📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

4 Jenis Air Radiator Avanza Beserta Cara Mengisinya

air radiator avanza

Jenis-jenis air radiator Avanza bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Pastikan Anda memilih dengan cermat sesuai dengan spesifikasi mobil Anda untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Berikut adalah jenis-jenis air radiator yang perlu Anda ketahui serta langkah-langkah cara mengisinya.

Jenis-Jenis Air Radiator untuk Toyota Avanza

  1. Air Biasa: Cocok untuk segala jenis mobil, termasuk Avanza. Meskipun ekonomis, air biasa cenderung mudah menguap dan memiliki titik didih rendah, yang bisa menyebabkan mesin mudah panas dan berkarat.
  2. Air Coolant Radiator: Mengandung propylene glycol yang mampu mendinginkan mesin lebih cepat dan mencegah korosi. Namun, harganya relatif mahal dan tidak semua mobil cocok menggunakannya.
  3. Radiator Super Coolant: Sangat efektif dalam mendinginkan mesin, terutama jika mesin rentan panas. Namun, perlu dicampur dengan air dalam proporsi yang tepat agar tidak membahayakan mesin.
  4. Antifreeze Coolant Protector: Mampu mendinginkan mesin lebih cepat daripada air biasa atau air coolant radiator. Namun, perlu dicampur dengan air dalam jumlah yang sesuai sebelum digunakan.

Cara Mengisi Air Radiator secara Mandiri

  1. Periksa Suhu Mobil: Pastikan mesin dalam keadaan dingin sebelum membuka katup radiator untuk menghindari cedera akibat air panas.
  2. Periksa Sisa Air Radiator: Jika hendak mengganti jenis air radiator, kosongkan tangki radiator dari sisa air sebelumnya.
  3. Menuangkan Air Radiator: Isilah tangki radiator dengan air radiator yang telah Anda pilih hingga sekitar 90% dari kapasitas total tangki.
  4. Tutup Kembali Katup Radiator: Pastikan katup radiator tertutup rapat untuk menghindari tumpahan air.

Dengan memilih jenis air radiator yang sesuai dan mengikuti langkah-langkah pengisian dengan benar, Anda dapat menjaga suhu mesin Avanza Anda tetap optimal tanpa harus bergantung pada bengkel untuk mengisinya.

Detail Artikel

Air radiator Avanza ini memang tersedia dalam berbagai jenis. Sebab, jenis-jenis air radiator ini memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri.

Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu jenis air radiator seperti apakah yang akan Anda gunakan untuk Toyota Avanza milik Anda.Bila mesin mobil Toyota Avanza milik Anda ini mudah panas.

Maka, Anda dapat menggunakan air radiator khusus guna meredam panas mesin mobil. Apabila Anda menggunakan air biasa, bisa jadi mobil Avanza milik Anda akan mudah mengalami overheating. Setelah memilih jenis air radiator.

Maka, jangan lupa untuk belajar bagaimana cara isi air radiator ke mobil Avanza. Anda dapat melakukan hal tersebut asal tahu caranya.

Jenis-Jenis Air Radiator yang Cocok Untuk Toyota Avanza

air radiator avanza

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Air radiator ini memang terbagi atas beberapa jenis, sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Untuk itu, Anda dapat memilih menggunakan jenis air radiator sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Avanza yang Anda miliki.

Maka dari itu, ini dia beberapa jenis-jenis air radiator yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Air Biasa

Air biasa ini memang dapat dijadikan sebagai air radiator untuk segala jenis mobil, termasuk Toyota Avanza. Air yang biasa dijadikan sebagai air radiator ini adalah air mineral ataupun air keran rumah Anda.

Memang, kelebihan dari penggunaan air biasa sebagai air radiator Avanza ini lebih hemat biaya dan mudah dicari.

Namun, penggunaan air biasa ini tingkat penguapannya sangat tinggi dan memiliki titik didih rendah (100 Celcius).

Sehingga, penggunaan air biasa ini dapat menyebabkan mesin mudah panas dan komponen mesin lebih mudah berkarat.

  1. Air Coolant Radiator

Air coolant radiator merupakan air radiator khusus yang mampu mendinginkan mesin serta mencegah korosi pada komponen mobil. Air coolant radiator ini mengandung propylene glycol.

Zat tersebut berfungsi sebagai zat anti karat dan mendinginkan suhu mesin lebih cepat dibanding air biasa.

Hanya saja, harga air coolant radiator ini cukup mahal dan tidak semua jenis mobil dapat menggunakan air coolant radiator untuk jenis tertentu.

  1. Radiator Super Coolant

Apabila mesin mobil Toyota Avanza milik Anda mudah panas. Maka, Anda dapat menggunakan radiator super coolant sebagai air radiatornya.

Namun, gunakan campuran air sekitar 50% dari kapasitas total tangki radiator. Sebab, akan berbahaya bila mengisi radiator dengan radiator super coolant saja.

Kelebihan dari radiator super coolant ini sanggup mencapai titik didih hingga 130 celcius.

Jadi, menggunakan radiator super coolant ini sanggup dan mampu mendinginkan mesin mobil lebih cepat dari penggunaan air coolant radiator.

  1. Antifreeze Coolant Protector

Dari segi fungsi dan kegunaan, antifreeze coolant protector ini memiliki kesamaan dengan radiator super coolant.

Sebab, perlu campuran dengan air biasa sekitar 50% dari kapasitas total tangki radiator saat menggunakan antifreeze coolant protector sebagai pilihan air radiator.

Baca Juga : Fogging AC Mobil

Air radiator jenis antifreeze coolant protector ini mampu mendinginkan mesin mobil 30% lebih cepat dibandingkan dengan air biasa maupun air coolant radiator.

Ini Dia Cara Isi Air Radiator Secara Mandiri

Setelah Anda memilih jenis air radiator yang Anda gunakan untuk mobil Avanza. Maka, Anda juga harus tahu dan mengerti bagaimana cara mengisi ulang air radiator.

Sehingga, Anda tidak perlu ke bengkel untuk pengisian ulang air radiator. Nah ini dia cara mengisi ulang air radiator Avanza, yakni :

  1. Matikan dan Periksa Suhu Mobil

Pertama-tama, matikan mesin mobil Avanza dan periksa suhu mobil. Apabila mesin masih panas, jangan pernah membuka katup radiator.

Bila Anda tetap membuka katup radiator saat mesin dalam kondisi panas. Maka, air di dalam radiator akan menyembur. Jadi, tunggu hingga mesin dingin lalu buka katup radiator.

  1. Periksa Sisa Air Radiator

Setelah membuka katup radiator, maka periksa kembali sisa air radiator mobil Anda. Apabila Anda ingin mengganti jenis air radiator. Maka, Anda tinggal membuka radiator dan membuang sisa air radiator saja.

  1. Menuangkan Air Radiator

Setelah tangki radiator dalam keadaan kosong. Maka, Anda dapat menuangkan jenis air radiator yang Anda pilih. Pastikan Anda memilih air radiator yang sesuai dengan kebutuhannya. Isi hingga 90% dari total tangki radiator.

  1. Tutup Kembali Katup Radiator

Apabila proses pengisian air radiator avanza telah usai. Maka, jangan lupa menutup kembali katup radiator. Tutup hingga rapat agar air radiator avanza tidak tumpah kemana-mana.

Air radiator ini berguna untuk meredam suhu panas dari mesin mobil. Nah, air radiator Avanza ini terdiri dari berbagai jenis dan kegunaannya.

Namun jangan lupa, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengisi ulang air radiator secara mandiri. Sehingga, Anda tidak perlu ke bengkel untuk pengisian ulang air radiator Avanza milik Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Asap Biru pada Mesin Diesel Mobil

Bahayakah Asap Biru Pada Mesin Diesel?

Dalam dunia otomotif, mesin diesel telah menjadi pilihan yang populer untuk kendaraan berat dan bahkan mobil penumpang. Mesin diesel dikenal dengan keandalannya dan efisiensi bahan

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form