🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Pengertian Pompa Bensin Pada Mobil

Pengertian pompa bensin pada mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pengertian pompa bensin pada mobil secara umum yaitu suatu alat untuk memompa bahan bakar menuju bagian mesin untuk dilakukan proses pembakaran. Pompa bensin ini memiliki peran yang cukup penting keberadaanya. Sehingga, pompa bensin perlu untuk dirawat secara tepat dan teratur agar terhindar dari kerusakan.

Dalam pompa bensin terdapat berbagai macam komponen yang membentuknya. Komponen-komponen tersebut memiliki peran penting dalam proses sistem pembakaran yang terjadi di mesin agar dapat optimal. Di bawah ini merupakan berbagai informasi penting yang perlu kamu ketahui terkait pengertian pompa bensin serta komponen yang membentuknya.

Pengertian Pompa Bensin Pada Mobil Harus Anda Ketahui

Pengertian pompa bensin pada mobil

Pompa bensin atau dikenal juga dengan sebutan fuel pump merupakan salah satu komponen terpenting yang ada dalam setiap kendaraan bermotor seperti mobil. Adapun, pengertian pompa bensin pada mobil yaitu suatu komponen yang memiliki fungsi untuk memompa bahan bakar dari kendaraan bermotor yang berasal dari tangki menuju mesin.

Komponen ini memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung kinerja dari mesin. Ketika terjadi permasalahan pada pompa bensin, maka akan berpengaruh pada kinerja dari mesin. Sehingga, sangat penting untuk selalu menjaga pompa bensin mobil untuk selalu dalam keadaan baik agar mobil tetap bisa digunakan dengan aman dan nyaman.

Pengertian pompa bensin pada mobil juga dibedakan menjadi dua jenis yaitu jenis injeksi dan karburator. Untuk pompa bensin pada mesin injeksi udara dan bahan bakar akan bercampur menjadi satu, selanjutnya akan dipompa secara otomatis oleh sistem injector.

Baca Juga : Bengkel Mesin Mobil Mati Terbaik dan Terpercaya

Kemudian, pengertian pompa bensin pada mobil dengan jenis mesin karburator cukup berbeda dengan mesin injeksi. Pada mobil dengan mesin karburator, bahan bakar akan memompa campuran dari udara dan bahan bakar itu sendiri lewat gerakan piston.

Terdapat berbagai komponen yang terdapat dalam bahan bakar bensin untuk mobil karburator. Di bawah ini merupakan penjelasan lengkap pengertian pompa bensin pada mobil.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Komponen Bahan Bakar Bensin Pada Jenis Mobil Karburator

Setelah mengetahui terkait pengertian pompa bensin pada mobil berikut ini akan dijelaskan mengenai komponen yang terdapat pada pompa bensin untuk jenis mesin mobil karburator. Berikut merupakan berbagai komponen yang terdapat dalam bahan bakar bensin mesin  mobil jenis karburator yang menarik untuk diketahui.

  1.     Karburator

Komponen pertama dari bahan bakar bensin untuk jenis mesin mobil karburator yaitu, komponen karburator. Karburator sendiri merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk mengubah bentuk bensin yang awalnya merupakan cairan, kemudian diubah menjadi bentuk uap atau kabut bensin, lalu akan dimasukan ke dalam mesin ruang bakar.

Karburator tersebut biasanya terletak di dekat komponen intake manifold mobil. Adapun, cara kerja dari karburator ini cukup rumit. Karburator harus mengatur supply atau pemasukan bahan bakar bensin secara efisien juga tepat pada seluruh kondisi kerja mesin. Misalnya, saat idling, saat mesin beban penuh, saat jalan menanjak, saat rpm tinggi, saat menurun, dan saat kondisi lainnya.

  1.     Tangki bahan bakar (fuel tank)

Komponen berikutnya yang terdapat dalam mesin mobil jenis karburator yaitu, tangki bahan bakar atau dikenal juga dengan sebutan fuel tank. Komponen ini biasanya terbuat dari plat baja yang tahan karat atau bisa juga terbuat dari plastic maupun resin. Tangki bahan bakar ini terletak di bagian bawah, belakang, atau tengah mobil.

