New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Mobil Tiba Tiba Hilang Tenaga Sehingga Tidak Bisa Menyalip Mobil di Depan

Biang Kerok Mobil Tiba Tiba Hilang Tenaga Alias Ngempos

Mau lewatin mobil di depan, sudah injak gas tapi mobil tiba tiba hilang tenaga atau ngempos. Pasti kesel dan deg-degan kalau ngalamin. Ternyata 3 dari 10 orang pernah mengalami kejadian ini. Mungkin anda salah satunya.

Gejala ngempos ini banyak banget penyebabnya. Beda sumber masalah beda juga loh solusinya. Agar tahu apa solusi buat kelarin masalah ini, ada baiknya cek apa saja penyebab munculnya masalah ini.

Penyebab Mobil Tiba Tiba Hilang Tenaga

Sebenarnya kata “tiba-tiba” kurang tepat. Karena ngempos atau hilang tenaga terjadi akibat kerusakan dan masalah mesin yang disebabkan kurangnya perawatan mobil.

Sebenarnya kasus mobil yang tenaganya ngempos terjadi karena:

Turbo Vane Bermasalah

Mesin harus bisa memaksimalkan RPM tertingginya. Untuk itu, pasukan dan suplai turbo ke mesin harus tetap stabil dan proporsional. Inilah tugas dan fungsi dari turbo vane. Menjaga suplai udara ke ruang turbo.

Ketika mobil sedang berjalan, dan tiba-tiba turbo vane bermasalah, maka suplai udara ke ruang bakar akan bermasalah. Efeknya bermacam-macam. Mulai dari asap hitam, tiba-tiba ngempos atau hilang tenaga, sampai bisa saja mobil mogok.

Masalah di turbo vane yang paling sering terjadi adalah solenoid yang tidak membuka sehingga aliran udara menjadi kurang (underboost).

Turunnya Tekanan Kompresi Mobil

Proses pembakaran pada mesin mobil dimulai dengan adanya tekanan yang sangat tinggi sehingga memercikkan bunga api untuk pembakaran. Lantas bagaimana jika kompresi menurun? Tentu saja akan ada masalah di pembakaran.

Ciri adanya penurunan tekanan di kompresi adalah munculnya bunyi menderu di mesin. Juga mesin akan terasa kurang bertenaga sebelum akhirnya menyebabkan mobil tiba tiba hilang tenaga.

Kok bisa tekanan kompresi mobil menurun?

Biasanya masalah ini terjadi karena dinding silinder mengalami keausan. Juga ada masalah di ring kompresi.

Ketika dinding silinder aus, maka celah antara ring dan silinder akan membesar. Hal ini menyebabkan saat langkah kompresi maka udara dari ruang bakar akan keluar lewat celah ini.

Injektor Mampet

Injektor mampet Adalah penyebab ngempos yang PALING sering terjadi. Gara-gara injektor mampet maka sistem pembakaran terganggu. Sudah tahu apa yang bikin injektor mampet?

Penyebab pertama biasanya karena nozzle bermasalah, misalnya ketutupan banyak kotoran. Ini sering terjadi pada mobil yang jarang diberikan perawatan tune up.

Penyebab kedua karena pompa injeksi bermasalah. Jadi injektor terasa seperti mampet. Solusi terbaiknya adalah ganti pompa injeksi.

Biasanya sih 3 hal itu yang membuat hilangnya tenaga mobil secara tiba-tiba. Walaupun ada sebab-sebab lainnya seperti ausnya kampas kopling dan ukuran tapak ban yang tidak pas, namun tidak mempengaruhi secara signigikan.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mobil tiba-tiba hilang tenaga saat sedang digas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Salam untuk dunia otomotif Indonesia.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap