🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Cara Merawat Evaporator AC Mobil Agar Tetap Terjaga dan Dingin

Merawat Evaporator AC Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Mobil dibuat dengan berbagai parts mobil yang sangat penting. Salah satu parts yang penting ini yaitu evaporator AC mobil yang harus dirawat dan dibersihkan secara rutin dengan baik. Perawatan yang baik ini bisa anda lakukan dengan mengetahui cara-cara untuk membersihkannya secara bersih.

Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan terkait komponen itu. Mulai dari fungsi evaporator tersebut dan jenis lainnya. Hingga cara kerjanya. Kondisi AC mobil yang rutin dibersihkan dan juga dijaga kebersihannya  akan membuat ac mobil anda akan selalu dingin dan juga segar. Tidak ada udara yang kotor masuk ke mobil anda. Karena itu sangat berbahaya.

Merawat Evaporator AC Mobil

Merawat Evaporator AC Mobil

Untuk mengetahui info selanjutnya tentang evaporator AC mobil simak ulasan berikut ini.

Fungsi Evaporator AC Mobil

Banyak orang yang tidak mengetahui atau awam tentang evaporator AC ini apa si? Apa itu fungsi ini? Fungsi utama evaporator AC mobil ini menyerap udara panas yang ada di kabin mobil lalu kemudia menghembuskan udara dingin kedalam kabin mobil. Namun AC mobil masih memiliki banyak fungsi lainnya yang perlu anda ketahui terkait parts mobil ini, antara lain:

  1. Memastikan Kinerja AC

Fungsi evaporator AC mobil yang pertama adalah memastikan kinerja AC pada mobil ini ada kerusakan atau tidak. Biasanya kerusakan ini bisa dilihat dari udara yang dikeluarkan oleh AC itu sendiri. AC yang mengalami kerusakan biasanya tidak mengeluarkan udara yang dingin. Dengan begitu bisa dapat disimpulkan AC mobil tidak normal harus dilakukan pengecekkan lebih lanjut.

  1. Mengubah Freon

Evaporator AC mobil ini juga mempunyai fungsi lain sebagai pengatur berubahnya freon yang akan ditampung oleh AC mobil itu sendiri dan menjadikannya udara yang dingin. Freon pun akan memompa dan dapat dapat mengatur kecepatan AC dalam mendinginkan kabin mobil anda, bahkan dapat menyentuh suhu hingga lebih atau kurang dari 100 derajat celcius.

Pada saat suhu dalam keadaan maksimum 100 derajat celcius, maka freon akan mengarahkan suhu panas tersebut menuju kondensor dan saat mencapai suhu 60 derajat celcius menggunakan bantuian dari cooling fan untuk bisa menurunkan derajat tersebut.

Kemudian, freon yang cair tersebut akan berubah menjadi gas dan membawa udara yang dingin kedalam kabin mobil anda.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang
  1. Menyakurkan Sirkulasi Udara

Sebagai pusat saluran udara dingin, bisa dibilang evaporator AC mobil mempunyai fungsi untuk menyalurkan sirkulasi udara pada mobil anda. Bahkan parts mobil AC mobil ini dapat memfilter udara yang kotor menjadi bersih, agar pengguna mobil akan menghirup udara yang segar dan aman dari kuman dan kotoran. Hal ini tentunya akan memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil.

Biasanya AC mobil yang kotor cenderung mengganggu proses penyaluran udara yang panas, sehingga membuat aliran sirkulasi udara akan terganggu. Hal ini dapat membuat system pendingin menjadi tidak normal dan tidak optimal Kembali dan terkesan akan membuat AC mobil anda lembab dan bau. Karena itu disarankan untuk melakukan pengecekkan rutin dan merawat AC mobil dengan baik.

