📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Fungsi Kunci Kontak Mobil

fungsi kunci kontak mobil

Fungsi kunci kontak mobil adalah untuk menyalakan dan mematikan mesin mobil. Artikel ini menjelaskan pengertian dan fungsi detail dari setiap terminal pada kunci kontak mobil.

Fungsi kunci kontak mobil adalah kunci yang memiliki peran vital dalam menghidupkan dan mematikan mesin mobil.

Ini bukan hanya tentang pengoperasian, tetapi juga menghubungkan arus listrik ke berbagai komponen dalam kendaraan. Mari telaah perannya yang tak tergantikan dalam dunia otomotif.

Fungsi kunci kontak mobil semakin hari dunia akan terus berkembang mengikuti zaman. Banyak orang orang berinovasi menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati banyak orang.

Salah satu karya inovasi manusia yang sampai saat ini masih bertahan adalah di bidang otomotif. Mobil adalah salah satu contoh hasil karya manusia yang dampaknya kita rasakan.

Di dalam mobil sendiri terdapat banyak bagian bagian mobil yang kita akan bahas adalah mengenai fungsi kunci kontak pada mobil.

Pada umumnya fungsi kunci kontak mobil memang banyak sekali fungsinya. Disini kita akan mulai terlebih dahulu maksud pengertian dari kunci kontak.

Definisi kunci kontak adalah sebuah rangkaian  penguncian yang berada di dalam mobil yang terhubung dengan ignition switch.

Pada dasarnya fungsi kunci kontak mobil adalah untuk menyalakan dan mematikan mesin pada saat mobil akan dijalankan.

Fungsi Kunci Kontak Mobil

fungsi kunci kontak mobil

Disini akan dijelaskan secara rinci fungsi kunci kontak mobil. Berdasarkan pengertian kunci kontak itu sendiri dengan sambungan ignition switch.

Maka fungsi kunci kontak mobil itu sendiri berfungsi sebagai menghubungkan serta mematikan arus listrik yang berada di dalam rangkaian mobil.

Penjelasan kunci kontak secara rinci

Pada bagian kunci Kunci kontak dalam mobil biasanya selalu memiliki 3 atau lebih terminal. Terminal utama pada kunci kontak adalah terminal B yang dapat  dihubungkan langsung ke baterai.

Selain pula terdapat juga terminal IG/ON yang dapat dihubungkan ke koil pengapian dan beban. Ada juga beberapa hal lain yang membutuhkannya. Lalu yang terakhir ada terminal ST yang dapat dihubungkan ke selenoid starter.

Selain itu, juga terdapat ada terminal nomor empat (4) yang ada di dalam sistem kerja kunci kontak.  Pada nomor empat (4) disebut juga sebagai terminal ACC.

Kunci kontak pada sistem produk Jepang terminal biasanya fungsi kunci kontak mobil ditandai pada huruf alphabet yang berarti huruf B artinya baterai, IG artinya ignition, ST artinya starter dan juga ACC yang artinya accessories.

Namun pada produk kendaraan Eropa ditandai dengan huruf yaitu 15 artinya baterai, 15 artinya ignition dan 50 artinya starter atau selenoid.

Posisi posisi terminal pada kunci kontak

Selanjutnya, kita akan membahas posisi posisi pada terminal kunci kontak. Posisi kunci kontak pada mobil biasanya dapat anda rasakan ketika anda sedang mengendarai mobil anda.

Tetapi mungkin ada belum mengetahui komponen-komponen apa saja yang terdapat dalam fungsi kunci kontak mobil ada.

Disini, kita akan menjelaskan komponen-komponen apa saja yang ada didalam kunci kontak pada mobil anda.

1.IG/ON

Yang pertama kita akan bahas adalah mengenai IG/ON. Ketika anda memasuki terminal IG/ON ini akan membuat posisi pada baterai/aki pada mobil kita akan menghubungkan listrik pada rangkaian mesin yang ada di dalam mobil.

Selain itu, baterai IG ini juga dapat mengaktifkan komponen pada kendaraan, mulai dari bahan bakar dan lain sebagainya. Dan juga beberapa lampu indikator di dalam dashboard mobil juga akan menyala.

2.LOCK

Berdasarkan namanya yaitu LOCK artinya adalah mengunci dimana posisi terminal kunci kontak yang membuat setir mobil tidak bisa diputar.

Pada bagian lock ini pula terdapat fungsi mendasar seperti seluruh daya listrik yang akan di salurkan ke perangkat mobil akan terputus, jadi mobil sudah terhitung akan mati total.

3.ACC

Selanjutkan kita akan membahas mengenai ACC. Singkatan dari ACC adalah accessories yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai aksesori.

Pada saat kunci mobil diputar ke posisi terminal ACC, maka aki atau baterai akan menghubungkan arus listrik ke berbagai aksesori pada mobil kita. Tetapi pada saat posisi ini mobil kita tidak menyala, kita tetap bisa menyalakan radio pada mobil kita.

