📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Aki Mobil, Agar Tidak Salah!

5 Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Aki Mobil, Agar Tidak Salah!

Dalam menjaga kesehatan aki mobil, tidak cukup hanya melakukan perawatan dan pengisian ulang secara teratur, namun juga harus memperhatikan masa kadaluarsa aki mobil.

Hal ini perlu diperhatikan karena aki yang sudah melewati masa kadaluarsanya bisa saja mengalami kerusakan dan bahkan bisa menyebabkan mobil mogok.

Oleh karena itu, mengetahui kapan aki mobil perlu diganti menjadi sangat penting. Dengan mengetahui masa kadaluarsa aki mobil, pemilik mobil dapat mengambil tindakan preventif dengan mengganti aki mobil secara tepat waktu sehingga dapat memastikan mobil selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan kapan saja.

5 Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Aki Mobil

Aki mobil merupakan salah satu komponen penting dalam sistem listrik mobil. Aki berfungsi untuk memberikan daya listrik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin mobil dan memasok daya untuk sistem elektronik lainnya.

Namun, aki mobil juga memiliki masa pakai atau masa kadaluarsa. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil, penting untuk mengetahui kapan aki mobil perlu diganti agar dapat menjaga kesehatan aki dan mobil. Berikut adalah lima cara untuk mengetahui masa kadaluarsa aki mobil.

1. Membaca Stiker Kadaluarsa

Stiker kadaluarsa biasanya terdapat pada aki mobil. Pada stiker tersebut terdapat informasi tentang tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa. Cara ini menjadi cara yang paling mudah dan cepat dalam mengetahui masa kadaluarsa aki mobil.

2. Menggunakan Voltmeter

Voltmeter adalah alat untuk mengukur tegangan listrik. Dalam hal ini, voltmeter digunakan untuk mengukur tegangan aki mobil.

Tegangan yang rendah menunjukkan bahwa aki membutuhkan penggantian. Jika hasil pengukuran tegangan aki di bawah 12,2 volt pada suhu 27 derajat Celsius, maka aki membutuhkan penggantian.

3. Melakukan Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik dilakukan dengan melihat tanda-tanda fisik pada aki mobil. Apabila aki terlihat bengkak atau mengalami pembengkakan, maka aki perlu diganti.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Selain itu, apabila aki mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka hal tersebut juga menunjukkan bahwa aki perlu diganti.

4. Mengamati Kinerja Mobil

Mengamati kinerja mobil juga bisa menjadi petunjuk bahwa aki mobil perlu diganti. Jika mesin mobil terasa berat saat dihidupkan atau membutuhkan waktu yang lama untuk hidup, maka hal tersebut menunjukkan bahwa aki mobil membutuhkan penggantian.

5. Menggunakan Aki Tester

Aki tester adalah alat yang digunakan untuk menguji kondisi aki mobil. Dalam hal ini, aki tester digunakan untuk mengukur kapasitas aki. Jika kapasitas aki kurang dari 50%, maka aki mobil perlu diganti.

BACA JUGA: 5 Cara Mengetahui Umur Aki Mobil & Kapan Waktu Gantinya

Mengetahui masa kadaluarsa aki mobil sangat penting untuk menjaga kesehatan aki dan mobil.

Terdapat lima cara untuk mengetahui masa kadaluarsa aki mobil, yaitu membaca stiker kadaluarsa, menggunakan voltmeter, melakukan pemeriksaan fisik, mengamati kinerja mobil, dan menggunakan aki tester.

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya mengetahui cara-cara tersebut agar dapat melakukan tindakan preventif secara tepat waktu.

Berapa Lama Aki Harus di Ganti?

Masa pakai atau masa kadaluarsa aki mobil bervariasi tergantung pada merek dan tipe aki yang digunakan.

Umumnya, aki mobil mempunyai masa pakai sekitar 2 hingga 5 tahun tergantung pada faktor penggunaan dan perawatan yang dilakukan.

Namun, perlu diingat bahwa masa pakai aki tidak selalu sama dengan masa kadaluarsa yang tertera pada stiker pada aki tersebut.

Beberapa faktor yang mempengaruhi masa pakai aki mobil antara lain frekuensi penggunaan mobil, kondisi jalan yang dilalui, suhu lingkungan, perawatan berkala, dan tipe mobil.

Selain itu, perlu diingat bahwa jika aki mobil sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti bocor atau mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka aki perlu segera diganti meskipun masa pakainya belum mencapai 2 tahun.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!