New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Solusi Servis Komponen AC Mobil

servis AC mobil

Kenapa Harus servis AC mobil?

Solusi servis komponen AC mobil karena bagi pemilik mobil yang tinggal di kota besar, AC merupakan perangkat wajib nyaman berkendara. Beberapa faktor seperti suhu udara tinggi dan tingkat keamanan memaksa pengendara harus selalu menutup kaca, tentunya jika dalam waktu yang lama akan terasa pengap.

Ketika kerusakan AC ini terjadi, solusi paling mudah adalah membawa mobil ke bengkel umum dan servis AC mobil atau spesialis AC mobil. Akan tetapi tidak ada salahnya Anda juga mengerti cara kerja AC, hingga paling tidak Anda juga bisa menduga penyebab penyakit yang terjadi pada AC mobil.

Kerusakan umum pada komponen AC mobil

  • Kondensor; bertugas mengubah wujud freon dari gas ke cair sekaligus mendinginkannya dibantu kipas mesin atau kipas elektrik plus udara dari depan saat mobil berjalan. Kerusakan umum bocor akibat pemakaian atau tabrakan, pada sebagian kasus bisa mampat.
  • Kipas kondensor; bertugas mengalirkan udara agar kondensor mampu mendinginkan refrigerant yang panas di dalamnya. Pada sebagian mobil, kipas pendingin kondensor ini menyatu dengan kipas pendingin mesin. Kerusakan umum yang terjadi adalah tidak mau berputar atau putaran lemah.
  • Kompresor; bertugas sebagai pompa tekanan tinggi yang menekan freon mengalir di sistem AC. Kompresor digerakkan oleh mesin, sehingga memberi beban tambahan pada mesin. Tekanan tinggi yang dialami refrigerant akan membuat suhu menjadi panas sehingga perlu didinginkan oleh kondensor. Kerusakan umum kebocoran pada sil dan gasket, atau bisa juga kompresinya lemah akibat sudah lama dipakai.
  • Evaporator; bertugas sebagai perantara antara refrigerant dan udara. Melalui bantuan evaporator, refrigerant¬† dapat menyerap kalor di udara yang melewati evaporator. Komponen ini akan terasa dingin jika dipegang, terkadang menghasilkan embun yang menetes di bawah mobil saat AC hidup. Kerusakan umumnya adalah kebocoran.
  • Katup ekspansi; bertugas mengubah wujud refrigerant dari cair menjadi gas, dan mengalirkan refrigerant¬† yang sudah berbentuk gas sehingga mampu menyerap kalor di senarnya. Kerusakan yang sangat mungkin terjadi ialah kondisi mampat atau bocor.
  • Dryer; bertugas sebagai saringan refrigerant sehingga kebersihannya terjaga dan tidak membuat komponen lain mampat. Kerusakan umum yang terjadi adalah kondisi mampat. Evaporator harus dibongkar dan diberi tekanan udara sambil direndam dalam air. Jika ada gelembung berarti ada bocor.

Segera panggil bengkel spesialis AC mobil atau pergi ke servis AC mobil kepercayaan Anda untuk memperbaiki berbagai kerusakan umum yang terjadi pada komponen-komponen tersebut.

Nah, itulah ulasan terkait Solusi Servis Komponen AC Mobil. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

servis AC mobil

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya servis AC mobil di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan servis AC mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9632

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!