­čôó Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ÔĆę Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cara Kerja Kondensor Beserta Fungsinya: Terlengkap!

Mobil memang memiliki banyak sekali bagian yang akan membuat perjalanan akan lebih baik karena adanya beberapa komponen ini. Pada saat melihat beberapa komponen ini ada baiknya sekali jika kita tahu cara kerja kondensor beserta fungsinya karena ini merupakan sebuah hal yang sangat penting sekali. Jangan ragu karena pastinya komponen ini akan membuat kondisi mobil lebih baik. Beberapa komponen ini pastinya tidak bisa berjalan dengan sendirian dan harus dibantu dengan komponen yang lainnya. Salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah mobil adalah adanya Kondensor.

Cara Kerja Kondensor Beserta Fungsinya

cara kerja kondensor

Ini adalah hal yang sangat baik dan juga pastinya akan membuat kita lebih mudah dalam membuat mobil berjalan dengan baik. Jangan sampai salah dalam memilih alat yang memang akan membuat kita lebih mudah dalam menjaga mobil lebih stabil jalannya. Kondensor ini memang sangat berhubungan sekali dengan adanya pendingin dalam mobil yaitu ac sehingga kita harus tahu bahwa ini adalah alat yang sangat penting sekali. Jangan ragu karena memang ini penting dan jika tidak ada ini mungkin mobil akan terasa sangat panas.

Ada beberapa fungsi penting dari kondensor yang akan membuat kita lebih mudah dalam menjalankan mobil ini. Berikut ini adalah kegunaannya antara lain:

  1. Untuk mencegah terjadinya loncatan api pada platina maka dipasanglah kondensor ini yang memiliki peran sangat penting sekali pada sebuah mobil.
  2. Kondensor akan sangat berguna untuk mencegah terbakarnya platina yang merupakan bagian dalam mobil. Jika terbakar maka pastinya akan membuat kita sangat panik dan juga mobil akan jauh berbahaya sekali untuk digunakan.
  3. Kondensor juga berfungsi sebagai pengubah gas refrigant menjadi cairan freon. Kondensor melakukan penyerapan gas pada freon dibantu dengan udara. jumlah panas yang dilpaskan akan membuat udara menjadi dingin setelah melewati berbagai komponen AC lainnya kepada kabin mobil anda.
  4. Fungsi Kondensor yang selanjutnya adalah untuk membuang hawa panas. Pembuangan ini dapat terjadi pada proses perubahan freon dari wujud gas hingga menjadi cair. Freon ini sendiri telah berasal dari komponen AC yaitu, Kompresor. Kondensor ini sendiri biasanya terletan di depan bawah mobil. hal ini karena fungsi dari kondensor itu tadi menyerap hawa panas dan mengubahnya ke hawa yang dingin. Kondensor ini merupakan hal yang sangat penting pada bagian AC mobil.

Alat kondensor ini biasanya diletakan di beberapa tempat yang memang biasanya digunakan untuk meletakan mesin mobil. Jangan ragu karena memang alat ini cukup sangat penting sehingga harus diletakan pada tempat yang sangat penting dan juga pastinya aman. Hal ini memang merupakan salah satu yang bisa membuat mobil lebih tahan lama dan tidak mudah rusak meskipun kita sudah melakukan servis.

Jika sudah tahu apa saja fungsinya mungkin saat ini adalah bagaimana cara kerja dari alat ini yang memang sangat penting sekali antara lain:

  1. Pada pertama kali akan ada aliran platina yang nantinya akan lewat dan juga akan membuat kita bisa melihat instalasi.
  2. Jika sudah maka bisa saja kita masukan kembali ke dalam kontaknya agar tidak kemana-mana alatnya.

Kemudahan dalam melakukan beberapa teknologi ini memang akan sangat membantu sekali. Kondensor sendiri memang komponen yang tidak dapat dipisahkan dari mobil dan juga akan membuat kita lebih mudah dalam menjalankan mobil dengan sebaik mungkin pastinya. Maka kita harus memperhatikan alat ini dengan baik jangan sampai ada kerusakan pada alat ini karena bahaya untuk mobil kita.

