Fungsi Portable Power Grinder

Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi portable power grinder di dalam dunia otomotif, terdapat salah satu istilah yang sudah dikenal baik oleh para penggunanya, yakni Power Tools. Peralatan Bertenaga atau Power Tools adalah kumpulan atau rangkaian alat yang memperoleh tenaga penggeraknya dari listrik atau udara dengan tekanan tinggi (pneumatik), bukan dari tenaga manusia.

Penggunaan power tools dalam pekerjaan di bengkel mobil terdekat otomotif sangatlah bermanfaat, yakni akan mempercepat proses yang dilakukan juga lebih efektif dan efisien dalam segi waktu dan penggunaan tenaga manusia. Dari berbagai rangkaian peralatan tersebut, portable power grinder menjadi salah satu alat yang kerap digunakan.

Portable power grinder atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut gerinda listrik portabel adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan, meratakan, memotong, atau mengasah material besi agar hasil yang didapatkan menjadi lebih rapi.

Karena bentuknya yang mudah dibawa ke mana saja, gerinda ini sering juga disebut sebagai gerinda tangan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai fungsi portable power grinder dengan lebih kompleks dan cara penggunaannya, mari simak ulasan di bawah ini.

Fungsi Portable Power Grinder

Fungsi Portable Power Grinder

Di dunia otomotif, fungsi portable power grinder adalah meratakan, mengasah, menghaluskan, dan memotong material khusus supaya hasil akhir yang diinginkan akan lebih rapi dan aman. Namun, portable power grinder juga memiliki fungsi lain sesuai dengan mata gerinda yang digunakan, antara lain sebagai berikut:

Mata Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)

Jika anda ingin mengikis material logam di permukaan yang tidak luas, maka anda dapat menggunakan mata gerinda fleksibel ini. Mata gerinda ini didesain khusus untuk mengikis benda logam yang membutuhkan ketelitian pada permukaan yang cenderung sempit.

Di sisi lain, flexible disc ini tidak begitu cocok untuk memotong material logam sebab hasil potongan yang didapatkan akan lebih lebar dan tidak terlalu rapi. Maka dari itu, anda disarankan untuk menggunakan mata gerinda potong untuk melakukan hal tersebut.

Mata Gerinda Berlian (Diamond Grinding Wheel)

Mata gerinda berlian ini mempunyai lapisan berlian pada permukaannya. Lapisan tersebut memiliki kekuatan paling tinggi ketimbang material lainnya. Oleh karena itu, fungsi portable power grinder yang menggunakan mata gerinda ini cocok bagi anda yang ingin memotong atau mengikis permukaan benda yang tingkat kekerasannya lebih tinggi dari logam seperti batu, granit, semen, dan sebagainya.

Kendati menggunakan berlian, rata-rata harga yang ditawarkan dari mata gerinda ini cukup terjangkau tergantung besaran komposisi berlian di mata tersebut.

Mata Gerinda Potong (Cutting Wheel Disc)

Mata gerinda potong ini dapat difungsikan sebagai alat pemotong bahan yang keras maupun lembut, contohnya adalah besi midsteel, stainless steel, baja, dan lain sebagainya. Jika anda menginginkan bentuk potongan yang rapi dan tipis, maka mata gerinda potong dapat menjadi opsi yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Alat ini memiliki lekukan di bagian tengahnya yang bertujuan untuk mengatur tekanan potong sehingga ujung mata gerinda tidak akan menerima tekanan yang bisa menghambat proses pemotongan.

Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel Disc)

Sejalan dengan namanya,  fungsi portable power grinder yang menggunakan mata  gerinda tersebut adalah untuk mengasah permukaan logam, entah itu pada permukaan stainless steel, baja, atau pun besi.

Amplas Gerinda

Amplas gerinda terbagi menjadi dua jenis, yaitu flap disc dan fibre disc. Alat ini dapat anda gunakan untuk memoles permukaan logam atau kayu sehingga hasil yang didapatkan akan lebih mulus dan rapi.

Sikat Gerinda (Dish Grinding Wheels)

Sikat gerinda berfungsi sebagai pembersih serbuk-serbuk yang menempel di permukaan logam juga kayu yang telah dikikis, dipoles, ataupun dipotong. Selain itu, alat ini dapat digunakan untuk membersihkan permukaan logam yang memiliki karat maupun kerak yang diakibatkan oleh proses oksidasi.

Cara Menggunakan Portable Power Grinder

-Periksa Portable power grinder yang anda gunakan, apakah sudah dipasang dengan pelindung yang berada di antara operator penggerak dan roda cakramnya atau belum. Jangan lupa untuk memastikan mata atau cakram yang anda gunakan sudah terpasang dengan baik.

-Saat sedang menggunakan gerinda, pastikan tidak ada orang yang berdiri di dekat objek yang akan diubah. Sebaiknya lakukan pengerjaan di tempat yang luas dan terbuka sehingga keamanan pun lebih terjamin.

-Salah satu fungsi portable power grinder adalah menghaluskan permukaan. Saat melakukan hal tersebut, biasanya terdapat serbuk halus yang dapat mengenai wajah. Maka dari itu, kenakan kacamata pelindung atau pelindung wajah supaya anda dapat terhindar dari residu atau serpihan material.

-Jangan gunakan pakaian yang longgar. Hal ini dapat menimbulkan potensi yang berbahaya sebab baju tersebut dapat mengenai gerinda yang sedang anda pakai.

Cara Merawat Portable Power Grinder

Bersihkan alat setelah digunakan

Hal paling mudah yang dapat anda lakukan untuk merawat portable power grinder anda adalah membersihkannya setelah digunakan. Sebab selama pemakaian, alat tersebut akan kontak langsung dengan bahan atau material yang tidak selalu bersih sehingga dapat membuat gerinda anda mudah rusak.

Jika gerinda yang anda gunakan bersentuhan dengan air, jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkannya.

Cek Kondisi Gerinda

Untuk menjaga kualitas fungsi portable power grinder, lakukan pengecekan pada alat tersebut. Anda dapat mengecek kondisi kabel atau tombol yang ada sehingga anda tidak akan mengalami kendala saat melakukan proses pengerjaan.

Periksa Kekencangan Baut Pengunci Batu Gerinda

Apabila anda tidak memeriksa kekencangan baut pengunci, maka hal tersebut dapat membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, pastikan baut pengunci terpasang dengan pas, tidak terlalu longgar juga tidak terlalu kencang.

Memberikan pelumas pada bagian mesin

Supaya kinerja mesin tetap maksimal, jangan lupa untuk mengolesi oli pada mekanisme alat yang bergerak. Hal ini dapat mengurangi potensi mesin macet dan menjaga kondisi mesin agar tetap prima.

Jika anda mempunyai gerinda yang jarang digunakan, anda harus tetap membersihkannya minimal seminggu sekali agar mesin tetap bersih dari debu yang menghinggap.

Jangan lupa juga untuk mengolesinya dengan oli secara berkala sehingga fungsi portable power grinder tersebut tidak mudah berkarat. Apabila memungkinkan, nyalakan alat minimal seminggu sekali walaupun hanya 5 menit, sehingga mesin gerinda tetapi terjaga kualitasnya.

Harga Portable Power Grinder

Harga portable power grinder di pasaran cukup beragam, mulai dari 150 ribu Rupiah hingga menembus angka jutaan Rupiah. Harga tersebut disesuaikan dengan kualitas gerinda yang anda inginkan. Untuk mendapatkan produk dan harga yang efisien, pastikan anda mengetahui fungsi portable power grinder apa yang anda butuhkan sehingga biaya yang dikeluarkan akan sesuai.

Anda dapat menemukan produk gerinda ini secara daring melalui marketplace atau pun juga di toko-toko penyedia barang elektronik.

Demikian sedikit ulasan mengenai fungsi portable power grinder dan cara penggunaannya. Untuk mengetahui spesifikasi lebih lanjut mengenai salah satu alat dari power tools ini, anda dapat meminta pendapat kepada orang yang sudah cukup awam. Jangan lupa pastikan kondisi produk sehingga proses pengerjaan yang dilakukan akan berjalan lebih efisien juga maksimal dan keamanan diri anda pun akan lebih terjaga.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1235

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Simaklah Cara Membersihkan Filter AC Mobil Agar AC Tidak Bau
Manfaat Cuci AC Mobil Untuk Kenyamanan Anda Saat Berkendara
Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda
Memilih Oli Mobil Sport Terbaik
Kualitas Oli Mobil Jepang Terbaik