New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Tanda Mobil Pincang dan Penyebabnya, Bahaya Gak Sih?

Tidak hanya brebet dan ngelitik, nyatanya tanda mobil pincang juga kerap dikeluhkan oleh sebagian pengguna mobil. Memang kerusakan bisa datang kapan saja terlebih ketika sedang berkendara jauh. Sudahkah anda merasakan tanda mobil pincang ?

Mungkin tanpa disadari mobil yang sudah tidak nyaman dikendarai menjadi pertanda mesin mobil sudah bermasalah. Apakah berbahaya? Ingat ya, dapat dikatakan berbahaya jika anda biarkan gejala ini dalam waktu lama, salah satunya menunda mencari tahu penyebab serta solusi konkrit. Jangan anggap sepele tanda mobil pincang dibawah ini jika anda tidak mau kerusakan semakin melebar ke komponen lainnya.

Mobil Bergetar Tanda Mobil Pincang

Umumnya tanda mobil picang dapat dikenali dengan getaran pada mesin. Sebagian kasus, getaran tidak berlangsung lama dan berhenti dalam beberapa detik, namun jika dibiarkan lebih lanjut tentu akan berdampak pada kerusakan part lainnya. Sebaiknya jangan anggap remeh. Kondisi ini merupakan respon mesin terhadap indikasi kerusakan yang terjadi.

Lantas apa penyebabnya? Penyebabnya tidak lain dipicu oleh sistem ruang pembakaran yang sedang mengalami permasalahan. Ulasan selengkapnya dibawah ini;

1. Busi Bermasalah

Penyebab pertama yakni busi yang sudah bermasalah. Faktornya bisa jadi karena sudah menumpuk kotoran atau umur busi yang sudah terlampau lama.

Umumnya, pergantian busi dilakukan ketika telah menempuh jarak 20 ribu kilometer. Lain halnya dengan busi berjenis Elektroda Ground Platinum dengan kandungan logam mulia ganda, biasanya dapat bertahan hingga 100 ribu kilometer.

Oleh sebab itu sebaiknya periksalah busi dan amati secara seksama. Jika bus kotor, sebaiknya bersihkan busi secara keseluruhan dengan menggunakan cairan khsusus berjenis carbon cleaner. Namun jika masih nihil, maka solusinya ganti busi.

2. Koil Rusak

Selanjutnya, penyebab yang paling melekat mobil pincang yakni koil yang sudah rusak. Umumnya jumlah koil sebanyak 4 koil. Kinerja koil ibaratkan teamwork, jika salah satunya mengalami kerusakan maka kinerja koil lainnya ikut terganggu. Alhasil koil lainnya membutuhkan tenaga ekstra agar mesin dapat bekerja. Imbasnya mobil menjadi pincang.

Oleh sebab itu sebaiknya segera ganti koil yang rusak. Namun jika ingin mendapatkan performa kendaraan lebih nyaman, tidak ada salahnya untuk mengganti koil secara keseluruhan.

3. Ruang Bahan Bakar Kotor

Selanjutnya, penyebab mobil menjadi pincang juga disebabkan oleh ruang bahan bakar yang terganggu. Umumnya terdapat indikasi penumpukan kotoran yang diakibatkan kerak karbon sisa residu pembakaran. Tidak hanya pincang, namun tenaga mobil juga ikut terhambat sehingga mobil menjadi loyo saat digunakan.
Nah, solusinya yakni lakukan tune up guna membersihkan ruang bahan bakar dari  kerak karbon secara menyeluruh. Tidak hanya membuat mobil bebas kerak karbon, namun manfaat lainnya yang dapat anda rasakan yakni hemat bahan bakar serta semakin bertenaga.

Nah kalau tanda mobil pincang dan penyebabnya versi mobil anda yang mana nih? Yuk ketahui penyebab selengkapnya dengan melakukan check up di Dokter Mobil secara gratis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!