Baca Juga : Jenis Air Radiator yang Baik Untuk Mobil

Permasalahan yang Sering Muncul Pada Kondensor

Selayaknya komponen lain, kondensor pun performanya tak seprima seperti saat baru seiring dengan lama pemakaian. Beberapa kebiasaan buruk pengguna mobil bahkan bisa memberikan permasalahan pada kondensor ini. Berikut adalah permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul pada kondensor:

1. Kondensor mengalami kebocoran

Kebocoran pada kondensor biasanya diakibatkan karena adanya hantaman hingga kebiasaan buruk pengguna mobil, seperti membuka jendela saat AC mobil dinyalakan. Kotoran yang masuk saat jendela mobil dibuka ini akan masuk ke dalam AC dan menumpuk, penumpukan kotoran ini kemudian akan menimbulkan bocoran-bocoran halus yang bisa menjadi parah saat dibiarkan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers ­čĹő, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ÔŁĄ´ŞĆ

Loading...
Cabang :
Service :

2. Kondensor yang panas

Permasalahan kondensor yang panas ini dapat berdampak pada kinerja AC mobil. AC akan terasa kurang dingin saat mobil melaju di RPM yang rendah atau berhenti, dan selanjutnya AC akan kembali dingin saat mobil melaju di kecepatan yang tinggi.

Umumnya hal ini disebabkan karena oli kompresor diisi secara berlebih, sehingga suhu dan tekanan pada kondensor menjadi naik. Selain itu, penumpukan kotoran, putaran kipas yang melemah, hingga pengisian gas freon yang berlebih juga bisa menjadi penyebab kondensor menjadi panas.

3. Kondisi kondensor yang sudah tak layak pakai

Selayaknya komponen-komponen mobil lainnya, kondensor juga memiliki masa pakai hingga jangka waktu tertentu. Semakin lama masa pakai kondensor, tentu kualitasnya pun tak akan sebaik saat masih baru. Oleh karena itu, ganti kondensor dengan yang baru jika kondisi kondensor sudah tak layak pakai.

4. Adanya penumpukan kotoran pada kondensor

Kotoran-kotoran pada kondensor juga dapat menghambat kinerja kondensor. Sehingga jika kotoran pada kondensor sudah menumpuk, segera lakukan pembersihan agar kotoran tak semakin menumpuk.

5. Kondensor sudah mulai berkarat

Karat juga dapat timbul pada kondensor dan menghambat kinerjanya, lho. Karat ini biasanya timbul karena kotoran-kotoran yang menumpuk serta adanya tetesan air saat proses pendinginan.

Inilah informasi seputar kondensor, mulai dari apa itu kondensor, cara kerja kondensor, hingga permasalahan yang mungkin timbul pada kondensor.

Sebuah keharusan bagi para pengguna mobil untuk memeriksakan berbagai komponen mobil, seperti kondensor, agar tak muncul permasalahan yang dapat menganggu kenyamanan dan keselamataan saat berkendara. Selalu pastikan agar mempercayakan mobil Anda pada bengkel yang kredibel dan terpercaya, seperti Dokter Mobil. Memiliki teknisi yang terampil dengan mesin-mesin berteknologi tinggi, Dokter Mobil dapat menjadi andalan bagi permasalahan yang muncul pada mobil Anda, salah satunya pada bagian kondensor.

Tersedia di beberapa titik daerah di Indonesia, Anda dapat langsung menghubungi dan mengunjungi langsung bengkel Dokter Mobil terdekat dari kediaman Anda:

FILTER
CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Cibubur

Jalan Canadian Broadway Ruko Commpark, Blk. E No.32, Limus Nunggal, Kec. Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16896

Surabaya 1

Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60216

Surabaya 2

Jl. Ngagel Jaya No.85, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60246

Makassar

Jl. Kumala No.72D, Bongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90223

Bandung

Soekarno-Hatta St No.372, Kebon Lega, Bojongloa Kidul, Bandung City, West Java 40235

Cirebon

Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

Lampung

Jl. Teuku Umar No.64A, Kedaton, Bandar Lampung

Selalu percayakan mobil Anda pada Dokter Mobil, karena Dokter Mobil siap merawat dan memperbaiki berbagai permasalahan pada mobil Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5125

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers ­čĹő, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ÔŁĄ´ŞĆ

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya