New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
AC mobil Avanza tidak dingin

Memahami Pengertian AC Mobil dan Fungsi Berbagai Komponen untuk Memudahkan Perawatan

Saat ini, perangkat Air Conditioner (AC) seakan sudah menjadi komponen wajib yang terpasang pada setiap mobil. Tak hanya pada mobil-mobil keluaran baru, tak sedikit pula pengguna yang menyadari pentingnya AC dan memasangnya pada mobil lama mereka. Namun terlepas dari semakin populer penggunaannya, apa sebenarnya pengertian AC mobil dan fungsinya bagi pemilik?

Pengertian AC Mobil dan Beberapa Fungsinya 

Dari segi bahasa, Air Conditioner terdiri atas kata “air” yang artinya udara, dan “conditioner” yang artinya pengkondisi atau katakanlah pengatur (suhu). Inilah yang kemudian membuat AC juga sering dibahasakan sebagai pengatur suhu udara atau penyejuk udara. Sementara pengertian AC mobil sendiri merupakan sebuah sistem dalam mobil yang memiliki fungsi menyesuaikan temperatur dalam ruang kabin agar lebih nyaman dan aman.

Beberapa fungsi utama dari AC pada mobil antara lain;

Menyesuaikan Suhu dalam Kabin

AC mobil membuat suhu udara lebih nyaman karena mampu menyerap udara panas dan menghembuskan udara yang memuat zat pendingin. Dengan begitu, pengemudi dan penumpang tidak merasa kegerahan saat berkendara di cuaca yang panas terik hingga berjam-jam sekalipun.

Menyesuaikan Kelembaban Udara

Perangkat AC juga dapat mengurangi kelembaban udara dalam kabin, pada saat berkendara di hari hujan misalnya. Udara lembab dalam kabin saat hujan dapat memicu kondensasi pada kaca mobil yang dapat mengurangi pandangan pengemudi yang tentu saja bisa membahayakan.

Memastikan Sirkulasi Udara

AC juga memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi udara, memastikan bahwa hanya udara bersih yang dialirkan dalam kabin. Inilah alasannya mengapa penumpang dan pengemudi bisa tetap nyaman bernafas di dalam kabin yang tertutup rapat sekalipun.  

Memurnikan Udara dalam Kabin

Beberapa produk AC juga dilengkapi dengan teknologi canggih pemurnian udara. Teknologi ini memastikan bahwa tidak ada polutan maupun zat lain yang tidak sehat bagi pernafasan. Seperti diketahui bahwa kabin juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.  

Memahami Pengertian AC Mobil dari Komponen yang Menyusunnya 

Untuk lebih memahami pengertian dari AC mobil, tak ada salahnya kita membahas komponen yang menyusun sistem ini. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih mudah saat berdiskusi tentang AC mobil baik dengan teknisi AC mobil maupun dengan orang lain yang bertukar pendapat. Secara umum,  sistem AC tersusun atas beberapa item berikut 

Kompresor AC

Kompresor AC bisa dikatakan sebagai salah satu komponen utama yang berfungsi menghisap dan menghembuskan refrigerant agar dapat terus bersirkulasi. Kompresor AC ini dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu reciprocating (seperti tipe crank dan tipe swash plate) dan rotary (seperti tipe through vane).

Kondensor

Dalam suatu sistem AC, kondensor berfungsi untuk mendinginkan refrigerant yang dialirkan dari kompresor. Gas refrigerant yang bertekanan dan bersuhu tinggi dari kompresor kemudian diubah menjadi cairan (kondensasi). Untuk melepaskan panas, kondensor memanfaatkan aliran udara dari kipas radiator dan hembusan angin saat mobil melaju. 

Receiver/ Dryer  

Refrigerant yang sudah dicairkan kondensor lalu dialirkan ke receiver/dryer yang di dalamnya terdapat filter yang menyaring kotoran, dan desiccant yang menyerap uap air yang terkandung dalam cairan refrigerant. Uap air yang dapat membeku harus dihilangkan karena dapat menyumbat saluran penting. Pada receiver ini terdapat kaca yang dapat digunakan untuk memantau volume refrigerant dalam sistem AC. 

Expansion Valve (Katup Expansi)

Refrigerant cair murni kemudian dialirkan kembali ke katup ekspansi melalui lubang orifice kemudian menyembur dan menjadi kabut. Katup expansi menurunkan tekanan refrigerant sehingga evaporator dapat menyerap panas dengan baik. Katup ekspansi dalam AC mobil terbagi menjadi beberapa jenis seperti katup ekspansi dengan kontrol temperatur, katup ekspansi dengan kontrol tekanan dan temperatur dan katup ekspansi dengan tipe blok.

Evaporator

Evaporator memiliki fungsi kebalikan dari kondensor dimana refrigerant cair sebelum masuk ke katup ekspansi akan menyerap panas aliran udara dari blower lalu masuk ke evaporator. Sifat dasar refrigerant yang menyerap panas, membuatnya kembali menguap dan menjadi gas dingin. Evaporator berbahan alumunium ini dibedakan menjadi tipe plate pin, tipe serpentine Fin dan tipe Drawn cup.

Kopling Magnet

Kopling magnet ada di bagian poros kompresor dan berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke kompresor AC. Komponen ini aktif saat AC dihidupkan yang secara otomatis menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC dan sebaliknya. Bagian dari kopling magnet ini meliputi stator, puli, rotor serta plat penekan. 

Blower dan Kipas Kondensor

Blower memiliki fungsi menghembuskan udara ke evaporator lalu dialirkan ke kabin mobil. Sementara kipas kondensor berfungsi menghembuskan udara di kondensor sehingga terjadi penyerapan panas refrigerant yang juga mendinginkan kondensor. 

Kontrol Panel

Kontrol panel memiliki fungsi untuk memudahkan pengaturan suhu dan aliran udara yang dihembuskan ke kabin. Pengguna dapat menekan tombol pengatur suhu atau menggeser tuas untuk menyesuaikan arah aliran udara AC mobil.

Refrigerant

Refrigerant sendiri merupakan zat mudah menguap dan memiliki fungsi sebagai penghantar panas di dalam sirkulasi AC mobil. Bisa dikatakan pula bahwa zat yang juga sering disebut sebagai freon ini menjadi media yang memberikan sensasi dingin yang dirasakan oleh pengemudi maupun penumpang.    

baca juga : Cara Mendirikan Bengkel Mobil Terbaik dan Terpercaya

Saatnya Untuk Memeriksakan AC Mobil ke Dokter Mobil

Itulah tadi penjelasan seputar pengertian AC mobil lengkap dengan fungsi serta berbagai komponen yang menyusun sistem AC pada kendaraan pada umumnya. Dengan memahami pengertian dan fungsi dari berbagai komponennya, para pemilik kendaraan dapat lebih mudah dalam merawat AC mobilnya dan merasakan manfaat optimal dari penyejuk udara tersebut.

Jika memang masih awam dan perlu untuk melakukan perawatan AC mobil, anda bisa pergi ke Dokter Mobil. Selain melakukan check up keadaan AC mobil, Dokter Mobil juga bisa service ac mobil sampai benar-benar adem.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!