New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Lampu Indikator Mobil Menyala

5 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Tanpa Scan

5 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Tanpa Scan – Jika lampu indikator mobil menyala biasanya bengkel akan melakukan scanning dan reset. Padahal reset sembarangan membuat masalah baru. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi.

Namun sebelumnya kita perlu mengetahui apa sebenarnya fungsi indikator mobil. Alat ini (indikator mobil) berfungsi memantau kondisi mesin mobil dan komponen pendukungnya. Ada beberapa hal yang selalu diawasi oleh indikator mobil, di antaranya adalah temperatur mesin, kondisi oli mobil, volume berbagai cairan mobil.

Jika lampu indikator mobil menyala maka hal ini menandakan adanya masalah pada komponen yang iconnya menyala. Misalnya jika icon aki menyala berarti ada masalah di aki mobil.

Baca Juga : Cara Atasi 6 Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Arti Lampu Indikator Mobil Menyala

Lampu Indikator Mobil Menyala

Lampu Indikator Mobil Menyala

 

 

 

 

 

 

 

Karena lampu indikator menandakan adanya masalah pada komponen mobil, maka nyala lampu indikator memiliki arti “Ada Kerusakan di Mobil. Untuk mudah mengatasi masalah ini, maka kita perlu memahami arti tiap-tiap lampu indikator berdasarkan ICON apa yang menyala.

Jika Icon Aki Menyala

Indikator aki iconnya berbentuk aki dan berwarna merah. Ketika lampu ini menyala maka kemungkinan besar ada masalah di aki mobil.

Untuk menyelesaikan masalah ini, bisa dilakukan dengan mengecek kondisi aki lalu melakukan perbaikan jika ada masalah pada aki. Bisa dengan melakukan pengisian daya aki, atau bahkan melakukan penggantian aki baru.

Ketika Indikator Oli Mobil Menyala

Icon untuk indikator oli biasanya adalah tetesan oli berwarna kuning. Menyalanya indikator oli biasanya menandakan bahwa oli mobil sudah tidak layak dan harus diganti. Bisa juga karena oli kurang atau mesin kelebihan oli.

Solusi cukup mudah. Dengan mengganti oli biasanya masalah oli sudah kelar. Namun jika indikator oli tetap menyala maka kemungkinan ada masalah lain. Misalnya ada lumpur dan kerak karbon di dalam mesin mobil.

Lampu Indikator Airbag Menyala

Indikator ini hanya ada pada mobil-mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan teknologi airbag. Ketika lampu ini menyala, maka sudah pasti ada masalah dengan airbag.

Jika kondisi ini yang terjadi, maka pengecekan airbag wajib dilakukan. Walaupun performa mobil tidak akan bermasalah walaupun airbag bermasalah namun tentunya tidak baik berkendara dengan kondisi tanpa airbag. Karena kita tidak pernah tahu ada kejadian apa di perjalanan.

Check Engine Mobil Menyala

Pada kondisi ini masalah ada pada mesin mobil.  Dengan sesegera mungkin melakukan pengecekan mesin maka kerusakan mesin dapat dicegah. Biasanya check engine menyala setelah melakukan tune up. Ini artinya mobil perlu diberikan “learning system” agar mesin dapat beradaptasi pada kondisi baru setelah tune up.

Ketika check engin menyala biasanya jika dibiarkan akan diiringi dengan gejala Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam.

Pengecekan mesin secara menyeluruh perlu dilakukan ketika check engine menyala. Hindari melakukan reset check engine ketika indikator mobil ini menyala kecuali setelah dicek manual dan dicek dengan scan engine sebenarnya tidak ada masalah pada mesin mobil.

Anti-Lock Braking System (ABS) Menyala

Lampu Indikator Mobil Menyala ini hanya ada pada mobil berteknologi ABS. Mengecek sistem ABS dapat membantu menemukan masalah yang menyebabkan indikator ABS menyala. Jangan memaksakan mobil yang indikator ABS-nya menyala. Karena resiko tabrakan sangat besar ketika pengereman bermasalah.

Nah itulah beberapa hal yang menjadi penyebab dan solusi mengatasi lampu indikator mobil menyala secara tiba-tiba. Kita harus senang ketika lampu indikator berfungsi dengan baik sehingga permasalahan mobil yang lebih serius dapat dicegah. Senang bisa bermanfaat untuk dunia otomotif Indonesia.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 45891

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!