Artikel

Cara Menyetel Platina Mobil

8 Cara Menyetel Platina Mobil Dengan Baik dan Benar

Cara menyetel platina mobil harus sesuai dengan standar dan prosedur operasional (SOP). Tidak sembarangan orang bisa melakukan penyetelan platina pada mobil tanpa tata cara yang baik dan benar.  Platina disebut juga breaker point adalah sebuah komponen yang terdapat di dalam kelistrikan mobil yang berfungsi sebagai penghubung atau pemutus arus primer ke massa.

Cara Menyetel Platina Mobil

Cara Menyetel Platina Mobil

Sebelum kita membahas cara menyetel platina mobil maka kita mengenal dulu apa itu platina mobil. Platina mobil adalah komponen di dalam sistem pengapian pada mobil yang bermanfaat untuk menyalakan mesin mobil. Sekarang ini terdapat 2 jenis sistem pengapian yang sering dipakai di mobil yakni sistem CDI dan platina. Namun penggunaan platina mobil biasanya dipakai di mobil-mobil keluaran lama. Sedangkan untuk mobil-mobil keluaran terbaru umumnya hampir seluruhnya memakai CDI sebagai sistem pengapian.

Pada setiap kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil mempunyai komponen berukuran kecil yang namanya platina. Walaupun bentuknya kecil tapi manfaat dan fungsinya sangat besar pada sebuah kendaraan bermotor. Anda yang sering mengutak atik mobil maupun sepeda motor pastinya pernah mendengar istilah platina bahkan mengenalnya dengan sangat baik. Platina pada sepeda motor disebut platina sepeda motor. Sedangkan platina pada mobil dinamakan platina mobil.

Adapun yang menjadi fungsi platina mobil yakni elemen yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan aliran arus listrik pada mobil atau dikenal sebagai breaker point. Platina pada mobil berfungsi dalam tugas pengapian yang bersifat manual.

Dalam kelistrikan, Platina mobil bertugas menghubungkan dan memutuskan aliran listrik yang berawal pada kumparan koil menuju massa. Dengan adanya platina membuat terjadinya induksi listrik pada kumparan sekunder.

Berikut ini bagian-bagian yang terdapat pada bagian platina mobil,antara lain:

1.Alur Setel Celah Platina

2.Kabel minus koil

3.Tumit ebonit

4.Sekrup pengikat

5.Lengan kontak pemutus

6.Pegas kontak pemutus

7.Kontak lepas

8.Kontak tetap

9.Nok distributor

Dengan mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada platina mobil akan membantu anda dalam proses cara menyetel platina mobil dengan baik dan benar sesuai SOP.

Kadangkala seseorang merasakan kinerja mobilnya mengalami penurunan yang sangat tajam tak sebagaimana mestinya.  Hal tersebut bisa dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya bisa terjadi pada sistem pembakaran pada mobil yang kurang sempurna atau mengalami sedikit masalah pemasangan atau mengalami masalah kerusakan pada bagian platina mobil.

Dibaca Juga: 5 Penyebab Rpm Mobil Karburator Naik Turun dan Cara Atasinya

Berbicara mengenai sistem pembakaran pada mobil maka tak bisa dilepaskan dari berbicara platina pada mobil. Platina mobil adalah komponen yang terdapat pada mobil yang menjadi bagian penting sekali dari suatu proses pembakaran. Bagian platina sangat mempengaruhi performa mobil. Performa mobil yang menurun bisa dikarenakan bagian platina yang bermasalah. Sehingga anda bisa memulai  cara menyetel platina mobil agar mobil anda kembali memiliki kinerja yang mumpuni.

Cara Menyetel Platina Mobil

Sebelum melakukan cara menyetel platina mobil maka anda harus mempersiapkan alat-alat atau perkakas yang dibutuhkan, antara lain dua jenis obeng yakni obeng minus dan obeng plus, kunci ring nomor 19, dan fuller yang bermanfaat untuk melakukan pengukuran celah platina.

Berikut ini langkah-langkah cara menyetel platina mobil, antara lain:

1.Silahkan lepaskan dulu bagian Distributor cap

2.Kemudian lepas bagian Rotor

3.Silahkan lakukan pemutaran pada bagian pully poros engkol sambil memperhatikan nok bersentuh eboni dalam kondisi tertinggi nok

4.Lakukan pengendoran pada salah satu baut di bagian platina sebagai  tempat penyetelan. Lakukan penyetelan platina mobil menggunakan obeng minus hingga celah dikisaran 0,45 milimeter.

5.Kemudian lakukan pengencangan pada baut platina kembali

6.Lakukan pemasangan rotor G, dilanjutkan pemasangan pada distributor cap lalu kabel busi

7.Berikutnya lakukan pengecekan pada sudut dwell pada spek 52+-6 derajat memakai engine tuner atau dwell tacho meter

8.Lakukan penyetelan hingga tepat sesuai spesifikasi pada sudut dwell.

Namun seringkali platina mobil tidak dapat distel ulang disebabkan mengalami kerusakan.

Kerusakan Platina Mobil

Ada berbagai kemungkinan yang bisa terjadi pada mobil anda. Seperti mobil mengalami penurunan performa maupun mobil mengalami mogok di jalan ataupun mobil susah distarter. Jika mobil anda mogok atau mobil susah distarter maka anda bisa memeriksa pada bagian mobil yang bisa menjadi penyebabnya. Salah satunya bagian platina. Sebab itu semua bisa kemungkinan penyebabnya pada bagian platina mobil yang mengalami kerusakan.

Bagian mesin mobil terdiri-dari beberapa komponen yang memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Dari mulai komponen kecil maupun besar. Semua komponen tersebut saling mendukung untuk menjaga performa mobil berjalan baik. Salah satu komponen yang terdapat di dalam bagian mobil atau mesin mobil adalah platina mobil.

Adapun yang menjadi fungsi utama platina mobil adalah melakukan sistem pengapian yang baik  sehingga mesin mobil bisa berjalan lancar. Dapat juga dikatakan platina mobil bekerja untuk melakukan penghubungan dan pemutusan arus listrik  pada sistem pengapian mobil. Dari sini sangat jelas bahwasanya platina mobil berkaitan dengan proses starter mobil.

Akan sangat mudah distarter sebuah mobil jika kondisi platina pada mobil dalam keadaan bagus. Sebaliknya apabila kondisi platina mobil mengalami kerusakan maka tanda-tandanya akan terlihat sangat jelas pada mobil yang terasa sukar sekali distarter. Sehingga anda perlu mengetahui ciri-ciri platina mobil rusak.

Berikut ini salah satu ciri platina pada mobil anda mengalami kerusakan yaitu tak ada celahnya di bagian platina mobil. Sebuah platina pada mobil sama seperti platina pada sepeda motor yang harus mempunyai celah dengan ukuran tertentu sebagai proses pengapian. Jika anda mengalami mobil mogok atau susah di starter maka anda bukan hanya perlu memeriksa pada bagian accu dan karburator mobil. Tapi anda pun perlu memeriksa bagian platina mobil.

Cara Menyetel Platina Mobil Proses pengapian yang tidak berjalan baik pada platina mobil bisa mengakibatkan mesin mobil tak menyala. Adapun proses pengapian tak berjalan baik, salah satu pernyebabnya bisa dikarenakan tidak adanya celah platina atau celah platina yang telah habis yang membuat terjadinya kehilangan aliran listrik pada primer menuju ke bagian massa dari mesin mobil.

Dalam kondisi mobil susah distarter alangkah baiknya anda juga memperhatikan bagian platina mobil dan melakukan pengecekan pada kondisi platina mobil. Platina yang telah hilang celahnya maupun aus hingga habis celahnya sama sekali merupakan pertanda platina mobil rusak. Kalau sudah begini maka anda harus menggantinya dengan platina mobil yang baru.

Untuk melakukan pengecekan tentang kondisi platina pada mobil anda maka anda bisa melakukannya sendiri atau memeriksakan pada bengkel mobil.  Dokter Mobil (doktermobil.com)adalah bengkel mobil yang menerima jasa perbaikan platina pada mobil selama bisa diperbaiki dan menerima jasa cara menyetel platina mobil. Segala kerusakan pada mesin mobil, AC mobil sampai bodi mobil bisa diperbaiki di Dokter Mobil dengan sangat cepat.

Dokter Mobil adalah bengkel mobil paling dipercaya  di Indonesia yang dilengkapi sarana mesin berteknologi canggih serta mekanik handal dan profesional yang mampu memperbaiki mobil anda secara cepat dengan kualitas hasil servis sangat memuaskan dan jaminan garansi perbaikan.  Hal tersebut menunjukkan Dokter Mobil sangat berkualitas dalam setiap jasa layanan yang mencakup perawatan mobil maupun perbaikan mobil. Untuk perawatan ataupun perbaikan mobil, Anda bisa berkunjung langsung ke alamat cabang bengkel Dokter Mobil terdekat untuk perbaikan mobil anda termasuk cara menyetel platina mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia
Bagaimana Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Anda?