Dibaca Juga: Hal Sepele yang Bikin Evaporator AC Mobil Kotor dan Bocor

Jenis Evaporator AC Mobil

Setelah kita telah membahas apa saja fungsi dari evaporator AC mobil, tentu saja kita perlu mengenal lebih lanjut mengenai parts penting mobil yang satu ini, terdapat beberapa jenis AC mobil yang perlu anda ketahui. Antara lain:

  1. Evaporator Plat Fin

Jenis ini dengan bentuknya yang lebih pipih dan biasanya berbahan dasar logam. Apalagi dengan adanya FIN, FIN memiliki sirip di bagiannya, maka biasanya sudah tersusun dengan rapi agar tampak sejajar. Fungsinya sama dengan AC yang lainnya, hanya saja tampilan dari FIN ini menarik.

  1. Evaporator Serpentine

Selain Plat FIN, ada pula jenis yang lainnya. Karena setiap mobil atau merek mobil itu mempunyai yang berbeda-beda. Kita akan membahas serpentine. Bentuknya ini melengkung dan hamper menyerupai huruf S, sedangkan bentuk tabungnya ini seperti pada umumnya.

  1. Evaporator Drawn Cube

Terakhir yaitu jenis Drawn Cube bisa anda temukan dimana-mana. ini bisa dikatakan sebagai yang paling umum dipakai di mobil zaman sekarang. Bentuknya hampir menyerupai plat FIN, namu pada Drawn Cube sirip yang dimilikinya lebih pipih dan terbuat dari logam.

Selain itu, bentuknya itu berlubang dan sangat bagusdigunakan untuk alat sirkulasi udara yang bisa menghembuskan udara dengan blower dengan sangat mudah. Lalu, udara yang dihasilkan untuk AC anda akan lebih dingin dan akan menyegarkan.

Cara kerja evaporator

Jangan hanya mengetahui fungsi dan jenis AC mobil saja, namun anda harus mengetahui cara kerja AC mobil agar nantinya anda mengerti apabila AC mobil mengalami kerusakan atau kesalahan didalamnya. Lalu bagaimanakah cara kerja evaporator AC mobil ini? Cara kerja parts evaporator AC mobil ini mengikuti bagaimana pekerjaan yang dilakukan oleh freon pada system AC mobil.

Cara kerja AC mobil ini diketahuin jika freon mengalami tekanan dan menurunkan melalui katup ekspansi, maka nantinya temperature pada mobil ini bisa turun hingga -30 derajat celcius.

Lalu, freon akan menghembuskan udara kedalam saluran AC mobil, hingga membentuk gas. Tidak sampai situ saja, butiran gas yang telah di hembuskan oleh freon akan menempel di dinding tup dan akan dihembuskan melalui blower. Dari blower sinilah udara dingin akan melewati sirip AC mobil menjadi suhu dingin.

Saran dari kami segera merawat evaporator AC mobil anda karena jika tidak terawat bisa jadi udara yang anda hirup di dalam mobil itu sangat kotor dan tidak sehat untuk Kesehatan tubuh anda. Apalgi anda yang sering membawa keluarga anda di dalam mobil ini. Cara merawat evaporator itu bisa dengan berbagai cara bagi anda yang tidak mau ribet anda bisa membawanya ke bengkel mobil terdekat dengan anda.

Dokter Mobil merupakan bengkel AC mobil terbaik yang ada di Indonesia sudah mempunyai 20 cabang lebih. Anda bisa menemukannya dengan cara menelusuri website ini dan juga bisa langsung menghubungi CS Dokter Mobil dengan cara (klik disini). Di Dokter Mobil juga anda bisa mendapatkan free general check up mobil anda. Karena itu seperti yang kita bahas tadi anda perlu memeriksa kendaraan roda empat anda dengan rutin Dokter Mobil lah tempatnya.

Selain service AC Dokter Mobil juga mempunyai produk-produk unggulan yang lainnya seperti tune up mobil. tune up mobil ini terbagi menjadi 2 pilihan ada tune up mobil perfomance dan juga tune up mobil ultimate. Lalu di Dokter Mobil juga ada anti karat mobil Rustpro, anti karat mobil ini bergaransi selama 8 tahun jadi mobil anda tidak akan berkarat lebih dari 8 tahun. Lalu Dokter Mobil juga ada Domo Buffer yang bisa membuat mobil anda tidak limbung di jalanan. dan masih banyak produk unggulan lainnya yang dimiliki Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.