New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
air radiator tidak berputar

Yuk Simak, Ini Dia 4 Penyebab Air Radiator Tidak Berputar

Air radiator tidak berputar ini dapat menyebabkan kerusakan pada mobil. Ya, hal tersebut dapat memicu overheating di bagian mesin mobil. Overheating ini adalah suatu kerusakan yang disebabkan oleh terlalu panasnya suhu mobil Anda. Hal tersebut disebabkan oleh tidak bekerjanya pendingin suhu mobil yang dipicu oleh adanya kerusakan pada bagian radiator mobil.

Bisa jadi kerusakan di bagian radiator mobil ini disebabkan oleh air radiator mobil Anda tidak berputar sesuai dengan kegunaannya. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu apa saja penyebab air radiator di mobil Anda tidak berjalan sesuai dengan fungsinya.

4 Penyebab Mengapa Air Radiator Tidak Berputar

air radiator tidak berputar

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi masalah air radiator yang tidak bisa berputar, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa saya yang menyebabkan air radiator mobil bermasalah. Untuk itu, ini dia 4 penyebab utama mengapa air radiator tidak berputar. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kerusakan Pada Waterpump Radiator

Penyebab pertama kerusakan di bagian radiator ini adalah adanya kerusakan pada waterpump radiator. Waterpump radiator ini berguna sebagai pemompa air ke radiator guna mendinginkan suhu mesin mobil.

Bila air radiator ini tidak berotasi, maka sudah dipastikan bahwa mobil Anda akan mengalami overheating. Apabila tidak segera Anda perbaiki, bisa jadi mobil Anda akan mengalami kerusakan yang cukup parah, hingga menyebabkan keluar asap di bagian mesin mobil akibat overheating yang tidak tertangani.

  1. Thermostat Rusak

Penyebab kedua kerusakan pada bagian radiator ini adalah kerusakan di bagian thermostat rusak. Air radiator ini tidak bisa berotasi secara maksimal karena rusaknya thermostat saat valve thermostat dalam keadaan tertutup.

Sehingga, kerusakan thermostat ini akan menutup lajur sirkulasi air radiator ke mesin mobil. Alhasil, kerusakan tersebut dapat menyebabkan overheating di bagian mesin mobil. Maka dari itu, segera ganti thermostat radiator yang mengalami kerusakan guna mencegah overheating pada mobil Anda.

  1. Radiator Mampet

air radiator tidak berputar

Apabila Anda jarang merawat dan membersihkan bagian komponen mesin mobil, bisa jadi akan muncul berbagai masalah atau kerusakan pada beberapa bagian komponen mesin mobil. Salah satunya adalah masalah air radiator tidak berotasi. Masalah tersebut bisa jadi disebabkan adanya kotoran yang menyumbat radiator mobil. Yang menyebabkan air radiator tidak berputar.

Selain itu, radiator mampet ini juga disebabkan oleh penggunaan jenis air coolant yang tidak sesuai dengan spesifikasi radiator mobil. Sehingga, penggunaan air coolant yang tidak sesuai spesifikasi mobil Anda ini menyebabkan penumpukan kotoran di bagian radiator.

Oleh sebab itu, jangan lupa membersihkan area radiator menggunakan air coolant yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

  1. Adanya Kotoran di Bagian Sistem Pendingin

Dan penyebab terakhir munculnya masalah air radiator tidak berputar secara maksimal ini disebabkan adanya kotoran yang menyumbat di bagian sistem pendingin. Kotoran tersebut biasanya menyumbat di area mesin water jacket, selang bypass, selang radiator, hingga bagian radiator itu sendiri.

Guna mengatasi masalah menumpuknya kotoran di bagian sistem pendingin mobil, maka Anda harus selalu mengecek dan membersihkan area sistem pendingin mobil agar sirkulasi air radiator tidak terganggu.

Baca Juga : Mesin Mobil Pincang

Selain itu, adanya kotoran-kotoran di bagian sistem pendingin ini juga dapat menyebabkan overheating di bagian mesin mobil karena panasnya mesin mobil dan rusaknya sistem pendingin mobil.

Munculnya masalah pada sirkulasi air radiator tidak berputar ini memang disebabkan oleh beberapa hal, seperti kerusakan pada area waterpump radiator, thermostat rusak, radiator mampet, hingga adanya penyumbatan kotoran di bagian sistem pendingin.

Guna mengatasi masalah tersebut, maka Anda perlu membersihkan dan membawa ke bengkel terdekat agar masalah di bagian radiator bisa tertangani dengan baik dan benar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!