📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Dan Solusi AC Mobil Keluar Asap Putih

ac mobil keluar asap putih

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

AC mobil keluar asap putih, mungkin pernah dialami oleh sebagian dari kalian para pemilik mobil. Banyak orang yang beranggapan bahwa asap putih ini merupakan asap yang berasal dari adanya api di mesin. Hal ini tentunya membuat banyak orang panik saat mengalaminya. Tetapi, apakah benar asap putih yang keluar tersebut merupakan pertanda dari adanya api di mesin mobil yang sedang menyala? Sehingga akan membahayakan pengendara.

Nyatanya, hal itu bukan suatu hal yang benar. AC mobil keluar asap putih bukanlah dikarenakan terjadinya api di dalam mesin, namun hal ini dikarenakan murni permasalahan yang terdapat di AC mobil. Ada banyak sekali masalah yang mungkin terjadi pada AC mobil Anda, selain karena perawatan yang kurang, banyak juga faktor lainnya yang mempengaruhi. Oleh karenanya, berikut adalah penjelasan terkait penyebab dari AC mobil yang mengeluarkan asap putih dan juga solusi yang bisa Anda lakukan.

Penjelasan Singkat Mengenai AC Mobil Keluar Asap Putih

ac mobil keluar asap putih

AC mobil adalah sebuah bagian yang sering digunakan pada saat berkendara. Terkadang, pada saat kita berkendara terjadi beberapa hal yang tidak terduga dan membuat kita was-was. Salah satu hal yang mungkin saja terjadi adalah AC mobil keluar asap putih, banyak yang mengira bahwa hal ini disebabkan oleh adanya aktivitas api di mesin. Tapi, nyatanya hal ini dikarenakan masalah lain seperti AC yang kotor dan sebagainya.

Tetapi, dengan fakta ini bukan berarti Anda boleh membiarkan AC mobil yang bermasalah ini, hanya karena hal ini bukan hal yang cukup berbahaya. Hal ini karena, meskipun tidak mengeluarkan api, tetapi AC mobil Anda sedang bermasalah. Pada saat AC mulai bekerja, dan terjadi proses kondensasi tetapi yang keluar justru uap putih, udara yang dikeluarkan oleh AC Anda tidak akan terasa dingin melainkan seperti angin yang berhembus biasa. Selain itu, AC biasanya juga akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dikarenakan tersebut oleh kotoran. Lalu, apa saja penyebab dari AC mobil keluar asap putih ini? Berikut adalah beberapa penyebabnya.

  • Evaporator Kotor Menjadi Penyebab Utama AC Mobil Keluar Asap Putih

Evaporator adalah bagian yang juga memiliki peran penting dalam sistem kerja AC mobil. Oleh karenanya, Evaporator juga bisa menjadi penyebab utama kenapa AC mobil keluar asap putih. Hal yang biasanya terjadi di bagian ini adalah karena adanya penyumbatan, evaporator yang terlalu lama kotor dan jarang dibersihkan lama-kelamaan akan tersumbat. Kotoran dan juga debu yang terdapat didalamnya, biasanya akan menggumpal dan menjadi berbentuk seperti es karena udara yang dingin didalamnya saluran evaporator.

Karena adanya sumbatan dari kotoran yang membentuk gumpalan es ini, maka pada saat blower mulai meniupkan udara dingin. Bukan udara dingin yang keluar, melainkan asap putih yang berasal dari gumpalan es tersebut. Dan inilah asal kenapa AC mobil keluar asap putih.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Evaporator AC Bocor Paling Tepat

    • Cara Mudah Mengatasi Evaporator Tersumbat

Solusi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan heater pada mobil Anda. Karena evaporator yang tersumbat oleh kotoran akan membuat gumpalan es, maka untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan heater untuk mencairkan es. Anda bisa memutar climate control pada posisi hot dan kecepatan blower maksimal, setelahnya diamkan sekitar 15 menit agar es bisa mencair sepenuhnya. Tetapi, hal ini hanya akan membuat gumpalan es tersebut cair, bukan membersihkan saluran evaporator.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Sehingga, untuk mencegah hal ini terjadi lagi sebaiknya bersihkan terlebih dahulu evaporator agar tidak terdapat gumpalan es lagi yang membeku. Apabila sudah mencair, jangan mengatur climate ke posisi paling dingin tetapi cukup naikkan seperempatnya saja agar suhu kembali normal. Dengan begitu, air akan bisa menetes ke bawah dashboard. Tetapi, meskipun begitu Anda tetap harus membawa mobil Anda ke tempat servis. Karena, hal ini hanya bersifat sebagai penolong darurat.

  • Pulley Macet Juga Sebabkan AC Mobil Keluar Asap Putih

Pulley mobil adalah sebuah bantalan dari tali kipas yang terdapat di sistem AC mobil. Pada pulley ini mereka memiliki bearing yang berguna untuk membantu perputaran tali kipas, tetapi apabila tali kipas ini terus bergeser dengan pulley secara terus menerus dalam waktu yang lama, maka akan bisa menjadi penyebab AC mobil keluar asap putih. Biasanya gesekan ini akan didapatkan apabila terjadi kemacetan pada bearing mobil. Sehingga, apabila terdapat asap putih yang keluar dari AC mobil, Anda bisa mengecek komponen bearing ini.

  • Freon AC Mobil yang Bocor

Freon AC mobil adalah salah satu bagian yang cukup penting dalam sistem per AC-an di dalam mobil. Freon yang pada dasarnya adalah zat yang sangat dibutuhkan pada mesin pendingin ini, merupakan zat yang bisa dibilang sebagai titik utama pada proses pendinginan. Tetapi nyatanya, selain memiliki kelebihan freon juga bisa menjadi salah satu hal yang cukup berbahaya. Selain menyebabkan AC mobil keluar asap putih, freon yang bocor ternyata juga bisa mengeluarkan racun.

Baca Juga: Penunjang Kesejukan Dalam Kabin Mobil, Freon AC Mobil Tahan Berapa Lama?

Komponen ini, adalah salah satu komponen yang paling berguna juga berbahaya di satu waktu. Freon yang merupakan zat kimia akan Sangat berbahaya apabila sampai terhirup oleh manusia. Oleh karenanya, apabila AC mobil keluar asap putih meskipun hal ini tidak disebabkan oleh adanya api di bagian mesin mobil tetapi tetap perlu diwaspadai. Karena, mungkin saja hal ini dikarenakan terjadinya kebocoran pada freon mobil yang bisa menyebabkan racun jika terhirup.

    • Cara Mencegah Freon Mobil Mengalami Kebocoran

Freon mobil merupakan bagian yang masih sangat dibutuhkan oleh AC. Meskipun memiliki beberapa bahaya, tetapi sampai saat ini masih belum ada cara untuk mengganti freon mobil dengan bahan kimia lain yang jauh lebih ramah dan aman bagi manusia. Tetapi, meskipun begitu masih terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada freon. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mewaspadai apabila AC mobil keluar asap putih, dimana artinya kita perlu mengatur penggunaan dari AC mobil.

Apabila Anda berkendara dalam waktu yang cukup lama dan melewati jalan yang cukup sejuk, maka matikan AC mobil Anda. Sebaliknya Anda bisa membuka sedikit kaca mobil Anda agar bisa mendapatkan udara dari luar yang lebih segar. Selain itu, Anda juga perlu selalu mengecek kualitas dari AC mobil Anda dan melakukan perawatan yang rutin. Pastikan untuk selalu melakukan servis dan melakukan perawatan secara berkala agar bisa mencegah terjadinya kebocoran freon mobil dan juga AC mobil keluar asap putih.

Pilih Jasa Service AC Mobil yang Tepat Untuk Solusi AC Mobil Keluar Asap Putih

Untuk mendapatkan penanganan dan juga perawatan yang tepat terkait AC mobil Anda yang keluar asap putih, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah membawa mobil Anda ke bengkel servis AC yang terperaya, seperti Dokter Mobil. Karena dengan membawanya langsung ke bengkel, Anda akan tau apakah permasalahan ini bisa diatasi cukup dengan pembersihan atau harus mengganti evaporator karena adanya kerusakan. Selain itu, Dokter Mobil juga merupakan bengkel terpercaya yang memang sudah ahli di bidang spesialis AC arena telah dipercaya oleh beragam jenis mobil untuk entaskan permasalahan AC mobilnya. Sehingga dengan membawa mobil Anda ke sini, mobil Anda akan bisa segera mendapatkan perawatan yang benar karena ditangani langsung oleh teknisi berpengalaman serta peralatan berteknologi canggih.

Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp agar berbagai pertanyaan Anda seputar AC mobil kesayangan Anda yang mengeluarkan asap putih dapat segera terjawab dengan tuntas. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Itulah sekiranya artikel terkait penyebab AC mengeluarkan asap putih yang bisa saya jelaskan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda saat mengalami kendala terkait.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *