📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

5 Cara Mengetahui Umur Aki Mobil & Kapan Waktu Gantinya

5 Cara Mengetahui Umur Aki Mobil & Kapan Waktu Gantinya

Mengetahui umur aki mobil serta kapan waktu yang tepat untuk menggantinya merupakan informasi penting bagi setiap pemilik kendaraan. Aki yang sudah tua dapat mempengaruhi performa mobil serta mengakibatkan kerusakan pada sistem listrik kendaraan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda aki yang sudah mulai lemah agar bisa segera diganti sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah. Dengan memahami cara mengetahui umur aki mobil, pemilik kendaraan dapat menghemat biaya perbaikan serta memperpanjang masa pakai aki mobil.

5 Cara Mengetahui Umur Aki Mobil

Sebagai komponen penting dalam sistem listrik kendaraan, aki mobil memiliki masa pakai yang terbatas dan perlu diganti secara teratur. Ada beberapa cara untuk mengetahui umur aki mobil dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.

1. Memeriksa Tanggal Produksi Aki

Cara pertama untuk mengetahui umur aki mobil adalah dengan memeriksa tanggal produksi yang tertera pada aki. Pada umumnya, aki memiliki kode produksi yang terdiri dari huruf dan angka, dimana dua angka pertama menunjukkan tahun produksi dan huruf selanjutnya menunjukkan bulan produksi.

Sebagai contoh, huruf A menunjukkan bulan Januari, B untuk bulan Februari, dan seterusnya. Dengan demikian, pemilik kendaraan dapat dengan mudah mengetahui umur aki mobil dan menentukan apakah sudah waktunya untuk diganti atau tidak.

2. Menggunakan Voltmeter

Cara kedua untuk mengetahui umur aki mobil adalah dengan menggunakan voltmeter. Voltmeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik, dan dapat digunakan untuk mengetahui kondisi aki mobil.

Untuk menggunakan voltmeter, hubungkan kabel positif voltmeter ke terminal positif aki dan kabel negatif ke terminal negatif aki. Kemudian, nyalakan mesin kendaraan dan baca tegangan pada voltmeter. Jika tegangan yang terbaca di bawah 12 volt, maka kemungkinan besar aki sudah mulai lemah dan perlu diganti.

3. Memeriksa Warna Indikator

Cara ketiga untuk mengetahui umur aki mobil adalah dengan memeriksa warna indikator aki. Pada umumnya, aki mobil dilengkapi dengan indikator yang menunjukkan kondisi aki. Jika warna indikator berwarna hijau, maka aki dalam kondisi baik. Namun, jika warna indikator berubah menjadi hitam atau abu-abu, maka aki sudah mulai lemah dan perlu diganti.

4. Memeriksa Kondisi Terminal Aki

Cara keempat untuk mengetahui umur aki mobil adalah dengan memeriksa kondisi terminal aki. Terminal aki yang bersih dan bebas dari korosi menunjukkan bahwa aki dalam kondisi baik. Namun, jika terdapat tanda-tanda korosi atau karat pada terminal aki, maka kemungkinan besar aki sudah mulai lemah dan perlu diganti.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

5. Memeriksa Performa Aki Mobil

Cara kelima untuk mengetahui umur aki mobil adalah dengan memeriksa performa aki mobil secara keseluruhan. Jika aki sudah mulai lemah, maka performa mobil akan menurun, terutama saat mesin dinyalakan atau saat menghidupkan lampu kendaraan.

Pada beberapa kasus, aki yang sudah lemah bahkan dapat menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba. Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan performa aki mobil untuk mengetahui apakah sudah waktunya untuk diganti atau tidak.

BACA JUGA: 5 Cara Cek Kondisi Aki Mobil yang Benar, Wajib Tau!

Kesimpulannya, mengetahui umur aki mobil merupakan hal yang penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk menghindari kerusakan dan memperpanjang masa pakai aki mobil. Dengan mengetahui tanda-tanda aki yang sudah mulai lemah, pemilik kendaraan dapat mengganti aki mobil secara tepat waktu sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius pada kendaraannya.

Oleh karena itu, selalu perhatikan kondisi aki mobil dan jangan menunda-nunda penggantian aki yang sudah tua. Dengan demikian, kendaraan akan tetap terjaga kinerjanya dan pemilik kendaraan dapat menghemat biaya perbaikan di masa depan.

Kapan Waktu Ganti Aki Mobil?

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti aki mobil adalah ketika aki sudah menunjukkan tanda-tanda kelemahan atau sudah melewati umur pakainya. Mengetahui umur aki mobil bervariasi tergantung pada kualitas aki, intensitas penggunaan kendaraan, dan kondisi lingkungan. Pada umumnya, aki mobil memiliki masa pakai antara 2 hingga 5 tahun.

Jika aki sudah melewati masa pakainya atau sudah menunjukkan tanda-tanda kelemahan seperti kesulitan menyalakan mesin, lampu yang redup, suara kendaraan tidak stabil, dan kinerja listrik yang tidak optimal, maka sudah waktunya untuk mengganti aki mobil dengan yang baru. Menunda-nunda penggantian aki mobil yang sudah tua dapat menyebabkan kerusakan pada sistem listrik kendaraan serta dapat membahayakan keselamatan dalam berkendara.

Yuk Cek dan Ganti Aki Anda di Dokter Mobil !

Bukan hanya mendapatkan informasi mengenai seperti caranya mengetahui umur aki mobil, di sini Anda juga bisa mendapatkan pelayanan lainnya seperti General Check UpCheck MesinService AC, Tune Up, untuk membuat performa dan value mobil Anda menjadi lebih baik. Selain itu, ada layanan CHEKKO dari Dokter Mobil yang memberikan serfitikasi bahwa mobil bekas tersebut lulus inspeksi dan bisa anda beli dengan aman.

Khusus untuk anda yang tinggal di daerah Jakarta UtaraTangerang SelatanSurabayaBekasi dan sekitarnya, anda bisa datang ke cabang Dokter Mobil berikut ini:

  1. Dokter Mobil Kelapa Gading
    Lokasi: Blok QJ3 No, Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
  2. Dokter Mobil Alam Sutera
    Lokasi: Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320
  3. Dokter Mobil Cirendeu
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  4. Dokter Mobil Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60216
  5. Dokter Mobil Narogong
    Lokasi: Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu 17116

Atau apabila anda ingin melakukan reservasi kedatangan, anda bisa menghubungi customer service Dokter Mobil ke nomor berikut: 0813-9860-1800. Atau bisa juga mengajukan beberapa pertanyaan mengenai cara ganti oli mobil avanza dan servicenya tersebut melalui WhatsApp (klik di sini).

Jadi tunggu apalagi, setelah paham cara mengetahui umur aki mobil, ayo ke Dokter Mobil ! Di sini anda bukan hanya mendapatkan pelayanan service terbaik, akan tetapi juga mendapatkan biaya promosi atau potongan harga yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Ayo ke Dokter Mobil sekarang juga!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3084

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

AC Mobil Bau Amoniak

AC Mobil Bau Amoniak

Ac Mobil Bau Amoniak Penyebab  Sebelum kami ulas tentang cara menghilangkan bau apek pada AC mobil, ada baiknya kita lihat sejenak apa saja sih penyebab AC mobil

Read More »