📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tips Mudah Membuat Bahan Bakar Avanza Lebih Irit

cara membuat avanza lebih irit

Apakah Anda pemilik mobil Avanza? Bagi sebagian orang, mobil Avanza bisa dianggap sebagai mobil yang cukup irit.

Namun, masih banyak orang yang merasa boros saat mengendarai mobil ini. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Cara Membuat Avanza Lebih Irit

Dalam panduan ini, kami akan memberikan tips dan trik yang mudah untuk membuat mobil Avanza Anda lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.

Selain itu, kami juga akan membahas hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar tetap hemat saat menggunakan mobil Avanza. Yuk, simak selengkapnya!

Optimalkan Penggunaan Bahan Bakar pada Mesin Avanza

Avanza merupakan salah satu mobil keluarga yang terkenal akan keiritannya dalam konsumsi bahan bakar.

Namun, untuk memastikan mobil Anda lebih hemat dalam mengonsumsi bahan bakar, perlu adanya optimasi dalam penggunaan bahan bakar pada mesin Avanza.

Untuk memperoleh performa yang optimal serta memperpanjang umur mesin Avanza, perawatan rutin harus dilakukan dengan baik.

Ini termasuk penggunaan oli yang baik dan melakukan cek rutin pada komponen mesin, seperti penggantian busi dan filter udara yang kotor.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Perawatan Mesin Penggunaan Oli Cek Rutin
pastikan mesin Avanza dalam kondisi baik dengan melakukan servis berkala pada bengkel resmi gunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrik cek dan bersihkan komponen-komponen mesin secara rutin
perhatikan indikator mesin pada panel instrumen untuk memastikan mesin berada dalam kondisi optimal perhatikan indikator tekanan oli pada panel instrumen dan pastikan tekanan oli tetap stabil pastikan tidak ada kebocoran pada sistem bahan bakar dan radiator untuk menghindari overheat

Dengan melakukan perawatan mesin dengan baik, Anda tidak hanya mengurangi konsumsi bahan bakar, tetapi juga menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

cara membuat avanza lebih irit

Memilih Jenis Bahan Bakar

Memilih jenis bahan bakar yang tepat juga berperan penting dalam mengoptimalkan penggunaan bahan bakar pada mesin Avanza.

Pastikan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Meski Avanza terbaru sudah didesain untuk bisa menggunakan bahan bakar jenis RON 90, pemilik mobil disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan RON 92.

Selain itu, pastikan juga untuk mengisi bahan bakar di stasiun yang terpercaya dan menjual bahan bakar dengan kualitas yang baik.

Hindari membeli bahan bakar yang tidak jelas asal usulnya dan selalu perhatikan tanggal kadaluarsa bahan bakar yang tertera di dispenser.

Dengan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar pada mesin Avanza, Anda akan mendapatkan manfaat yang signifikan dalam penghematan biaya dan menjaga umur mesin kendaraan Anda.

Baca Juga: Penyebab dan Ciri Mesin Avanza Rusak, Pemilik Wajib Tahu!

Perhatikan Kondisi Ban pada Avanza Anda

Bagian ini sangat penting untuk memastikan mobil Avanza Anda tetap dalam kondisi yang baik dan irit dalam konsumsi bahan bakar.

Memilih ban yang tepat dan menjaga tekanan angin yang optimal pada ban dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Pilihlah ban yang cocok dengan jenis mobil Avanza Anda, pastikan ukurannya sesuai dan memenuhi standar.

Jangan memilih ban yang terlalu lebar atau kecil karena dapat mengurangi kenyamanan dan mempercepat penggantian ban.

Periksa tekanan angin pada ban secara rutin, sebaiknya setiap minggu sekali, karena ban yang kurang angin akan menyebabkan beban berat pada mesin mobil dan mempercepat penggunaan bahan bakar. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Selain itu, rotasi ban juga perlu dilakukan secara rutin, yaitu setiap 8.000 km atau 6 bulan sekali, agar ketahanan ban menjadi lebih lama dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Rotasi ban membantu memperbaiki keseimbangan mobil dan menyeimbangkan penggunaan ban di setiap posisi, sehingga tidak hanya satu sisi ban yang terkikis lebih cepat dari yang lain.

Periksa Sistem Bahan Bakar Avanza Anda

Sistem bahan bakar adalah salah satu komponen penting dalam mobil Avanza Anda.

Untuk memastikan mobil Anda lebih irit dalam penggunaan bahan bakar, pastikan sistem bahan bakar dalam kondisi baik dan terawat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Periksa Filter Udara

Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat membuat mesin bekerja lebih berat dan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

Pastikan filter udara pada mobil Avanza Anda selalu bersih dan terawat. Filter udara yang kotor dapat dibersihkan dengan menggunakan kompresor udara, atau jika sudah terlalu kotor, harus diganti dengan filter baru.

  1. Penggantian Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan masalah pada sistem bahan bakar, seperti penyumbatan atau kerusakan pada pompa bahan bakar.

Pastikan filter bahan bakar pada mobil Avanza Anda selalu dalam kondisi baik dan terawat. Filter bahan bakar yang kotor harus diganti secara teratur sesuai dengan jadwal servis berkala.

  1. Menjaga Kebersihan Saluran Bahan Bakar

Saluran bahan bakar yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan masalah pada sistem bahan bakar, seperti penggunaan bahan bakar yang tidak seefisien mungkin.

