📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Istilah CBU dan CKD pada Mobil: Perbedaan hingga Cara Perawatannya

Istilah CBU dan CKD pada Mobil Perbedaan hingga Cara Perawatannya

Jika Anda seorang penggemar otomotif atau bahkan hanya sekadar mencari mobil baru untuk dibeli, mungkin Anda pernah mendengar istilah CBU dan CKD. Dua istilah ini sering digunakan dalam industri otomotif, terutama saat membahas produksi mobil. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah CBU dan CKD? Apa perbedaan antara keduanya? Dan mengapa banyak orang lebih memilih mobil dengan proses produksi CKD? Mari kita bahas lebih dalam tentang istilah CBU dan CKD.

Pengertian CBU dan CKD

BU adalah singkatan dari Completely Built Up, yang berarti mobil sudah dirakit secara lengkap di pabrik asli dan siap untuk dipasarkan. Mobil CBU diproduksi di satu pabrik, di mana semua komponen mobil telah dirakit dan dipasang secara penuh oleh tenaga kerja yang terlatih dan menggunakan suku cadang dari produsen asli.

Proses produksi mobil CBU dimulai dengan pengiriman bahan mentah dari pemasok. Bahan mentah tersebut kemudian diubah menjadi suku cadang yang siap dipasang di mobil. Setelah itu, suku cadang tersebut dirakit dan dipasang di mobil secara lengkap di pabrik asli. Setelah selesai dirakit, mobil CBU menjalani serangkaian pengujian kualitas sebelum dijual ke konsumen.

CKD adalah singkatan dari Completely Knocked Down, yang berarti mobil yang dipasarkan belum dirakit secara lengkap, tetapi telah disiapkan dalam bentuk komponen terpisah. Mobil CKD diproduksi di pabrik yang berbeda-beda dan kemudian dikirim ke negara lain untuk dirakit ulang.

Proses produksi mobil CKD dimulai dengan pengiriman bahan mentah ke pabrik asal. Di pabrik tersebut, bahan mentah tersebut diubah menjadi suku cadang yang siap digunakan. Suku cadang tersebut kemudian dikirim ke negara lain dalam bentuk terpisah, di mana tenaga kerja lokal akan merakit suku cadang tersebut menjadi mobil secara lengkap. Setelah selesai dirakit, mobil CKD juga menjalani serangkaian pengujian kualitas sebelum dijual ke konsumen.

Perbedaan Istilah CBU dan CKD pada Mobil

Ada perbedaan yang mendasar antara mobil dengan istilah CBU dan CKD. Untuk lebih memahami perbedaan istilah CBU dan CKD pada mobil, berikut adalah sisi perbedaan antara satu dengan yang lainnya:

  1. Proses Produksi

Proses produksi mobil CBU dimulai dengan pengiriman bahan mentah dari pemasok. Bahan mentah tersebut kemudian diubah menjadi suku cadang yang siap dipasang di mobil. Setelah itu, suku cadang tersebut dirakit dan dipasang di mobil secara lengkap di pabrik asli. Setelah selesai dirakit, mobil CBU menjalani serangkaian pengujian kualitas sebelum dijual ke konsumen.

Sedangkan proses produksi mobil CKD dimulai dengan pengiriman bahan mentah ke pabrik asal. Di pabrik tersebut, bahan mentah tersebut diubah menjadi suku cadang yang siap digunakan. Suku cadang tersebut kemudian dikirim ke negara lain dalam bentuk terpisah, di mana tenaga kerja lokal akan merakit suku cadang tersebut menjadi mobil secara lengkap. Setelah selesai dirakit, mobil CKD juga menjalani serangkaian pengujian kualitas sebelum dijual ke konsumen.

Biaya produksi mobil CBU cenderung lebih tinggi daripada mobil CKD karena semua komponen mobil telah dirakit di pabrik asli. Sedangkan mobil CKD memiliki biaya produksi yang lebih rendah karena proses produksinya dilakukan di beberapa pabrik yang berbeda-beda, dan suku cadang mobil yang digunakan dalam proses produksinya seringkali lebih terjangkau.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Kualitas

Kualitas mobil CBU lebih terjamin karena telah dirakit oleh produsen asli menggunakan suku cadang yang berasal dari produsen asli. Sedangkan kualitas mobil CKD tergantung pada tenaga kerja lokal yang merakitnya, dan suku cadang mobil yang digunakan mungkin tidak berasal dari produsen asli. Namun, beberapa produsen mobil CKD memiliki sistem kontrol kualitas yang ketat untuk memastikan kualitas mobil tetap terjaga.

  1. Waktu Produksi

Waktu produksi mobil CBU cenderung lebih cepat karena mobil telah dirakit secara lengkap di pabrik asli. Sedangkan waktu produksi mobil CKD lebih lama karena suku cadang mobil harus dikirim ke negara tujuan dan dirakit ulang oleh tenaga kerja lokal.

  1. Biaya Perawatan

Biaya perawatan mobil CBU bisa lebih mahal karena suku cadang yang digunakan mungkin hanya tersedia di dealer resmi. Sementara itu, biaya perawatan mobil CKD cenderung lebih rendah karena suku cadang yang digunakan lebih mudah didapatkan di pasar lokal.

Baca Juga: Besaran Estimasi Biaya Servis Besar Mobil

Mengapa Banyak yang Memilih CKD pada Mobil?

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih mobil CKD adalah karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil CBU. Selain itu, mobil CKD seringkali memiliki biaya perawatan yang lebih rendah karena suku cadang yang digunakan lebih mudah didapatkan di pasar lokal. Hal ini membuat mobil CKD menjadi pilihan yang lebih ekonomis bagi banyak orang.

Selain itu, produsen mobil CKD seringkali memberikan opsi untuk menyesuaikan mobil dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Hal ini membuat pelanggan dapat memiliki mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka tanpa harus membayar harga yang lebih tinggi untuk mobil yang sudah dirakit secara lengkap.

Baik Istilah CBU dan CKD pada Mobil, Pilihan Perawatannya Jelas Hanya di Dokter Mobil!

Meski ada beberapa yang menggunakan mobil CBU dan ada pula yang menggunakan mobil CKD, namun perawatan pada mobil yang prima jelas menjadi pilihan utama agar kondisi mobil selalu terawat sempurna.

Layanan tune up Jet Clean bisa jadi pilihan utama untuk menjaga kondisi mesin mobil, baik mobil dengan istilah CBU dan CKD. Tune up Jet Clean akan membersihkan komponen mobil yang terhubung dengan aktivitas pembakaran mesin, mulai dari tangki bensin hingga catalytic converter. Dengan pembershan komponen mobil tersebut, jelas kondisi mesin mobil pun akan selalu terjaga.

Selain itu, Dokter Mobil juga menghadirkan layanan Cheko untuk memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan. Layanan inspeksi mobil terbaru di Dokter Mobil ini akan memeriksa seluruh komponen mobil, mulai dari mesin, interior, hingga eksterior mobil. Proses pemeriksaan menggunakan peralatan canggih, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga permasalahan mobil sekecil apapun tetap bisa terdeteksi dengan baik di sini.

Banyak dipercaya oleh pengguna mobil hingga bengkel kerap kali dipenuhi antrean, pastikan untuk melakukan reservasi Jet Clean dan Chekko terlebih dahulu via WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau hubungi di sini), sehingga Anda akan langsung diarahkan menuju lokasi cabang Dokter Mobil terdekat tanpa harus menunggu antrean dengan lama.

Akhir Kata

Sekarang Anda telah mengetahui perbedaan antara istilah CBU dan CKD pada mobil, serta alasan mengapa banyak orang lebih memilih mobil CKD. Meskipun mobil CBU memiliki kualitas yang lebih terjamin, mobil CKD menawarkan fleksibilitas dan harga yang lebih terjangkau. Namun, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri sebelum memutuskan untuk membeli mobil istilah CBU dan CKD.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3467

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya