New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
daftar harga air radiator mobil avanza

Segini Daftar Harga Air Radiator Mobil Avanza Yang Baru

mengetahui daftar harga air radiator mobil avanza? Pasti anda sendiri merupakan kalangan pencinta dan maniak otomotif dari semua kalangan. Ya air radiator merupakan bagian paling krusial untuk radiator mobil sobat otomotif. Gimana enggak, karena fungsi air radiator sendiri dalam sistem pendinginan adalah menjaga temperatur kendaraan agar tidak mengalami overheat atau panas berlebih.

Cara kerja radiator sendiri dimulai dari air radiator yang akan mengelilingi seluruh mesin, coolant atau air pendingin akan masuk ke bagian inti radiator untuk membuang suhu panas ke udara dan untuk mempercepat pembuangan maka disediakan kipas radiator yang akan membantu pembuangan suhu panas itu. Nah, karena anda sudah terlanjur tahu cara kerja radiator maka baca sampai habis ya.

Penyebab Radiator Panas

daftar harga air radiator mobil avanza

Sebelum anda mengetahui daftar harga air radiator mobil avanza ada baiknya anda mengetahui beberapa penyebab radiator menjadi panas. Penyebabnya memang banyak namun rata-rata sepele dan bisa diatasi. Selain itu, saya mohon jika radiator anda mengalami salah satu dari yang akan saya sebutkan tolong dijaga ya radiatornya. Karena radiator mobil itu investasi yang sangat penting. Selain itu, akibat radiator saja mobil anda bisa sampai mengalami turun mesin lho. Nggak percaya?

  1. Radiator Kotor

Air radiator dapat berwarna cokelat atau butek bisa karena macam-macam namun yang paling umum adalah adanya komponen yang berkarat pada bagian radiator atau blok mesin. Solusinya tentu saja anda bisa dapat melakukan pencucian secara menyeluruh untuk bagian radiator.  Anda pun juga bisa menggunakan radiator flush, tapi pastikan deterjen tidak menempel ya pada bagian radiator.

  1. Oli tidak sesuai standar

Kualitas oli yang tidak sesuai atau bekas bisa menjadi penyebab radiator panas. Hal ini dikarenakan oli mesin yang berkualitas kurang tidak memiliki kemampuan untuk menyerap panas dengan suhu ekstrem. Sehingga volume oli menjadi lebih cepat berkurang serta cepat menguap. Solusinya tentu anda tidak bisa mengganti oli dengan oli yang bekas.

Karena penggunaan oli bekas pada mesin akan berakibat fatal pada mesin itu sendiri dalam jangka panjang. Dimana efek atau imbasnya adalah rusaknya komponen mesin terutama bagian blok dan silinder mesin mobil. Sehingga efeknya akan mengarah kepada dompet anda karena harus menurunkan mesin dan meluruskan piston, blok dan silinder mesin yang bengkok atau melebar karena suhu ekstrem yang tidak bisa diturunkan oleh oli itu sendiri.

  1. Kipas Pendingin Mati

Kipas pendingin yang berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar bisa saja mati tanpa anda sadari. Jika kipas ini mati atau rusak maka suhu panas akan terperangkap di dalam. Sehingga mesin overheat. Oleh karena itu ada bagusnya anda mencoba cek bagaimana kondisi fan belt itu sendiri.

  1. Thermostat Rusak

Thermostat adalah komponen pengukur panas dingin mesin. Komponen ini bisa dikatakan krusial jika berbicara mengenai sistem pendinginan. Jika thermostat rusak atau parahnya malah mati maka akan sangat mengganggu buka tutup cairan pendingin. Jadi katup tidak akan terbuka dan cairan pendingin tidak akan masuk dan bersirkulasi ke radiator. Solusi paling mudah adalah membawanya ke Dokter Mobil. Karena hanya di Dokter Mobil kasus seperti ini bisa diatasi 100% tanpa anda harus kembali lagi ke bengkel berkali-kali. Selain itu pekerjaan di handle oleh teknisi profesional dengan pengalaman diatas 5 tahun dan sudah ber ISO Internasional. Selain itu, enaknya ada garansi perbaikan mesin. Hebat nggak tuh Dokter Mobil.

  1. Cairan radiator tidak sesuai

Cairan radiator yang tidak sesuai dengan peruntukannya juga bisa membuat radiator panas lho. Karena setiap radiator mobil punya kemampuan mendinginkan masing-masing, sehingga anda tidak bisa menggantinya dengan cairan pendingin lain. Misalnya menggunakan air mineral atau air sumur.

Hal ini tentu saja tidak diperbolehkan dan ditakutkan malah akan membuat komponen raddiator berkarat. Seperti yang anda seharusnya tahu bahwa air tanah atau air sumur mengandung zat berat seperti logam dan mineral. Jika air tersebut terkena suhu panas dari mesin bukan tidak mungkin justru zat berat itu tertimbun dan menimbulkan kerak di dalam tubuh radiator itu sendiri. Apalagi air biasa tidak memiliki kemampuan untuk menyerap panas mesin dengan baik, sehingga kemungkinan untuk overheat lebih tinggi dibandingkan menggunakan cairan pendingin.

Daftar harga air radiator mobil Avanza

daftar harga air radiator mobil avanzaSetelah anda mengetahui penyebab radiator panas saatnya anda mengetahui daftar harga air radiator mobil Avanza. Namun ada yang perlu anda ingat ya, daftar harga air radiator mobil avanza ini bukan untuk anda jadikan patokan namun hanya sebatas estimasi atau perkiraan saja. Jika anda ragu, bisa menanyakan pada bengkel yang menjual air radiator ini.

Air Radiator Toyota Long Life TMO 4L 120.000
Toyota Genuine Pre Mixed Long Life Coolant 50/50 4L 100.000
Toyota TMO Super Long Life Coolant 1L 40.000
Toyota TMO Long Life Coolant 30/70 4L 150.000

Daftar harga air radiator mobil Avanza terlihat memang murah ya sobat otomotif. Namun jangan salah pilih ya. Perbedaan dari coolant 30/70 dengan 50/50. Kalau 30/70 itu merupakan rasio dari cairan pendingin itu sendiri. Jika 30/70 maksudnya adalah suhu paling ideal untuk cairan pendingin ini berada pada suhu 100 – 120 Fahrenheit yang artinya suhunya cocok untuk kondisi di Indonesia yang notabene suhu panas yaitu 38 – 49 derajat Celsius. Sedangkan rasio 50/50 cocok untuk kondisi empat musim.

Baca Juga : Estimasi Biaya perawatan mobil Pabrikan Jepang

Jadi, kesimpulannya memang daftar harga air radiator mobil Avanza yang notabene di bawah naungan Toyota memiliki harga yang relatif lebih murah. Namun, dengan daftar harga air radiator ini bukan berarti anda bisa berganti-ganti cairan pendingin ya. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan bengkel resmi atau setidaknya tanya ke komunitas dahulu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2314

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!