Pastikan saluran bahan bakar pada mobil Avanza Anda selalu bersih dan terawat.

Hindari mengisi bahan bakar pada stasiun yang tidak terpercaya, karena bisa menyebabkan kotoran atau kerak pada saluran bahan bakar.

Teknik Mengemudi yang Menghemat Bahan Bakar

Teknik mengemudi yang tepat dapat membantu menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil Avanza Anda. Terapkan tips berikut saat mengemudi:

  1. Pilih Gigi yang Tepat

sesuaikan dengan kecepatan dan kondisi jalan. Hindari mengemudi di gigi terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena hal ini dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

  1. Batasi Penggunaan AC

Batasi penggunaan AC saat tidak diperlukan. Penggunaan AC dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 10-15%.

  1. Menghindari akselerasi

Menghindari akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba dapat membantu menghemat bahan bakar. Perlahan-lahan akselerasi dan gunakan rem pada kecepatan yang wajar.

Dengan menerapkan teknik mengemudi yang tepat, Anda dapat mengurangi konsumsi bahan bakar pada mobil Avanza Anda.

Pentingnya Melakukan Servis Berkala pada Avanza Anda

Servis berkala sangat penting bagi mobil Avanza Anda, karena dapat memperpanjang umur mesin dan menjaga performa mobil tetap optimal.

Jadwal servis berkala tergantung pada kilometer yang sudah ditempuh serta usia mobil Anda.

Umumnya servis berkala dilakukan setiap 5.000-10.000 km atau 6 bulan sekali, namun pastikan untuk mengecek buku manual mobil Anda untuk mengetahui jadwal servis yang tepat.

Salah satu bagian yang perlu diperhatikan pada servis berkala adalah penggantian oli secara rutin.

Oli merupakan bagian yang penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mesin mobil Anda.

Oli yang sudah kotor dapat menyebabkan gesekan pada mesin yang berlebihan dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Pastikan juga untuk memeriksa dan memelihara komponen mobil secara keseluruhan, seperti rem, kelistrikan, dan sistem pendingin mesin.

Dengan melakukan servis berkala yang tepat, Anda dapat meminimalisir risiko terjadinya kerusakan pada mesin mobil Avanza Anda.

Selain itu, servis berkala juga dapat membantu menghemat biaya perawatan jangka panjang dan menghindari biaya mahal untuk perbaikan di kemudian hari.

Jangan lupa untuk melakukan servis berkala pada mobil Avanza Anda agar dapat menjaga performa mobil tetap optimal dan memperpanjang umur mesin mobil Anda.

Keuntungan Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Mengetahui bahan bakar yang sesuai untuk mobil Avanza Anda sangatlah penting untuk menghemat pengeluaran dan menjaga keberlanjutan mobil Anda.

Namun, apakah Avanza boleh menggunakan bahan bakar pertamax?

Jawabannya adalah, ya, Avanza dapat menggunakan bahan bakar pertamax.

Namun, Anda perlu memperhatikan apakah mobil Anda dilengkapi dengan mesin yang mendukung penggunaan bahan bakar pertamax.

Pastikan untuk memeriksa panduan pengguna atau berkonsultasi dengan mekanik terpercaya.

Menggunakan bahan bakar yang sesuai dapat memberikan banyak keuntungan.

Selain menghemat pengeluaran, penggunaan bahan bakar yang sesuai juga dapat meningkatkan performa mobil dan memperpanjang umur mesin.

Dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai, Anda juga dapat membantu menjaga kualitas udara dengan mengurangi emisi gas buang dari mobil Anda.

Namun, selain pertimbangan jenis bahan bakar, pemilihan merek dan kualitas bahan bakar juga sangat penting.

Memilih bahan bakar berkualitas baik dapat membantu menjaga kebersihan sistem bahan bakar mobil Anda dan mengurangi risiko kerusakan mesin.

Jika Anda ingin lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar, pertimbangkan untuk menggunakan bahan bakar alternatif seperti gas alam kendaraan (CNG) atau biogas.

Ini dapat membantu menghemat pengeluaran jangka panjang dan juga lebih ramah lingkungan.

Konsumsi BBM pada Avanza Terbaru

Bagi pemilik mobil Avanza terbaru, mengetahui konsumsi bahan bakar yang dapat ditempuh per liter adalah informasi penting dalam mengelola pengeluaran bahan bakar.

Berdasarkan data dari Toyota, Avanza terbaru mampu menempuh jarak 14,6 km/liter untuk varian dengan transmisi manual dan 13,2 km/liter untuk varian dengan transmisi otomatis.

Konsumsi bahan bakar pada Avanza terbaru ini menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan model sebelumnya.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh salah satu lembaga independen, Avanza generasi sebelumnya menempuh jarak 13,7 km/liter untuk varian manual dan 12,7 km/liter untuk varian otomatis.

Perbedaan konsumsi bahan bakar pada Avanza terbaru memang tidak terlalu signifikan, namun tetap memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang lama.

Dengan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar, melakukan perawatan secara rutin, dan menerapkan teknik mengemudi yang tepat, Anda dapat memaksimalkan konsumsi bahan bakar pada mobil Avanza terbaru Anda.

cara membuat avanza lebih irit

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!