📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Solusi saat AC Mobil Mengeluarkan Air

AC Mobil Mengeluarkan Air

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

AC Mobil Mengeluarkan Air adalah masalah yang cukup buruk bagi setiap pengendara ,Bagi Sebagian orang berkendara adalah hal yang sangat penting, semua hal dapat menjadi berpengaruh Ketika anda berkendara, untuk itu kenyamanan berkendara sangat penting bukan untuk para pecinta otomotif saja namun untuk setiap pengendara lainya.

Salah satu faktor kunci dalam kenyamanan berkendara selain mesin dan performa adalah suasana dalam mobil, saat suasana panas di jalan ,AC Menjadi salah satu faktor yang membuat anda lebih nyaman dalam berkendara.

Namun terkadang terjadi kendala  ac mobil mengeluarkan air akan sangat mengganggu selama perjalanan, perlu diketahui bahwa AC juga memiliki sistem yang berperan dalam komponennya, untuk itu anda harus mengenal komponen ac mobil terlebih dahulu.

Komponen AC mobil

AC Mobil Mengeluarkan Air

Sebagai pengendara yang baik, anda seharusnya bukan hanya bisa merawat bagian luar dari mobil anda namun juga anda harus memahami setiap bagian di luar maupun di dalam mobil, dan ac adalah salah satunya, sebelum membahas masalah AC Mobil mengeluarkan air, anda juga sebaiknya mengetahui dulu apa saja komponen internal dari ac mobil

1.Kompresor

Kompresor adalah komponen utama pada kerja ac mobil, kompresor ini berperan sebagai pemompa freon untuk disalurkan ke semua bagian penting ac, jika kompresor ini mengalami masalah maka freon tidak akan bisa terpompa, yang berarti ac tidak akan berfungsi dengan baik lagi.

Kompresor sendiri juga memiliki bagian didalam nya yaitu bagian saluran hisap dan saluran buang, kedua saluran ini akan bekerja sama untuk memompa ke bagian kondensor, namun pada perbedaan nya, bagian hisap memiliki tekanan yang lebih rendah daripada buang karena akan langsung berhubungan dengan kondensor.

2.Kondensor

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Kondensor juga sama sama penting seperti Kompresor, Kondensor memiliki fungsi untuk membuang hawa panas dari freon sehingga hanya hawa dingin yang dapat anda rasakan saat berkendara, kondensor juga bekerja sama dengan cooling fan dalam membuang hawa panas dari Freon.

  1. Receiver Dryer

Bagian ini juga memiliki fungsi yang cukup penting yaitu untuk menyaring semua kotoran yang masuk ke dalam sistem ac, karena sistem AC jika terlalu kotor maka proses mesin di dalamnya akan terhambat, untuk itu Receiver dryer ini sangat penting.

4.Expansion Valve

Bagian yang satu ini adalah bagian yang berperan untuk mengubah freon yang cari menjadi gas, seperti yang kita semua ketahui bahwa freon memiliki 2 bentuk yaitu freon cari dan freon gas, terkedang pada mobil freon cair akan keluar dari mesin nya sehingga expansion valve lah yang berperan untuk merubah kembali freon cair itu menjadi gas melalui proses spraying.

5.Evaporator

Komponen ini berfungsi untuk menampung udara freon yang telah melalui proses spraying pada expansion valve, dan udara sejuk dari freon kali ini akan dialirkan menuju seluruh bagian mobil, bagian ini namun terkadang rentan terhadap kotoran.

Saat tersumbat kotoran yang terlalu banyak maka saluran nya akan tersumbat dan freon akan menumpuk, saat menumpuk dan mencair maka akan keluar air dari bagian ini sehingga menimbulkan masalah pada mobil.

Itulah beberapa komponen AC Mobil yang harus anda ketahui, sekarang kita harus mengetahui apa masalah yang terjadi di dalam komponen AC sehingga menyebabkan AC Mobil mengeluarkan air, ini adalah beberapa alasan mengapa AC Mobil mengeluarkan air.

Alasan AC Mobil Mengeluarkan Air

1.Banyak nya kotoran di dalam filter ac mobil sehingga menyebabkan tersumbatnya evaporator, hal ini juga akan membuat, air menetes Ketika evaporator yang membeku segera mencair, hal ini dapat diatasi dengan melakukan pembersihan secara berkala untuk bagian filter pada komponen AC mobil

Kerusakan pada bagian ini juga memiliki hubungan dengan saluran pembuangan nya, saat salutan pembuangan tersumbat oleh kotoran dan semacamnya, maka saluran pembuangan ini tidak akan berfungsi dengan baik, salah satu cirinya adalah saat air menetes dari bagian kolong mobil.

2.Pengunaan yang terlalu panjang

Saat berada dalam perjalanan yang panjang anda juga pasti ingin merasa nyaman selama perjalanan, namun ac juga memiliki kapasitas pengunaan nya sendiri, karena jika digunakan terlalu lama ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen ac dan membuat masalah AC Mobil mengeluarkan air.

Anda disarankan untuk segera mematikan ac bila sedang beristirahat dalam berkendara, juga sebenarnya pengunaan ac yang berlebihan dapat menyebabkan tenaga dan performa mobil menjadi berkurang, untuk itu saat anda berada dalam tanjakan yang curam sehingga membutuhkan tenaga yang lebih, mematikan mesin ac dapat menjadi solusi yang tepat.

Itulah beberapa masalah yang ada pada komponen mesin ac sehingga kita sebagai pengendara harus menjaga Kesehatan komponen mesin ac mobil kita agar tidak memiliki masalah pada AC Anda.

Dibaca Juga:Blower AC Mati? Inilah Penyebab dan Solusi Mengatasi

Cara Mencegah AC Mobil mengeluarkan air

Kita juga dapat melakukan pencegahan agar AC Mobil mengeluarkan air, berikut adalah beberapa acara yang bisa kita lakukan.

1.Pertama kita bisa memastikan agar kondisi mobil kita tidak berdebu dan higenis, karena ac akan tersumbat bila dalam mobil kita terdapat banyak kotoran, untuk itu pastikan untuk mencuci mobil anda secara berkala, dan selalu higenis dalam menjaga kebersihan mobil.

2.Kedua kita bisa membersihkan komponen ac secara berkala, yang harus dibersihkan terutama adalah kondensor, evaporator dan filter ac karena kedua komponen ini cukup rawan terhadap debu sehingga harus sering sering dibersihkan.

Ketiga komponen ini juga lah yang sering menjadi alasan mengapa AC Mobil mengeluarkan air, untuk itu pastikan untuk membersihkan nya secara berkala.

3.Menservis secara berkala untuk menjaga performa ac mobil

Untuk mencegah AC Mobil mengeluarkan air, sebenarnya cara yang paling tepat adalah untuk membawanya ke bengkel dan melakukan servis namun terkadang, biaya servis bengkel ini cukup mahal dan anda harus juga memperhatikan kualitas dari bengkel tersebut karena tidak semua bengkel memiliki kualitas yang baik secara pengerjaan maupun sertifikasi.

Untuk itu kita bisa mendatangi bengkel mobil yang terpercaya seperti Dokter Mobil, di Dokter Mobil pelayanan yang dilakukan sangat bagus, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi tentang kualitas dari bengkel yang satu ini.

Sebaiknya juga kita mendatangi Dokter Mobil secara berkal untuk menjaga AC kita agar selalu sehat, performa nya baik, dan tidak mengalami AC Mobil mengeluarkan air.

AC Mobil mengeluarkan air adalah maslah yang sudah klise yang dialami oleh para pengendara untuk itu anda jikalau mengalami masalah yang serupa bisa melakukan beberapa hal seperti memperhatikan komponen ac mobil yang rentan terhadap kotoran, juga memperhatikan filter ac.

Setelah mengetahui sumber penyumbatan anda dapat membersihkan nya secara berkala namun ada baiknya juga untuk anda melakukan check up ac ke bengkel dan jangan lupa untuk datang ke bengkel mobil yang sangat berkualitas yaitu Dokter Mobil, disini anda akan mendapatkan pelayanan yang maksimal dan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *