📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Daftar Singkatan Istilah Otomotif Mobil yang Perlu Anda Ketahui

12 Daftar Singkatan Istilah Otomotif Mobil

Pelajari daftar lengkap singkatan istilah otomotif mobil untuk memahami jargon industri secara lebih baik. Dari ABS hingga CVT, temukan arti dan penggunaan singkatan yang umum dalam dunia otomotif.

Apakah Anda sering bingung dengan singkatan istilah otomotif? Berikut adalah daftar singkatan yang umum digunakan dalam dunia mobil.

1. ABS (Anti-lock Braking System):

Sistem pengereman anti terkunci mencegah roda mobil terkunci saat pengereman mendadak, meningkatkan kontrol pengemudi dan mencegah kecelakaan.

2. CVT (Continuously Variable Transmission):

Transmisi variabel kontinu adalah jenis transmisi otomatis yang secara halus mengubah rasio gigi untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

3. ECU (Engine Control Unit):

Unit kontrol mesin mengatur berbagai fungsi mesin seperti pembakaran bahan bakar, pengapian, dan pengendalian emisi.

4. RPM (Revolutions Per Minute):

Putaran per menit mengukur kecepatan putaran mesin, yang penting untuk menentukan performa dan efisiensi bahan bakar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

5. HP (Horsepower):

Tenaga kuda adalah unit ukuran untuk daya mesin, menunjukkan seberapa kuat mesin kendaraan.

Dengan memahami singkatan istilah otomotif mobil ini, Anda dapat mengikuti percakapan tentang kendaraan dan memahami lebih dalam tentang bagaimana mobil bekerja.

Adanya daftar singkatan istilah otomotif mobil ini juga sangat membantu Anda untuk memahami spesifikasi mobil.

Nah, dengan mengetahui beberapa istilah pada mobil, saat membeli mobil Anda akan lebih mudah mengetahui kondisi mobil.

Terlebih saat menjual mobil, Anda akan lebih mudah untuk menjelaskan kondisi mobil secara detail kepada calon pembeli.

Inilah Daftar Singkatan Istilah Otomotif Mobil Perlu Kalian Ketahui

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai daftar singkatan istilah otomotif mobil yang perlu Anda pahami. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Mileage ( jarak tempuh)

Mileage ini merupakan jarak tempuh yang dibutuhkan kendaraan dengan bahan bakar 1 liter. Nah, untuk memastikan jauh tidaknya penggunaan bahan bakar ini tergantung dari umur mobil.

Melihat dari umur mobil, apabila jarak tempuhnya mencapai atau lebih dari 100.000 km dianggap tinggi. Jadi daftar singkatan istilah otomotif mobil yang sering disebutkan.

Apabila jarak tempuh mobil sudah tinggi maka harus segera melakukan service. Pada saat service ini, Anda bisa melakukan pergantian oli, mesin mobil, dan lainnya. mobil tua yang menempuh 100.000 km lebih baik mobil umur 3 tahun dengan jarak tempuh yang sama.

Silahkan untuk lakukan tune up di bengkel Dokter Mobil.

  1. Horsepower (satuan tenaga kuda)

Horsepower atau HP merupakan satuan umum yang digunakan untuk pengukuran daya mesin. Istilah ini sering kali digunakan di dunia otomotif namun memiliki arti yang berbeda di setiap kendaraan.

1 Horsepower setara dengan 75 kilogram-force meter per detik. Sehingga semakin tinggi angka horsepower pada kendaraan, lajunya semakin cepat. Ini jadi daftar singkatan istilah otomotif mobil penting diketahui.

Biasanya ada mobil SUV dengan ukuran lebih besar memiliki mesin 200 horsepower, mobil sedan dengan mesin 120 horsepower, dan mobil kecil dengan mesin 70 horsepower.

  1. Nomor rangka kendaraan

Setiap mobil memiliki identifikasi atau NIK yang unik. Nomot identifikasi ini terdiri 17 karakter yang memadukan angka dan huruf.

Pada nomor rangka kendaraan ini menyimpan banyak informasi mengenai sejarah mobil, spesifikasi, dan lainnya. Nomor rangka ini bisa Anda temui di bagian pintu pengemudi, dasbor, dan di kursi penumpang depan.

  1. Filter udara

Adanya filter udara adalah untuk menjaga kondisi mobil tetap aman dan nyaman saat berkendara. Jadi dengan adanya filter udara ini akan membuat mesin tetap bersih bebas kotoran.

Baca Juga : Tempat Service AC Mobil Mati yang Terbaik

Nah, dengan udara bersih mesin mobil bisa bekerja lebih efisien dan maksimal. Apabila filter udara sudah kotor maka kinerja mesin menjadi tidak maksimal dan bahan bakar yang digunakan lebih boros.

Nah, untuk mengatasi hal ini Anda bisa membawa mobil ke bengkel umum rasa bengkel resmi seperti Dokter Mobil.

Bengkel mobil ini sudah kaya akan pengalaman dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik pada setiap pelanggannya.

  1. Kekentalan oli (viskositas)

Daftar singkatan istilah otomotif mobil selanjutnya yang harus Anda pahami adalah viskositas oli. Pelumas mobil bisa dilihat berdasarkan viskositas oli atau tingkat kekentalan olinya.

Oli dengan tingkatan viskositas rendah lebih mudah untuk dituangkan pada suhu rendah. Oli dengan kekentalan lebih rendah akan membuat mesih mudah nyala dalam kondisi cuaca dingin.

Sementara oli kental lebih baik dalam mempertahankan tekanan oli pada suhu dan beban yang cukup berat.

Dalam hal ini Anda harus paham mengenai tanda-tanda oli mobil sudah mulai berkurang. Segera lakukan pergantian oli agar mesin mobil bisa melaju secara maksimal.

  1. Rem Mobil

Komponen ini memiliki peranan yang sangat penting pada saat berkendara. Nah, dengan adanya rem Anda akan lebih mudah untuk memperlambat laju mobil. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan dan mencegah terjadinya tabrakan.

Efisiensi  penggunaan rem sangat tergantung dari gaya pengemudinya. Biasanya bantalan rem akan bertahan sampai 80.000 km. Bahkan sekarang sudah ada sinyal untuk memberi tahu pengemudi jika sudah waktunya untuk ganti bantalan rem.

  1. Electronic fuel injection (EFI)

EFI (electronic fuel injection) merupakan komponen penting di mobil yang berperan untuk menggantikan sistem pembakaran konvensional menjadi injeksi elektronik modern. Dipahami untuk daftar singkatan istilah otomotif mobil keluaran tahun terbaru.

Baca Juga : Mobil Bbm Boros Yuk Cek Faktanya

Saat ini mesin mobil yang menggunakan sistem EFI dinilai memiliki nilai efisiensi yang tinggi dibandingkan konvensional. Hal ini dikarenakan tidak ada pemborosan penggunaan bahan bakar pada sistem injeksi.

Sistem injeksi ini akan membuat bensin langsung disemprotkan ke katup mesin dengan injektor. EFI sendiri salah satu istilah yang digunakan pada salah satu perusahaan mobil.

  1. I-DSI

I-DSI (Intelegent Dual Sequential Lgnition) merupakan teknologi yang dipakai pada satu silinder. Daftar singkatan istilah otomotif mobi ini akan menghasilkan pembakaran yang lebih rata dan sempurna. Adanya teknologi ini bisa meminimalisir pembakaran yang kurang sempurna.

  1. DBW (Drive by Wire)

Daftar singkatan istilah otomotif mobil DBW merupakan salah satu teknologi canggih dan modern karena sudah tidak menggunakan kawat gas. Teknologi ini lebih dikenal dengan TAC (Throttle Actuator Control) yang berfungsi untuk menggantikan penggunaan kawat dengan elektrik.

  1. VVT-I

Daftar singkatan istilah otomotif mobil VVT-I (Variable Valve Timming Intelegent) merupakan sistem yang berfungsi untuk mengatur timming membuka dan menutup katup.

Pembukaan katub ini memiliki waktu yang berbeda-beda karena ada cam di poros nok. Penggunaan sistem VVT-I ini bertujuan untuk memaksimalkan udara yang masuk ke silinder.

  1. Bore up dan stroke up

Daftar singkatan istilah otomotif mobil selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah bore up dan stroke up. Bore up sendiri merupakan proses pembesar ukuran piston yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mesin. Nah, dengan penambahan kapasitas mesin ini performa mesin akan meningkat.

Stroke up merupakan sistem yang digunakan untuk memperpanjang langkah piston. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mesin sehingga performa mobil naik secara keseluruhan.

  1. Overheat

Mobil yang tidak bisa distarter bisa jadi sedang mengalami overheat. Kondisi ini biasanya ditandai dengan mesin mobil yang cepat panas saat berkendara. Masalah overheat ini bisa terjadi karena sistem pendingin pada mesin alami kerusakan.

Apabila mobil sering alami overheat maka bisa segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan. Jangan sampai mobil alami turun mesin karena kinerja mesin sudah sangat berat.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/