📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

3 Cara Mengatasi Air Radiator Penuh Tapi Mesin Panas

air radiator penuh tapi mesin panas

Mesin mobil Anda cepat panas meski air radiator penuh? Ada wajib tahu apa saja penyebab dari masalah air radiator penuh tapi mesin panas. Sebab, apabila Anda biarkan bisa menyebabkan overheating hingga memunculkan asap pada bagian kap mesin akibat masalah tersebut.

Oleh sebab itu, segera mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak menyebabkan resiko yang lebih fatal.

Penyebab Air Radiator Penuh Tapi Mesin Panas

air radiator penuh tapi mesin panas

Harusnya, air radiator yang telah diisi hingga penuh ini tidak akan menyebabkan mesin mobil Anda cepat panas atau overheating. Akan tetapi, ada beberapa masalah-masalah yang harus Anda ketahui sehingga menyebabkan mesin mobil Anda tetap panas mesikpun Anda mengisi air radiator hingga penuh.

Oleh sebab itu, ini dia beberapa penyebab air radiator penuh tapi mesin panas. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kesalahan Pengisian Air Radiator

Jenis air untuk radiator mobil ini memang cukup beraragam. Mulai dari jenis air biasa hingga jenis air coolant radiator. Nah, air coolant radiator ini adalah air khusus untuk mendinginkan mesin mobil lebih cepat dibanding dengan menggunakan air biasa.

Namun, yang perlu Anda pahami adalah tipe-tipe air coolant radiator yang Anda gunakan tersebut sesuai dengan tipe radiator mobil Anda. Sebab, tidak semua air coolant radiator ini sesuai dengan semua jenis mobil. Apabila Anda salah membeli air coolant radiator, maka bisa jadi mesin mobil Anda tetap panas meski Anda mengisi air radiator hingga penuh sekalipun.

  1. Kipas Pendingin Mesin Dalam Keadaan Mati

Akan terasa sia-sia apabila Anda mengisi air radiator hingga penuh apabila kipas pendingin mesin mobil Anda dalam keadaan mati. Ya, kipas pendingin ini berguna untuk “menyebar” air radiator ke mesin mobil guna mengontrol suhu panas mesin kala Anda gunakan saat berkendara. Apabila kipas pendingin ini dalam keadaan mati, bisa jadi akan sia sia mengisi air radiaor penuh tapi mesin panas hingga mengakibatkan overheating.

  1. Kebocoran Di Bagian Radiator

Dan penyebab terakhir mesin mobil tetap panas meski telah diisi air radiator hingga penuh ini adalah adanya kebocoran pada bagian radiator. Bocornya radiator ini menjadi salah satu masalah cukup serius. Sebab, apabila tidak Anda tangani segera akan berakibat fatal seperti mesin overheating hingga kebakaran akibat tidak segera ditangani.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Cara Mengatasi Masalah Air Radiator Penuh Tetapi Mesin Masih Panas

Agar mobil Anda tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Maka, Anda harus segera mengatasi masalah overheating meski air radiator penuh tapi mesin panas. Oleh sebab itu, ini dia beberapa cara mengatasi masalah air radiator penuh tetapi mesin mobil masih panas, yakni :

  1. Mengganti Air Radiator

Apabila penyebab mesin mobil cepat panas ini disebabkan kesalahan pada pengisian jenis air coolant radiator, maka cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti jenis air radiator terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menguras atau mengetap air radiator lama. Kemudiann isi kembali radiator dengan air biasa atau tetap menggunakan air coolant radiator yang sesuai jenis mobil yang Anda gunakan.

  1. Mengganti Kipas Pendingin Mesin Mobil

Apabila masalah tersebut disebabkan oleh kipas pendingin mesin mobil, maka Anda hanya perlu mengganti kipas pendingin mesin mobil di bengkel terdekat. Sebab, proses penggantian kipas pendingin mesin mobil ini tidaklah mudah. Anda butuh bantuan montir professional guna membantu Anda untuk mengganti kipas pendingin mesin mobil.

  1. Menservis Bagian Radiator yang Mengalami Kebocoran

Kebocoran di bagian radiator ini memang harus segera ditangani. Caranya adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu bagian manakah yang mengalami kebocoran dan menyebabkan air radiator penuh tapi mesin panas. Entah bagian selang radiator ataupun dari radiatornya itu sendiri.

Baca Juga : Meningkatkan Performa Mesin Diesel Tua

Ada baiknya untuk membawa mobil Anda ke bengkel terdekat guna mencari tahu dan menservis masalah kebocoran radiator agar Anda tahu mengapa air radiator penuh tapi mesin panas hingga overheating.

Air radiator penuh tapi mesin panas ini menjadi salah satu masalah yang wajib untuk segera Anda selesaikan. Sebab, masalah ini dapat berakibat fatal bila Anda biarkan secara berlarut-larut. Guna mengatasi masalah tersebut, maka Anda dapat membawa mobil ke bengkel terdekat guna mencari dan menservis masalah overheating meski air radiator telah di isi hingga penuh.

Cara Mengetahui Kipas Pendingin Mesin Mobil Mati:

  • Perhatikan indikator temperatur mesin. Jika temperatur mesin terus naik meskipun mobil sudah berjalan cukup lama, kemungkinan kipas pendingin mati.
  • Dengarkan suara kipas pendingin. Kipas pendingin yang normal akan berputar dan menghasilkan suara saat mesin mencapai temperatur tertentu.
  • Periksa kondisi kipas pendingin secara visual. Pastikan kipas tidak macet atau terhalang benda lain.

Cara Mengatasi Kebocoran Radiator Mobil Sendiri:

  • Tentukan lokasi kebocoran. Gunakan air sabun untuk menemukan titik kebocoran pada radiator.
  • Gunakan sealant khusus radiator. Tutup lubang kebocoran dengan sealant sesuai petunjuk penggunaan.
  • Gunakan lem epoxy. Jika kebocoran cukup besar, gunakan lem epoxy untuk merekatkan bagian yang bocor.

Penting:

  • Cara-cara di atas hanya solusi sementara. Untuk solusi permanen, bawalah mobil ke bengkel untuk diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Dampak Penggunaan Air Coolant Radiator yang Tidak Sesuai:

  • Kerusakan pada komponen mesin. Air coolant yang tidak sesuai dapat menyebabkan korosi pada radiator, water pump, dan komponen mesin lainnya.
  • Penurunan performa mesin. Air coolant yang tidak sesuai dapat menyebabkan mesin overheat dan kehilangan performanya.
  • Kerusakan pada radiator. Air coolant yang tidak sesuai dapat menyumbat saluran radiator dan menyebabkan kerusakan pada radiator.

Penting:

  • Gunakan air coolant yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.
  • Periksa level air coolant secara berkala.
  • Ganti air coolant secara rutin sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

Additional Information:

  • Fungsi Kipas Pendingin Mesin Mobil: URL Fungsi Kipas Pendingin Mesin Mobil
  • Cara Mengatasi Kipas Pendingin Mesin Mobil Mati: URL Cara Mengatasi Kipas Pendingin Mesin Mobil Mati
  • Penyebab Kebocoran Radiator Mobil: URL Penyebab Kebocoran Radiator Mobil
  • Cara Mengatasi Kebocoran Radiator Mobil: URL Cara Mengatasi Kebocoran Radiator Mobil
  • Dampak Penggunaan Air Coolant Radiator yang Tidak Sesuai: URL Dampak Penggunaan Air Coolant Radiator yang Tidak Sesuai

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form