📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Bisa Jadi Sinyal Penanda, Ini Cara Deteksi Kerusakan Mobil dari Suara yang Muncul

cara deteksi kerusakan mobil dari suara

Cara deteksi kerusakan mobil dari suara – Mobil yang menggunakan bahan bakar bensin umumnya tidak terlalu memilki suara. Mobil ini akan jauh lebih minim suara dibandingkan dengan mobil dengan bahan bakar yang lainnya. Tetapi terkadang mobil ini juga mengeluarkan suara yang cenderung cukup berisik dari biayanya. Apabila Anda merasa mobil Anda mengeluarkan suara yang lebih kasar dari yang seharusnya, maka Anda perlu waspada terhadap hal ini.

Biasanya, mesin mobil yang mengeluarkan suara yang cukup kasar pasti memiliki masalah pada bagian mesinnya. Suara ini sebenarnya merupakan sebuah gejala kerusakan yang dialami oleh mobil Anda. Lalu bagaimana cara deteksi kerusakan mobil dari suara yang dikeluarkan? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksinya. Lalu apa akibat jika hal itu dibiarkan?

Akibat Membiarkan Suara Kasar dari Mobil

cara deteksi kerusakan mobil dari suara

Suara kasar dari mobil biasanya merupakan gejala awal atau pertanda dari kerusakan yang dialami oleh mobil. Gejala ini bisa ditandai dengan adanya suara yang lebih kasar daripada yang biasanya. Lalu apa yang akan terjadi jika kita mengabaikan gejala ini? Tentu saja itu bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada komponen mobil.

Baca Juga: 4 Faktor Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar saat Dingin

Apabila mobil Anda mengalami gejala seperti suara berisik dan kasar, maka sebaiknya Anda segera memeriksanya ke tempat service mobil. Karena apabila tetap dibiarkan bukan hanya akan merusak komponen mobil, tetapi juga bisa merembet ke komponen yang lainnya. Seperti yang dikatakan oleh para ahli otomotif dan montir mobil, mereka mengatakan bahwa gejalanya awalnya adalah berasal dari suara kasar yang terdapat di bagian mesin kanan mobil. Terkadang suara tersebut juga terdengar seperti suara yang berdecit ataupun suara dengungan, apabila mobil Anda mengeluarkan suara ini maka sudah seharusnya Anda mengeceknya sebelum terlambat dan bertambah parah.

Cara Deteksi Kerusakan Mobil dari Suara yang Perlu Anda Lakukan

cara deteksi kerusakan mobil dari suara

Ada beberapa cara deteksi kerusakan mobil dari suara yang perlu Anda lakukan, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah oli mesin. Biasanya oli menjadi salah satu indikasi penyebab munculnya suara kasar dari mobil. Karena kurangnya oli di dalam mesin membuat oli tidak bisa melumasi semua komponen mesin yang ada pada mobil pada saat Anda menyalakannya terutama pada saat dilakukan pemanasan di pagi hari. Karena hal inilah Hidraulic Last Adjuster menjadi kekurangan asupan oli yang biasanya melumasinya dengan cukup.
  2. Komponen kedua yang bisa menyebabkan keluarnya suara dari mesin mobil adalah pada bagian AC seperti bearing AC, water pump, dan juga bearing alternator. Apabila terjadi kerusakan ataupun masalah pada bagian ini, biasanya mobil akan cenderung mengeluarkan suara yang berisik dan juga kasar.
  3. Kurang kencangnya tekanan tensioner kepada timing belt. Hal ini juga bisa menyebabkan suara pada mobil. Pada saat timing belt mengalami kendor karena kurangnya tekanan dari tensioner, maka bagian ini akan mengeluarkan suara yang cukup mengganggu untuk didengar.
  4. Pecahnya Fan belt, atau fan belt yang mengalami getas dan kendor. Bagian ini juga sering menimbulkan suara apabila mengalami kendor ataupun pecah-pecah. Komponen ini sebenarnya memiliki beberapa komponen yang biasanya terdiri dari dua sampai dengan tiga sabuk. Banyaknya sabuk yang ada tergantung pada merek dan juga jenis dari mobil yang dimiliki.
  5. Seperti masalah pertama yaitu oli. Mobil yang kekurangan oli juga bisa menimbulkan suara yang berasal dari gesekan antara metal mesin pada mobil sehingga menyebabkan suara yang terkadang cukup berisik. Suara ini biasanya berasal dari piston, connecting rod, hingga setang dari piston.

Cara Deteksi Kerusakan Mobil Dari Suara dengan Aplikasi

Di era kemajuan teknologi saat ini, dunia industri otomotif pun juga ikut bertumbuh didalamnya. Berbagai macam fitur canggih pun dikembangkan untuk mempermudah penggunaan seperti fitur yang bisa terkoneksi dengan ponsel dan semacamnya. Dengan hal ini, maka akan semakin memudahkan kita dalam menggunakan mobil, bahkan untuk mendeteksi kerusakan yang terdapat didalamnya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Seperti produk terbaru yang sedang digarap oleh produsen mobil SKoda yang berasal dari Republik Ceko. Produsen mobil ini baru saja menciptakan sebuah aplikasi baru bernama Skoda Sound Analyzer.

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi smartphone yang baru saja selesai diuji coba. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Skoda untuk mendeteksi kerusakan dari sebuah komponen mobil. Seperti yang dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi murni yang dikembangkan oleh produsen mobil dari Ceko ini. Cara deteksi kerusakan mobil dari suara    mungkin memang hal yang paling simpel untuk dilakukan, tetapi juga bukan hal yang mudah.

Oleh karena, Skoda menciptakan sebuah aplikasi smartphone yang memang difungsikan untuk bisa mendeteksi kerusakan pada mobil. Dengan adanya aplikasi ini maka cara deteksi kerusakan mobil dari suara akan menjadi lebih mudah karena kita tidak perlu lagi mengecek satu persatu bagian mesin mobil.

Cara Kerja dari Skoda Sound Analyzer Sebagai Cara Deteksi Kerusakan Mobil dari Suara

Cara deteksi kerusakan mobil dari suara dengan aplikasi ini sangatlah mudah karena Anda hanya perlu mendengarkan suara mobil Anda ke aplikasi. Lalu bagaimana cara kerja dari aplikasi yang bisa digunakan untuk cara deteksi kerusakan mobil dari suara ini? Cara kerjanya adalah aplikasi ini akan merekam suara yang dikeluarkan oleh mesin mobil, kemudian aplikasi ini akan membandingkan suara yang ia dapatkan dengan rekaman kontrol sehat yang sudah ada pada sistem. Apabila terdapat kerusakan sinyal dari suara yang sudah ditangkap, maka suara akan berbeda dari suara komponen yang sehat. Setelah, akan muncul saran dari perbaikan yang diperlukan secara otomatis.

Keakuratan Aplikasi Skoda Untuk Cara Deteksi Kerusakan Mobil dari Suara

Pihak dari Skoda juga sudah mengklaim bahwa sistem yang mereka buat ini memiliki keakuratan yang tinggi yaitu sekitar 90%. Yang lebih menarik, aplikasi yang digunakan untuk cara deteksi kerusakan mobil dari suara ini bukan hanya bisa mendeteksi kerusakan dari mesin mobil Anda, tetapi juga pada komponen lainnya seperti AC, sistem pengemudi mobil, transmisi, dan juga bagian lain yang ada di dalam mobil karena sistem ini akan terus dikembangkan.

Solusi Mengatasi Kerusakan Pada Mobil yang Terdeteksi dari Suara

Cara deteksi kerusakan mobil dari suara memang hal yang cukup simpel untuk dilakukan karena akan bisa dengan cepat terdeteksi. Apabila Anda sudah mendapati mobil Anda mengalami beberapa gejala dan suara gangguan seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan mobil Anda ke bengkel. Karena dari suara-suara yang muncul bisa jadi terdapat permasalahan di beberapa titik.

Sayangnya, tak semua bengkel mobil bisa mengatasi permasalahan-permasalahan yang kompleks di beberapa titik. Tapi bukan berarti juga hal tersebut tak bisa Anda jumpai, karena Dokter Mobil ternyata memiliki beragam layanan yang bisa Anda percayakan jika terjadi kerusakan di beberapa titik komponen mobil jika terdeteksi dari suara-suara asing yang muncul.

Jika suara asing yang muncul disebabkan karena pasokan oli yang kurang, maka Anda bisa ganti oli mesin dengan metode Cuci Darah yang dapat menguras oli lama hingga bersih untuk selanjutnya diisi menggunakan oli mesin dari 9Circle yang memiliki nilai TBN yang tinggi. Nilai TBN yang tinggi ini menandakan bahwa oli memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan oli-oli lainnya.

Adapun jika kerusakan terjadi akibat permasalahan pada AC mobil, Dokter Mobil yang telah dikenal sebagai spesialis service AC patut Anda percayakan. Karena teknisi-teknisi di Dokter Mobil telah menangani ribuan (bahkan lebih) mobil yang AC nya bermasalah untuk ditangani hingga kembali berfungsi optimal.

Lalu jika kerusakan teridentifikasi dengan suara-suara mesin yang kasar atau menggelitik, hal ini disebabkan karena kerak karbon di komponen dekat ruang pembakaran mengalami penumpukan. Jet Clean di Dokter Mobil dapat membersihkan kerak-kerak karbon sampai bersih sempurna, sehingga proses pembakaran tak terhambat dan tak menimbulkan suara mengganggu saat mobil dijalankan.

Jika mobil kesayangan Anda mengalami permasalahan serupa, segera hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi langsung cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda. Dokter Mobil akan senantiasa membantu Anda memperbaiki berbagai permasalahan yang ada pada mobil Anda hingga tuntas.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Pemaparan di atas merupakan penjelasan terkait cara deteksi kerusakan mobil dari suara yang bisa Anda pahami agar selanjutnya bisa dengan mudah untuk mempercayakan ke bengkel service mobil terpercaya, seperti Dokter Mobil. Cara tersebut adalah cara mudah untuk mengetahui gejala awal pada kerusakan mobil yang Anda alami. Semoga dengan penjelasan tersebut, Anda bisa lebih waspada terhadap masalah yang terdapat pada mobil Anda dan bisa menghindari kerusakan yang lebih parah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6758

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

AC Mobil Bau Amoniak

AC Mobil Bau Amoniak

Ac Mobil Bau Amoniak Penyebab  Sebelum kami ulas tentang cara menghilangkan bau apek pada AC mobil, ada baiknya kita lihat sejenak apa saja sih penyebab AC mobil

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published.