Tangki bahan bakar memiliki peran sebagai wadah yang menampung bahan bakar yang hendak digunakan atau hendak dialirkan ke mesin juga sebagai wadah yang menampung kembali sisa bahan bakar yang tidak digunakan.

  1.     Pompa bahan bakar (fuel pump)

Selanjutnya, terdapat juga komponen bahan bakar atau dikenal juga dengan sebutan fuel pump atau pompa bensin yang terdapat dalam mesin mobil jenis karburator. Pompa bahan bakar ini memiliki peran sebagai alat untuk memompa dari tangki bahan bakar menuju mesin karburator.

Pada prosesnya, pengertian pompa bensin pada mobil yang ada dalam tangki akan disedot oleh oleh pompa bahan bakar ini, kemudian dipompa keluar melewati saringan bahan bakar untuk dapat menuju karburator. Terdapat dua tipe pompa bahan bakar yang kerap digunakan seperti tipe mekanikal (tipe lama) dan pompa bahan bakar tipe elektrik atau totak (tipe terbaru).

  1.     Saringan bahan bakar (fuel filter)

Komponen berikutnya yaitu, saringan bahan baku. Komponen ini memiliki peran untuk menyaring berbagai kotoran yang ikut mengalir bersamaan dengan bensin dari tangki bahan bakar menuju karburator. Selain untuk menyaring berbagai kotoran, komponen ini juga dapat turut serta menyaring air yang ikut bersama dengan bahan bakar tersebut.

  1.     Selang bensin (fuel delivery line)

Komponen yang berikutnya yaitu, selang bensin atau dikenal juga sebagai fuel delivery line. Komponen selang bensin ini berperan sebagai tempat mengalirnya bahan bakar bensin dari tangki bahan bakar menuju ke bagian karburator atau mesin untuk selanjutnya diproses.

  1.     Charcoal canister

Komponen selanjutnya yang terdapat dalam jenis mesin mobil karburator yaitu, charcoal canister. Komponen ini memiliki peran untuk menampung uap dari bahan bakar yang berasal dari tangki bahan bakar yang kemudian akan dialirkan masuk kedalam ruang bakar untuk selanjutnya diproses.

  1.     Selang pengembali (Fuel return line)

Komponen terakhir yang terdapat dalam mesin mobil jenis karburator yaitu, selang pengembali atau dikenal juga dengan fuel return line. Komponen ini memiliki peran sebagai tempat mengalirnya bahan bakar bensin yang tidak digunakan oleh mesin karburator dan diarahkan kembali menuju ke bagian tangki bahan bakar atau fuel tank.

Lakukan Perawatan Komponen-Komponen Tersebut Secara Rutin Di Bengkel

Setelah paham tentang pengertian pompa bensin pada mobil dan berbagai komponennya yang ada di mesin mobil jenis karburator. Selanjutnya, kamu juga harus tahu terkait cara perawatannya yang harus dilakukan dengan tepat oleh tenaga ahli. Adapun, dua tips yang bisa kamu ikuti dengan mudah sebagai berikut.

  1.     Pilih bengkel yang tepat

Selain mengetahui terkait pengertian pompa bensin pada mobil, kamu juga harus tahu cara melakukan perawatan komponen-komponen mobil dengan mencari bengkel yang tepat agar perawatan dapat dilakukan secara maksimal oleh tenaga profesional. Kamu bisa mencari tahu informasi tersebut lewat mesin pencarian google.

  1.     Lakukan perawatan secara rutin

Kemudian, setelah menemukan bengkel yang tepat seperti misalnya bengkel Dokter Mobil. Selanjutnya kamu perlu melakukan service mobil secara berkala. Service tersebut seperti tone up atau general check up mobil bisa kamu dapatkan di bengkel Dokter Mobil.

Baca Juga : Isi Paket Tune Up Mobil Innova Bensin Diesel dan Harganya

Dengan mengetahui pengertian pompa bensin pada mobil dan berbagai komponen pendukungnya akan menjadikan kamu lebih paham tentang bagian-bagian tersebut. Selain memahami pengertian dan komponen yang di dalamnya, kamu juga perlu tahu terkait cara perawatannya. Pastikan untuk rutin melakukan perawatan mobil di bengkel yang terpercaya. Pasti mobil anda bisa terawat dengan baik dan awet selalu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5674

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.