4.ST

Dan yang terakhir ada ST. ST merupakan arti dari akronim yang berasal dari starter. Dari sini sudah jelas bahwa fungsi ST itu sendiri adalah ketika anda memutar kunci mobil anda ke terminal ST, maka aki atau baterai terhubung dengan motor starter.

Lalu ada gerakan berputar dari motor starter sehingga membuat mesin pada mobil anda hidup, namun setelah mesin pada mobil hidup maka posisi kunci mobil anda akan kembali lagi ke posisi IG/ON.

Mengenai fungsi kunci kontak mobil yang dijelaskan

Berdasarkan di atas tadi sudah dijelaskan mulai dari pengertian fungsi kunci kontak mobil itu sendiri, lalu dijelaskan pula fungsi fungsinya secara dasar maupun serinci rincinya.

Disini kami berharap kalian semua bisa mengerti apa maksud dari fungsi kunci kontak mobil. Selanjutnya jika anda semua paham tentang yang sudah saya jelaskan diatas.

Namun anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang seputar otomotif misalnya tentang perawatan mobil atau tempat perawatan mobil yang bagus, disini saya akan memberikan info tentang tempat khusus atau yang biasa disebut bengkel untuk melakukan perawatan mobil anda.

Pada dasarnya mobil adalah sebuah alat tranportasi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari, biasanya sebuah mobil juga memerlukan perawatan agar fungsi dari mobil tersebut tetap terjaga.

Biasanya hal yang paling sering dilakukan perawatan mobil pada umumnya adalah mengganti oli pada mobil. Hal ini biasanya dilakukan agar mesin mobil tetap berjalan secara optimal dan lancar.

Namun terkadang kita masih bingung memilih oli mana yang terbaik untuk melakukan perawatan pada mobil kita, disini saya akan merekomendasikan produk oli yang bernama oli 9 Circle.

Produk oli ini adalah sebuah produk yang di datangkan langsung dari luar negeri lebih tepatnya di datangkan langsung dari Jerman. Produk ini memiliki standar internasional yang pastinya sudah teruji hasilnya dan aman bagi mobil anda.

Dibaca Juga: 7 Tanda Lampu Indikator Kunci Menyala dan Maknanya

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai fungsi kunci kontak mobil, dimana fungsi kunci kontak mobil itu sendiri pada dasarnya adalah untuk menyalakan dan mematikan mesin pada mobil.

Selain itu juga seperti yang sudah dijelasan bahwa fungsi kunci kontak mobil memiliki komponen-komponen yang terdapat di dalam terminal mobil.

Diharapkan para pembaca dapat memahami isi dari artikel ini, selain itu pula kami merekomendasikan sebuah bengkel yang bernama dokter mobil dengan produk olinya yang bernama oli 9 circle yang sudah berteknologi canggih dengan standar internasional.

Perbedaan dan Perawatan Kunci Kontak Mobil

1. Perbedaan Fungsi Kunci Kontak:

Kunci kontak mobil dengan sistem huruf dan angka memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menghidupkan dan mematikan mesin mobil. Berikut perbedaannya:

Sistem huruf:

  • P (Park): Posisi untuk parkir mobil.
  • R (Reverse): Posisi untuk mundur.
  • N (Neutral): Posisi netral.
  • D (Drive): Posisi untuk maju.

Sistem angka:

  • 0 (Off): Posisi untuk mematikan mesin.
  • 1 (Accessory): Posisi untuk mengaktifkan aksesoris mobil seperti radio.
  • 2 (On): Posisi untuk menyalakan mesin tanpa menghidupkan starter.
  • 3 (Start): Posisi untuk menghidupkan mesin.

2. Pengaruh Perawatan Mobil terhadap Kunci Kontak:

Perawatan mobil yang baik dapat memperpanjang usia pakai kunci kontak mobil. Berikut beberapa tips:

  • Gunakan kunci kontak dengan hati-hati: Hindari memutar kunci kontak dengan paksa.
  • Pastikan kunci kontak selalu bersih: Bersihkan kunci kontak secara berkala dengan kain kering.
  • Lumasi kunci kontak secara berkala: Gunakan grafit bubuk atau semprotan khusus untuk melumasi kunci kontak.

3. Rekomendasi Oli 9 Circle dan Kinerja Mesin:

Oli 9 Circle diformulasikan khusus untuk meningkatkan kinerja mesin mobil. Berikut beberapa alasan dan pengaruhnya:

  • Teknologi Nano Ceramic: Melindungi mesin dari gesekan dan keausan.
  • Ester Technology: Meningkatkan stabilitas oli dan menjaga performa mesin.
  • Full Synthetic: Memberikan performa optimal pada temperatur tinggi.

Pengaruh oli 9 Circle pada kinerja mesin:

  • Meningkatkan akselerasi dan tenaga mesin.
  • Menghemat bahan bakar.
  • Memperpanjang usia pakai mesin.

Catatan:

Selalu gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.
Lakukan perawatan mobil secara berkala di bengkel resmi.

Referensi:

https://www.doktermobil.com/oli-9-circle/

https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/1bVVMMQb-trik-merawat-kunci-kontak-biar-tak-mudah-longgar

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form