📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab dan Dampak Magnetic Clutch Tidak Berputar

Penyebab dan Dampak Magnetic Clutch Tidak Berputar

AC mobil merupakan salah satu bagian komponen yang cukup rentan dan membutuhkan perawatan khusus agar AC Mobil Anda memiliki suhu yang dingin dan stabil.

Salah satu bagian dari AC mobil Anda yang juga sering terjadi mengalami masalah adalah magnetic clutch tidak berputar. Magnetic clutch merupakan salah satu komponen AC mobil yang berbentuk katrol yang mengikuti kinerja mesin pada AC Mobil sehingga menghasilkan aliran listrik agar AC Mobil dapat menyala dengan baik, sehingga magnetic clutch perlu dilakukan perawatan dengan baik.

Penyebab Magnetic Clutch Tidak Berputar

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab mengapa magnetic clutch tidak berputar dan beroperasi dengan baik sebagaimana mestinya. Kira – kira apa saja penyebab magnetic clutch tidak berputar beserta dampaknya pada AC mobil Anda? Mari simak informasi lebih lengkap di bawah ini!

  1. Kualitas Magnetic Clutch yang Buruk

Salah satu menjadi penyebab bagian komponen magnetic clutch tidak berputar yaitu dilihat dari kualitas kompenen magnetic clutch pada AC mobil Anda. Semakin baik kualitas bagian komponen pada magnetic clutch pada AC Mobil Anda, maka semakin tinggi pula daya tahannya komponen Magnetc Clutch pada mobil Anda sehingga dapat membantu AC mobil menjadi lebib optimal.

Namun, apabila magnetic clutch berkualitas rendah sehingga komponen magnetic clutch lebih mudah rusak dan dapat menimbulkan gangguan pada sistem AC mobil Anda. Selain itu, usia komponen pada bagian magnetic clutch juga mepengaruhi, selain itu performa magnetic clutch yang sudah terlalu lama sehingga perlu diganti dengan komponen magnetic clutch yang baru.

  1. Kebiasaan Mengemudi yang Kurang ‘Halus’

Penyebab lain mengapa komponen magnetic clutch tidak berputar salah satunya mengenai kebiasaan mengemudi yang kurang ‘halus’ dan ternyata juga bisa menjadi penyebab magnetic clutch yang tidak berputar seperti biasanya.

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan magnetic clutch cepat rusak yaitu dengan menyetel AC Mobil pada suhu terendah dan saat kecepatan tinggi. Hal ini mengakibatkan banyak orang beranggapan bahwa hal tersebut dapat menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil Anda.

Namun, pada kenyataannya, kebiasaan buruk bagi pengendara mobil juga membuat bagian komponen katrol putus dan sambung berulang kali hingga akhirnya membuat katrol bergesekan. Kemudian Gesekan yang terus berulang pada akhirnya akan membuat komponen magnetic clutch lebih cepat aus.

Oleh karena itu apabila Anda memiliki sifat dan kebiasaan tersebut, sebaiknya Anda dapat mengurangi kebiasaan ini dan lebih baik lagi Anda dapat menghilangkan kebiasaan tersebut sehingga komponen magnetic clutch tidak mengalami kerusakan dan AC Mobil Anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Baca Juga: Cara Menjaga AC Mobil Tua Tetap Dingin dan Awet

Efek Magnetic Clutch Tidak Berputar

Efek Magnetic Clutch Tidak Berputar

Tidak berputarnya magnetic clutch ternyata dapat berpengaruh pada komponen lain, lho. Berikut ini adalah dampak-dampak yang ditimbulkan akibat magnetic clutch tidak berputar.

  1. Kompresor AC Mobil Terganggu

Beberapa penyebab magnetic clutch tidak berputar juga memberikan dampak yang lebih berpengaruh pada AC Mobil Anda sehingga Anda perlu merawat dengan baik AC mobil Anda termasuk pada komponen magnetic clutch.

Mengenai beberapa penyebab magnetic clutch yang tidak berputar, membuat dampak kinerja pada komponen magnetic clutch sangat memengaruhi bagian komponen kompresor AC mobil Anda.

Apabila komponen magnetic clutch tidak berhenti, maka bagian kompresor AC mobil Anda akan ikut terhenti sehingga keamanan dan kenyamanan berkendara jadi terganggu. Walaupun begitu, bukan berarti berarti kompresor AC mobil akan mati total jika magnetic clutch yang tidak berputar.

Bagian komponen kompresor AC mobil akan tetap bekerja. Namun, karena daya magnet yang dihasilkan rendah, maka putaran kompresor AC mobill mengalami kelemahan. Hal ini menjadi salah satu penyebab kompresor AC mobil rusak. Kemudian juga membuat kompresor AC tidak berputar dan dapat mengakibatkan AC Mengalami kerusakan.

Hal ini membuat Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, sehingga Anda perlu melakukan perawatan pada mobil Anda sehingga tidak mengalami kejadian tersebut.

  1. Muncul Bunyi yang Sangat Mengganggu

Dampak lainnya mengenai bagian komponen magnetic clutch tidak berputar, maka muncul bunyi yang menganggu pada AC mobil Anda. Hal ini yang membuat Anda tidak nyaman dalam berkendara dengan baik.

Mengenai dampak magnetic clutch yang tidak berputar, juga menimbulkan bunyi yang menganggu Anda dan terjadi pada AC mobil Anda. Kemudian ketika komponen bagian magnetic clutch yang tidak berputar, maka permukaan komponen magnetic clutch mobil akan menggesek plat bagian centerpiece.

Kemudian apabila gesekan ini yang menyebabkan bunyi yang menganggu pada AC mobil Anda. Hal ini dapat terjadi karena magnetic clutch mengalami berkarat atau memang karena letak magnetic pulley dan centerpiece bergeser sehingga jaraknya tidak presisi sehingga proses pada AC mobil Anda mengalami gangguan.

  1. AC Mobil Kurang Dingin dan Lebih Cepat Panas

Dampak yang terjadi ketika bagian komponen mahnetic clutch tidak berputar salah satunya yang pernah dirasakan oleh setiap pengemudi mobil yaitu AC Mobil terasa kurang dingin hingga lebih cepat panas apabila komponen magnetic clutch tidak dirawat dengan baik.

Dampak AC yang kurang dingin hingga tiba-tiba lebih cepat panas merupakan dampak yang paling mudah dikenali oleh semua pengendara Mobil, sehingga hal ini perlu menjadi perhatian serius bagi Anda agar dapat berkendara dengan nyaman. Kemudian dampak yang terjadi ketika magnetic clutch mengalami kerusakan juga menyebabkan kinerja kompresor AC terganggu dan putaran kompresor pun lemah sehingga suhu AC Mobil yang dihasilkan pun tidak terasa dingin hingga tiba-tiba lebih cepat panas.

Baca Juga: Inilah Tanda Kerusakan AC Mobil

Dari berbagai dampak tersebut, sebaiknya Anda segera mengatasi hal tersebut dan mencari solusi agar bagian komponen pada mobil Anda termasuk bagian AC mobil sehingga tidak mengalami kerusakan pada bagian komponen mobil lainnya.

Apabila Anda tetap membiarkan kerusakan komponen magnetic clutch terus terjadi, maka AC Mobil dapat mengalami kerusakan, sehingga mobil Anda membutuhkan perawatan yang lebih banyak karena bergantung pada kerusakan komponen pada mobil Anda.

Penutup

Bagian komponen magnetic clutch pada AC mobil merupakan bagian yang penting penggerak AC mobil yang dapat menghasilkan aliran listrik. Sehingga jika magnetic clutch tidak berputar, maka AC mobil tidak dapat beroperasi dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu memilih perawatan yang terbaik untuk memperbaiki magnetic clutch tidak berputar pada AC mobil Anda.

Untuk tips hingga perawatan seputar AC mobil lainnya, konsultasi langsung ke Dokter Mobil dengan reservasi melalui WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau klik di sini) dan baca juga artikel-artikel menarik lainnya seputar perawatan dan topik-topik permasalahan AC mobil hingga mesin mobil lengkap lainnya dari Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!