobil. Pemeriksaan di bengkel Domo Electric dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga layanan ini dijamin dapat menangani berbagai jenis masalah kelistrikan pada kendaraan termasuk pada komponen ECU.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai masalah ECU mobil serta cara mendeteksi kerusakan ECU mobil. Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa ECU merupakan salah satu komponen paling penting dalam sistem kelistrikan kendaraan. Oleh sebab itu ketika Anda mendapati adanya masalah pada ECU mobil, sangatlah penting untuk langsung memeriksakannya ke bengkel profesional seperti Domo Electric agar kerusakannya dapat ditangani dengan lebih cepat dan menyeluruh. Anda bisa menghubungi admin Dokter Mobil di (klik disini) untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan promo-promo terbaru dari Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8927

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.