New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Wajib Coba 5 Tips Meningkatkan Performa Mesin Mobil Anda

Siapa yang tidak kesal ketika dilanda mobil lemot? Beberapa tips meningkatkan performa mobil bisa anda lakukan untuk mendapatkan tenaga lebih bertenaga meski hasilnya tidak semaksimal perawatan bengkel. Namun sekelumit tips berikut ini juga sangat cocok dijadikan sebagai perawatan rutin agar terhindar dari tenaga loyo.

Berikut tips meningkatkan performa mesin mobil selengkapnya dibawah ini;

1. Pakai Oli Berkualitas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa oli berkualitas dapat meningkatan tenaga mobil. Kualitas oli tidak terlepas dari merk dan tingkat kekentalan maupun keenceran yang didasarkan pada jenis mesin mobil.

Namun, hal ini tidak berarti jika anda tidak rutin mengganti oli secara berkala. Sudah tahu belum dampak yang ditimbulkan akibat telat ganti oli? Bisa saja mobil menjadi knocking hingga berujung overheat.

Baca Juga : Ini Cara Kuras Oli Mobil dengan Alat Canggih Dokter Mobil 

2. Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Umumnya, kebiasaan masyarakat kita kerap menggunakan bensin subsidi yakni sekelas pertalite atau premium. Tahukah anda dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan bakar dengan kualitas subsidi?

Bahan bakar jenis pertalite memiliki nilai oktan RON sebesar 90, sedangkan pertamax berkisar 92. Semakin tinggi nilai oktan maka dipastikan bensin tersebut sudah melalui proses penyaringan berlipat dalam menyaring kotoran pada bensin.

Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan bakar dengan kualitas rendah yakni timbul knocking atau ngelitik, hingga dapat berujung overheat.

Masih mau menggunakan bensin murah?

3. Pastikan Ruang Bahan Bakar Bersih

Selanjutnya, tips yang dapat anda lakukan yakni memastikan ruang bahan bakar atau pengapian dalm kondisi bersih. Mengapa?

Seiring dengan tingkat intensitas penggunaan mobil, maka dapat memicu pengendapan kerak karbon dalam ruang bahan bakar. Semakin banyak kotoran maka tenaga menjadi terhambat, terlebih jika filter udara juga sudah dipenuhi endapan kotoran.

Solusinya antara lain anda harus membawa ke bengkel untuk dilakukan proses tune up. Tune up merupakan servis pembersihan saluran ruang bahan bakar, diantaranya pembersihan busi, koil, injektor, throttle body, filter udara, dan masih banyak lainnya. Dijamin, tenaga akan kembali terasa dan efisien bahan bakar.

4. Gunakan Ban Asal Pabrikan

Coba periksa ban mobil anda, apakah sudah pernah diganti dengan ban tampak modifikasi? Semakin lebar tapak dan ukuran ban, imbasnya laju tenaga mobil menjadi lebih lambat sebab gaya yang diberikan jauh lebih besar.

Ada baiknya untuk beralih kembali menggunakan ban asal pabrikan sesuai rekomendasi produsen mobil. Pilihlah jenis ban yang ukurannya lebih kecil dan velg yang ringan. Tujuannya agar mesin mobil tidak memikul beban yang terlalu berat untuk memutar ban mobil.

5. Rajin Melakukan Perawatan Servis 

Tips terakhir yang dapat anda lakukan yakni rajinlah melakukan perawatan servis ke bengkel mobil spesialis.

Semahal apapun oli yang digunakan, sebagus apapun bensin yang digunakan, jika tidak diimbangi dengan perawatan berkala maka sia-sia. Sebab ada beberapa perawatan yang tidak bisa anda lakukan sendiri. Dengan bantuan tools canggih serta mekanik berpengalaman, maka mobil dapat didiagnosa kerusakan sedini mungkin agar tidak merenggut kenyamanan performan berkendara.

Nah itulah ulasan tips meningkatkan performa mobil yang dapat anda lakukan. Semoga dapat dijadikan rekomendasi dan acuan dalam melakukan perawatan mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!