New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Jumper Aki Soak Menjadi Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter yang Paling Efektif

4 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter dalam 5 Menit

Selain melakukan jumper aki, ada beberapa cara mengatasi mobil tidak bisa distarter lainnya yang bisa dicoba. Terutama ketika tidak membawa jumper. Semoga bermanfaat untuk anda yang tiba-tiba mengalami masalah ini. Sehingga perjalanan bisa berjalan dengan tenang dan lancar.

Namun pastikan untuk segera membawa mobil ke bengkel setelah mobil bisa dinyalakan. Karena cara-cara ini bukan mengatasi penyebab utama terjadinya masalah ini. Karena jika dibiarkan, kerusakan semakin parah. Dan cara yang ada di ulasan ini bisa gagal. Bahkan dengan cara jumper sekalipun.

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter dengan Mudah

Cetek… cetek… cetek… sudah distarter berkali-kali, namun mesin tidak mau ngangkat atau tidak mau nyala. Masalah ini tentu sangat menyebalkan. Apalagi jika dalam kondisi buru-buru.

Pada dasarnya, masalah mobil yang tidak bisa distarter biasa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Adapun faktor yang paling sering terlihat adalah karena masalah kelistrikan. Namun apapun penyebabnya, beberapa cara di bawah ini terbukti dapat membantu anda menghidupkan kembali mobil. Dengan demikian, setidaknya mobil bisa dibawa ke bengkel mobil untuk mendapatkan pengecekan dan service.

Nah, jika mobil tiba-tiba tidak bisa dihidupkan walaupun sudah distarter berkali-kali, ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Beberapa solusi untuk mengatasi mobil tidak bisa distarter antara lain adalah:

Lakukan Jumper pada Aki Mobil

Menjumper dapat memastikan kelistrikan mobil cukup kuat untuk menyalakan mesin. Cara jumper sebenarnya tergolong sangat mudah. Yang penting adalah anda memiliki alat-alat yang dibutuhkan, dan paham cara melakukan jumper pada mobil yang mogok karena masalah kelistrikan. Sayangnya, tidak semua pemilik mobil bisa melakukannya.

Bagaimana cara melakukan jumper pada mobil yang mogok?

  • Peralatan yang Dibutuhkan

    Siapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah seperangkat kabel jumper. Selain itu, siapkan aki mobil dengan voltase yang sama atau lebih tinggi.

    Jika tidak membawa aki mobil, carilah mobil yang sejenis dengan anda. Mintalah izin menggunakan aki mobilnya untuk keperluan jumper.

  • Persiapan Jumper

    Jika mobil bertransmisi otomatis, pastikan tuas transmisi di “P”. Jika transmisi mobil manual, posisikan transmisi di netral.

    Aktifkan rem tangan atau rem parkir agar mobil tetap diam di posisinya. Apalagi jika tempat anda cukup miring.

    Matikan seluruh perangkat kelistrikan mobil. Mesin juga dalam posisi mati. Untuk amannya, cabut saja kunci mobil.

  • Proses Jumper Mobil

    Buka kap mesin dan cek posisi aki. Cari posisi kutub terminal positif dan negatif dari kedua aki tersebut. Pastikan untuk terlebih dahulu membersihkan aki dan terminal baterai jika kotor.

    Lakukan jumper sesuai gambar berikut ini:
    Pemasangan Jumper untuk Mengatasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Tunggu selama satu menit atau lebih, tergantung berapa lama akinya soak. Anda mungkin perlu membiarkan mesin menyala selama beberapa menit untuk mengisi tenaga pada aki yang soak. Biarkan kabel masih terpasang di kedua mobil meskipun mobil dalam keadaan menyala.

Jika mesinnya masih sulit menyala atau bahkan tidak ada reaksi sama sekali, cobalah diamkan dulu selama beberapa saat agar proses pengisian tenaga menjadi lebih banyak.

Setelah mesin mobil yang mogok sudah berhasil dihidupkan, Anda dapat melepas kabel jumper. Urutan melepasnya dimulai dengan ujung klem kabel hitam (-) pada mobil yang akinya soak, kemudian melepas ujung kabel (-) lainnya. Setelah itu baru kabel yang berujung (+) dengan cara yang sama. (dol)

Cek Kondisi Bahan Bakar

Bahan Bakar yang Habis Sering Kali Tidak Disadari Pemilik Mobil

Banyak sekali kejadian mobil yang tidak bisa distarter ternyata karena bahan bakarnya habis. Maka dari itu, pastikan mobil masih memiliki bahan bakar. Jika memang kehabisan BBM, SPBU atau penjual BBM eceran bisa menjadi solusi.

Tapi walaupun indikator bensin/solar menunjukkan bahan bakar masih ada, ada 2 kemungkinan yang terjadi. Kemungkinan pertama adalah injektor bahan bakar mampet. Memang sulit untuk mengecek apakah injektor mobil anda mampet atau tidak. Namun jika memang merasa lebih dari 1 tahun ini tidak pernah melakukan tune up, kemungkinan mampet ini bisa saja terjadi.

Solusinya? Cobalah mengisi bahan bakar sampai penuh. Dengan demikian, mampet tersebut dapat ditekan oleh dorongan dari tangki bahan bakar yang sedang penuh.

Kemungkinan kedua adalah bensin atau solar yang memang sudah habis, namun indikator BBM rusak. Untuk mengetahui apakah memang indikator BBM yang rusak, bisa dilakukan dengan mencari tahu kapan terakhir isi bensin/solar. Jika memang ragu tangki masih terisi, cobalah isi BBM.

Jika Mobil Tidak Bisa Distarter Karena Overheat

Overheat Kerap Menjadi Masalah Mobil sehingga Mesin Tidak Mau Menyala Sampai Mesin Dingin

Lagi berkendara lalu tiba-tiba mobil mati dan tidak lagi bisa distarter? Kemungkinan besar terjadi karena overheat. Solusi dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter jika masalah ini terjadi karena overheat bisa dilakukan dengan menunggu beberapa menit sampai suhu mesin turun.

Untuk mempercepat turunnya suhu mesin, dan untuk mencegah kembalinya overheat, isilah radiator dengan coolant cadangan. Namun jika coolant cadangan tidak terbawa, cobalah untuk menggunakan air bersih.

Tapi jika masih overheat walaupun sudah ganti air radiator, kemungkinan oli mesin habis, ataupun kipas radiator rusak. Jika hal tersebut yang terjadi, panggillah teknisi panggilan untuk melakukan ganti oli ataupun melakukan perbaikan kipas radiator. Jangan memaksakan membawa mobil karena selain dapat merusak mesin, juga beresiko menyebabkan kebakaran mobil.

Telepon Teknisi Mobil Panggilan

Teknisi Panggilan Menjadi Solusi Praktis

Terkadang masalah mobil sulit ditangani oleh orang yang memang bukan ahlinya. Oleh sebab itu, menghubungi teknisi yang bisa datang ke tempat anda merupakan solusi terbaik. Cara ini juga dapat memastikan masalah tidak muncul kembali saat di tengah perjalanan.

Lebih baik menggunakan solusi yang pasti tuntas kan daripada sekedar bisa menghidupkan kembali mobil, namun di tengah perjalanan mobil kembali mogok. Lagipula, banyak sekali part-part mobil yang kemungkinan besar rusak dan perlu diganti atau diperbaiki untuk memastikan masalah tidak bisa distarter ini bisa kembali normal.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Semoga menyelesaikan masalah anda dan menjadikan perjalanan bisa selamat dan tepat waktu sampai di tujuan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal
Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya