📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Cara Cek Mesin Mobil Avanza Bekas, Perhatikan Bagian Ini

7 Cara Cek Mesin Mobil Avanza Bekas, Perhatikan Bagian Ini

Jika Anda tengah mencari mobil Avanza bekas yang berkualitas, maka penting untuk memperhatikan beberapa cara cek mesin mobil Avanza bekas penting pada mesinnya. Cek mesin mobil Avanza bekas dapat menjadi langkah awal yang krusial dalam proses pembelian.

Dengan memeriksa bagian ini, Anda dapat menghindari potensi masalah yang mungkin muncul di kemudian hari. Oleh karena itu, simaklah panduan cara cek mesin mobil Avanza bekas ini untuk mengetahui tanda-tanda yang harus diperhatikan saat memeriksa mesin mobil Avanza bekas, sehingga Anda bisa mendapatkan mobil yang handal dan sesuai dengan harapan Anda.

7 Cara Cek Mesin Mobil Avanza Bekas

Mengamati dengan seksama kondisi mesin mobil Avanza bekas sebelum membelinya adalah langkah yang penting untuk memastikan kehandalan kendaraan tersebut. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tujuh cara cek mesin mobil Avanza bekas yang dapat membantu Anda dalam proses pembelian. Dengan memerhatikan bagian-bagian kritis yang akan dijelaskan berikut ini, Anda dapat mengidentifikasi potensi masalah dan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas.

1. Periksa Level Oli

Cara cek mesin mobil Avanza bekas yang pertama adalah periksa level oli mobil. Cek level oli mesin mobil Avanza bekas dengan menggunakan penggaris atau tongkat pengukur yang sesuai. Pastikan level oli berada di antara tanda minimum dan maksimum pada indikator. Jika level oli terlalu rendah, itu bisa menandakan adanya kebocoran atau konsumsi oli yang berlebihan.

Sebaliknya, jika level oli terlalu tinggi, itu mungkin mengindikasikan adanya masalah pada sistem pendingin atau kelebihan oli yang dapat mempengaruhi performa mesin.

2. Perhatikan Tanda-tanda Kebocoran

Periksa bagian bawah mesin mobil Avanza bekas untuk melihat apakah ada tanda-tanda kebocoran seperti noda oli atau cairan lainnya. Perhatikan juga area sekitar komponen-komponen penting seperti saluran pendingin, selang-selang, atau sambungan pipa. Kebocoran dapat menjadi indikasi masalah serius yang perlu diperhatikan, dan dapat memengaruhi kinerja dan keandalan mesin secara keseluruhan.

3. Evaluasi Kualitas Oli

Cara cek mesin mobil Avanza bekas selanjutnya yaitu cek kualitas oli. Ambil contoh oli mesin mobil Avanza bekas dengan menggunakan stik pengukur dan perhatikan kondisinya. Oli yang baik seharusnya berwarna kuning kecoklatan atau kehitaman dengan tekstur yang halus. Jika oli terlihat keruh, berbau menyengat, atau terdapat partikel-partikel padat di dalamnya, itu bisa menandakan adanya masalah seperti kontaminasi, keausan yang berlebihan, atau perawatan mesin yang buruk.

4. Periksa Riak Air Radiator

Buka tutup radiator mobil Avanza bekas setelah mesin mati dan dingin adalah cara cek mesin mobil Avanza bekas lainnya. Periksa apakah terdapat riak air radiator yang mengindikasikan adanya masalah pada sistem pendingin. Riak air radiator dapat menunjukkan adanya kebocoran, kerusakan pada karet-karet penyegel, atau masalah dengan pompa air.

5. Uji Kondisi Baterai

Pastikan baterai mobil Avanza bekas berfungsi dengan baik dan memiliki tegangan yang cukup. Gunakan multimeter untuk mengukur tegangan baterai saat mesin dalam keadaan mati dan saat mesin menyala. Tegangan baterai yang rendah atau penurunan tegangan yang signifikan saat mesin menyala dapat menandakan masalah pada sistem pengisian atau baterai yang lemah.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

6. Perhatikan Bunyi Mesin

Dalam menerapkan cara cek mesin mobil Avanza bekas, memperhatikan bunyi mesin mobil Avanza adalah salah satu caranya. Dengarkan suara mesin mobil Avanza bekas saat mesin menyala. Perhatikan adanya suara-suara yang tidak biasa seperti ketukan atau desing mesin yang tidak wajar. Suara ketukan bisa mengindikasikan masalah pada piston atau bearing mesin.

Jika terdengar suara desing yang tajam atau berulang-ulang, itu bisa menjadi tanda adanya masalah pada katup atau sistem bahan bakar. Sebagai calon pembeli, pastikan untuk menguji mesin dalam kondisi dingin dan panas untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kondisi mesin mobil Avanza bekas.

7. Periksa AC Mobil

Cara cek mesin mobil Avanza bekas yang terakhir yaitu tentu dengan memeriksa AC mobil. Selain memeriksa mesin, jangan lupa untuk memeriksa juga sistem AC mobil Avanza bekas. Nyalakan AC dan perhatikan apakah udara yang keluar cukup dingin dan berfungsi dengan baik. Pastikan tombol-tombol pengatur suhu, kecepatan kipas, dan pemutaran udara bekerja dengan lancar.

Periksa juga apakah terdapat bau yang tidak wajar atau kebocoran pada sistem AC. AC yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengindikasikan masalah pada kompresor, sistem pendinginan, atau kebocoran freon.

BACA JUGA: 5 Tips Beli Mobil Bekas Avanza Modal 60 Juta

Dalam cara cek mesin mobil Avanza bekas, jangan lupakan untuk memeriksa juga sistem AC. Pastikan AC berfungsi dengan baik, mengeluarkan udara dingin, dan tidak ada bau yang tidak wajar atau kebocoran.

Mengetahui kondisi AC mobil akan memastikan kenyamanan Anda selama perjalanan. Jadi, sambil memperhatikan mesin, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada sistem AC agar Anda dapat membeli mobil Avanza bekas yang memenuhi semua kebutuhan Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

mobil mewah

Mobil Mewah di Indonesia

Apakah Kamu seorang penggemar otomotif yang tertarik dengan mobil mewah di Indonesia? Jika iya, Kamu telah datang ke tempat yang tepat! Dalam ulasan ini akan

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!