New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
meningkatkan performa mesin diesel tua

5 Cara Jitu Meningkatkan Performa Mesin Diesel Tua

Meningkatkan performa mesin diesel tua – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Meningkatkan performa mesin diesel tua tidak seperti mesin bensin dimana mengharuskan ganti komponen tergantung besar yang diinginkan. Bahkan kalau bisa sampai pengorekan. Sementara pada diesel hanya melakukan penyetelan dan pembersihan pada komponen. Berikut ini cara meningkatkan performa mesin diesel tua.

Hal yang Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Performa Mesin Diesel Tua

meningkatkan performa mesin diesel tua

  • Kalibrasi ulang

 Hal pertama yang perlu Anda tahu tentang meningkatkan performa mesin diesel tua adalah,
Untuk meningkatkan performa mesin diesel tua hal yang pertama kali dilakukan adalah melakukan kalibrasi ulang terutama untuk pompa injeksi. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur kembali semprotan solar agar mendekati performa yang lebih tinggi dari sebelumnya. Kemudian setelah itu jatah pasokan bahan bakar ditambah secara optimal sekitar 5-10%. Jika sudah ditambah, setel ulang klep agar lebih rapat.

Sehingga akan menghasilkan tenaga yang meningkat. Kemudian majukan sedikit timing injeksi dan penambahan sinyal elektrik pada pompa bahan bakar guna mengimbangi permintaan solar. Peranti ini juga berfungsi untuk meringankan kerja pompa injector dan mengurangi gejala angin palsu. Angin palsu sendiri adalah sebuah gejala dimana udara masuk ke dalam selang rem sehingga membuat minyak tidak maksimal saat mendorong piston rem. Sebagaimana diketahui, rem bekerja secara hidrolik. Saat kaki menginjak rem maka seat itu sedang terjadi pemompaan minyak. Minyak ini akan mendorong kampas ke cakram agar roda berhenti.

Karena minyak rem mencapai titik didih, minyak rem menjadi panas dan menguap sehinggat menghasilkan angin itu. Penguapan ini sering terjadi pada kualitas minyak rem yang sudah usang dan perlu diganti. Lalu anda juga perlu mengganti filter udara yang memiliki hambatan lebih rendah. Meskipun efek negatifnya harus sering dibersihkan namun positifnya aliran udara akan tetap lancar dan jarang ada kerak pada membrane saringan udara.

  • Naikkan Kompresi

Selanjutnya tentang meningkatkan performa mesin diesel tua,
Naikkan kompresi untuk meningkatkan performa mesin diesel tua. Hal ini dimaksudkan agar ledakan yang dihasilkan dari pembakaran makin besar. Caranya dengan mengganti paking silinder agar ruang bakar sedikit menyempit sehingga putaran mesin lebih cepat naik dan akselerasi mobil lebih cepat. Paking head yang diganti juga menggunakan paking yang lebih tipis 0.2 mm daripada paking head sebelumnya. Anda tidak diperbolehkan untuk melebihi batas 0.2mm hal ini dikarenakan jika terlalu tipis akan membuat mesin ngelitik dan membuat mesin panas berlebih.

  • Suplai Solar sampai RPM Tinggi

Untuk meningkatkan performa mesin diesel berikutnya adalah menaikkan suplai solar sampai RPM tinggi. Caranya suplai solar disetting supaya bisa dilayani sampai RPM tinggi. Sehingga secara otomatis putaran mesin akan bertambah. Anda juga perlu melakukan set ulang terhadap pompa injeksi atau injection pump. Ada dua pegas di dalam pompa injeksi yang perlu diganti yaitu pegas atau spring RPM. Spring harus diganti ke yang lebih keras agar suplai bahhan bakar stabil di RPM tinggi. Lalu pegas kedua adalah idle spring. Pegas ini bertugas agar RPM mesin tidak turun ketika ada beban seperti pada putaran RPM rendah karena AC dinyalakan dan beban pompa power steering ketika setir dibelokkan sampai habis. Idle spring juga harus diganti selain kuat menahan beban juga dimaksudkan agar bisa menanjak.

Selain itu memasang atau melakukan setting timing semprotan juga harus pas. Untuk hal ini bisa diakali dengan memasang alat maju-mundur semprotan solar. Caranya, kendorkan dulu baut pengikat injection pump supaya nantinya bisa diputar-putar untuk mendapatkan pembakaran pas yang bisa diamati dari suara mesin. Jika pembakaran terlalu maju suara mesin akan ngelitik dan kasar serta menimbulkan asap putih. Jika pembakaran terlalu mundur akan membuat putaran mesin susah naik meskipun suara menjadi halus akan mengeluarkan asap hitam pekat. Anda juga bisa mematikan salah satu fungsi timing gear agarpembakaran tidak terlalu maju.

  • Pasang ECU Piggyback Pro

Pada mesin diesel modern jaman sekarang menggunakan komputer sebagai otak manajemen mesin yang sering disebut ECU (Electronic Control Unit). Komputer ini yang melakukan peran input bagi injector dan pengapian sehingga bisa member campuran bahan bakar yang tepat. Nah disinilah peran Piggyback Pro. Alat ini akan memberikan data palsu kepada ECU yang kemudian akan ditindaklanjut oleh ECU dengan mengirimkan suplai debit bahan bakar udara yang telah dihitung ulang. Dengan efisiensi volumetric yang lebih baik, mesin akan mengeluarkan tenaga yang lebih besar namun mengonsumsi bahan bakar yang lebih sedikit.

  • Pasang Turbocharger

Hal terakhir adalah anda bisa memasang turbocharger atau melakukan instalasi FMIC (Front Mount Intercooler) untuk mengoptimalkan suplai udara dingin yang berguna bagi turbocharger. Turbocharger yang sering menjadi favorit untuk meningkatkan performa mesin diesel adalah tipe RHF4 milik salah satu pabrikan ternama di Indonesia. Dimana tipe ini memiliki bilah turbo yang lebih banyak. Untuk harga turbocharger tersebut bervariasi muai dari 10 jutaan – 20 jutaan dan belum termasuk paket FMIC yang biasanya dibanderol dengan harga 6 – 8 juta.

Baca Juga : Penyebab Mobil Bergetar saat Jalan

meningkatkan performa mesin diesel tua

Meningkatkan performa mesin diesel tua memang seringkali banyak dilakukan orang dengan melakukan pengoprekan. Namun tidak semua seperti itu, karena kembali lagi bergantung pada apa fungsinya dan untuk apa hal itu dilakukan. Jika hanya agar kembali optimal anda bisa mengganti beberapa parts seperti saringan udara, busi dan sebagainya. Namun lain halnya jika anda ingin menaikkan performa untuk adu balap atau perjalanan jauh. Semoga artikel kali ini membantu anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 88961

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu