New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara meringankan setir mobil manual

Jarang Diketahui! 5 Cara Meringankan Setir Mobil Manual

Setir mobil manual ini memang kerap bermasalah, seperti setir mobil terasa berat. Maka, Anda perlu tahu cara meringankan setir mobil manual. Setir kemudi mobil manual ini memang kerap memunculkan masalah. Sebab, ada banyak penyebab mengapa setir kemudi mobil manual ini mudah rusak dibandingkan dengan setir mobil matic.

Penyebab Setir Mobil Manual Terasa Berat

  1. Kurangnya Oli Power Steering Mobil

Oli power steering ini berguna sebagai pelumasan untuk komponen setir kemudi mobil, terutama mobil bertransmisi manual. Apabila oli power steering mobil Anda tidak sesuai dengan kapasitasnya, maka dapat menyebabkan setir kemudi mobil terasa berat saat Anda gunakan untuk berbelok.

  1. Kerusakan Pada Steering Rack

Steering rack ini berguna untuk mempermudah pergerakan roda mobil Anda. Steering rack ini sangat berhubungan dengan sistem hidrolik yang terdapat pada setir kemudi mobil. Apabila steering rack ini mengalami aus atau rusak, bisa jadi akan berakibat pada kesulitan untuk mengendalikan setir mobil.

  1. Lemahnya Tekanan Hidrolik Pada Sistem Setir Mobil

Selain disebabkan oleh kurangnya oli power steering dan kerusakan di bagian steering rack, beratnya setir kemudi mobil manual ini disebabkan oleh lemahnya tekanan hidrolik pada sistem setir mobil. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda harus mengganti komponen power hidrolik di sistem kemudi mobil Anda.

  1. Adanya Masalah di Bagian Ban Mobil

Cara meringankan setir mobil manual Dan penyebab setir kemudi mobil Anda terasa berat kala digunakan berkendara adalah adanya masalah pada ban mobil. Masalah tersebut bisa saja disebabkan oleh tekanan angin ban mobil kurang atau berlebihan.

Tak hanya itu, ban mobil bocor juga dapat menyebabkan setir kemudi mobil terasa berat. Untuk itu, pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan layak jalan agar tidak muncul masalah kala Anda gunakan berkendara.

5 Cara Meringankan Setir Mobil Manual

Apabila setir kemudi mobil terasa berat, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan setir kemudi terasa berat. Lalu, Anda dapat belajar bagaimana cara meringankan setir mobil manual ini dengan cara sebagai berikut :

  1. Mengisi Ulang Oli Power Steering

Cara pertama adalah dengan mengisi ulang oli power steering mobil Anda. Ya, apabila kadar oli power steering mobil kurang dari kapasitas yang dianjurkan. Maka, Anda hanya perlu membeli oli power steering dan isi ulang pada mobil Anda.

Namun pastikan terlebih dahulu bahwa oli power steering yang Anda beli telah sesuai dengan jenis dan tipe mobil Anda.

  1. Mengganti Komponen Setir Kemudi yang Telah Rusak

Apabila terdapat kerusakan di bagian setir kemudi yang menyebabkan setir terasa berat. Maka, Anda harus mengganti komponen setir kemudi yang telah rusak tersebut agar mobil Anda tetap nyaman kala digunakan. Biasanya, komponen setir yang kerap mengalami kerusakan ini ada di bagian steering rack.

Kerusakan di bagian steering rack ini diakibatkan oleh cara mengemudi Anda yang terkesan ugal-ugalan ataupun juga disebabkan oleh kurangnya perawatan dan jangka servis mobil yang tidak teratur.

Hal ini tentu saja berakibat pada  kerusakan di bagian komponen mobil, termasuk steering rack yang dapat menyebabkan setir mobil terasa berat kala Anda gunakan untuk berbelok.

  1. Kurangnya Tekanan Ban Mobil

Cara meringankan setir mobil manualApabila tidak ada masalah pada bagian komponen mobil, maka segera cek tekanan angin ban mobil Anda. Bisa jadi mobil Anda mengalami kekurangan atau kelebihan tekanan angin. Sebab, masalah tekanan ban mobil ini bisa saja membuat mobil Anda kesulitan untuk berbelok.

  1. Spooring dan Balancing Roda Mobil

Dan cara meringankan setir mobil manual yang terakhir adalah dengan melakukan spooring dan balancing pada roda mobil. Spooring dan balancing ini memang bertujuan untuk menyelaraskan roda mobil bagian depan dengan sistem setir kemudi mobil Anda. Apabila kemudi mobil Anda terasa berat, maka langsung saja menuju ke bengkel terdekat guna menspooring dan balancing roda mobil.

Baca Juga : Air Radiator Tidak Berputar

Penyebab mobil manual ini kerap mengalami masalah di bagian kemudi setir ini disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda harus mengetahui cara meringankan setir mobil manual agar Anda tetap nyaman kala berkendara.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5125

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!