📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap

Mesin Mobil Keluar Asap

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Apakah anda merupakan seorang yang menyukai bepergian ke suatu tempat menggunakan kendaraan mobil? Mobil belakangan ini sangat banyak variasi nya mulai dari bentuk, ukuran, hingga warnanya. Namun tampaknya permasalahan mobil yang kerap terjadi di jenis mobil apapun adalah mesin mobil keluar asap. Permasalahan ini tampaknya membuat banyak pengendara merasa panik dan tidak tahu cara mengatasinya apalagi pengendara baru.

Anda perlu mengetahui bagaimana permasalahan ini dapat terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Tidak perlu panik jika hal tersebut terjadi karena artikel ini akan membantu anda untuk mengatasinya. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab terjadinya permasalahan mesin mobil keluar asap dan cara mengatasinya. Untuk itu, anda perlu membaca artikel ini hingga akhir, ya.

Penyebab Masalah Mesin Mobil Keluar Asap

Mesin Mobil Keluar Asap

Mesin mobil keluar asap dapat terjadi karena kebocoran oli merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Kebocoran oli dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah kabel penyambungan yang sudah rusak, sambungan yang belum rapat, klep bocor, silinder mesin yang sudah aus, atau bahkan terdapat retakan di dinding silinder mobil. Hal ini juga dapat terjadi karena masalah sepele seperti lupa menutup tutup tangki oli sehingga oli akan keluar dan bocor. Oli yang bocor dapat masuk hingga ke mesin pembakaran sehingga menimbulkan asap.

Bocornya Radiator

Mesin mobil keluar asap dapat juga diakibatkan bocornya radiator yang berkepanjangan dapat menyebabkan mobil mengalami overheating yang akan merusak kesehatan mobil. Namun pada kasus ini, hal yang sebenarnya terjadi adalah uap air yang muncul ke permukaan kap mobil. Namun karena bentuk dan wujudnya menyerupai asap, maka banyak yang memiliki respon yang sama. Tidak perlu panik jika ada mengalami hal ini juga.

Ada sisa air di knalpot

Hal ini sebenarnya bukan hal yang berbahaya dan sering terjadi saat anda baru saja mencuci mobil anda. Mesin mobil keluar asap dikarenakan ada air di knalpot akan menguap karena hasil dari proses gas buang. hal ini akan memunculkan asap berwarna putih akan keluar dan sering kali membuat banyak pengendara menjadi panik. Namun, gejala ini akan secepatnya hilang dengan sendirinya saat air tersebut sudah menjadi uap secara keseluruhan.

Walaupun permasalah ini cukup sepele dan sederhana, anda perlu tetap berhati-hati dan memastikan bahwa kejadian ini tidak berulang dalam waktu yang lama. Hal ini dimaksudkan agar kesehatan dari kendaraan anda dapat bertahan lama karena air di knalpot akan membuat pipa pembuangan gas menjadi keropos dan tidak jarang akan menjadi bocor.

Anda dapat mengenali permasalahan ini dengan mengenali warna dari asap yang dikeluarkan oleh mobil anda masing-masing. Berikut merupakan beberapa warna asap yang yang dapat anda kenali sebagai penyebab utama dari keluar asap pada mobil

  1. Asap Biru

Asap biru merupakan asap yang ditandakan dengan kerusakan mobil yaitu oli terbakar yang diakibatkan oleh panasnya mesin mobil anda, sehingga mesin mobil keluar asap. Saat mesin kendaraan dinyalakan, oli akan terbakar oleh tingkat panas dari exhaust manifold sehingga terbentuk kepulan asap biru di kap mobil anda. Kejadian ini dianggap sepele bagi beberapa pengendara.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Namun anda perlu memperhatikan nya bila kejadian ini berlangsung lama lebih dari 2 jam. Jika kejadian ini terjadi berarti oli mengalami kebocoran yang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Sebagai contoh dapat terjadi karena pemasangan penutup atau filter oli kurang kencang atau bisa juga karena seal oli sudah rusak. Jika sudah berlangsung lama, anda perlu sesegera mungkin menanganinya.

  1. Asap Abu-Abu atau Kehitaman

Mesin mobil keluar asap berwarna gelap muncul diakibatkan packing knalpot bermasalah yang berhubungan dengan masalah pembakaran pada mesin mobil. Hal ini dapat terjadi karena kerusakan beberapa sistem baik packing catalytic converter, packing sambungan knalpot, atau packing exhaust manifold. Munculnya asap abu juga dapat menimbulkan suara kasar dari knalpot mobil anda.

  1. Asap Putih

Mesin mobil keluar asap putih ini akan sangat sering anda jumpai sebagai pemilik sekaligus pengendara mobil. Asap putih ini dapat muncul sebagai akibat dari mobil yang mengalami overheat. Overheat dapat merusak kerja coolant bahkan dapat menyebabkan coolant terbakar dan memunculkan kepulan asap putih dari kendaraan mobil anda.

Kejadian-kejadian di atas akan sangat sering anda rasakan sehingga anda tidak perlu panik. Untuk menangani masalah-masalah di atas, anda perlu membawa mobil anda ke bengkel mobil terdekat yang terpercaya untuk menghindari pengulangan fenomena tersebut. Untuk memilih bengkel baik dan berkualitas anda perlu berhati-hati, ya. Bengkel yang sudah terjamin berkualitas adalah doktermobil.com.

Dibaca Juga: 7 Hal yang Terjadi Ketika Asap Knalpot Mobil Pedih di Mata

Cara Mengatasi

Anda dapat mengatasi permasalahan ini jikalau anda mengetahui penyebab permasalahannya. Untuk itu, anda perlu mengecek beberapa kemungkinan komponen mobil yang rusak. Berikut merupakan beberapa komponen yang harus nada cek untuk memastikan penyebab dan langkah awal untuk mengatasi permasalahan mobil: mesin mobil keluar asap:

  1. Kapasitas

Anda perlu melakukan pengecekan terhadap volume oli mesin. Jika terjadi penurunan secara drastis pada oli mesin dalam waktu yang singkat, maka terdapat kebocoran pada sistem pelumasan mesin kendaraan anda. Lalu, anda diminta untuk mengecek indikator pada dashboard mobil dan pastikan bahwa lampu engine menyala. Jika menyala dapat dipastikan bahwa terdapat kerusakan pada injektor mesin anda.

  1. Performa Mesin

Pada saat anda menyalakan mesin kendaraan anda dan terdengar suara berisik seperti gesekan yang keras, hal ini menandakan bawa piston mesin mobil anda sedang rusak. Namun, jika gesekan ini hanya terdapat getaran dan spido RPM naik secara otomatis, maka terdapat kerusakan pada sistem injeksi mobil anda.

  1. PVC Valve

Untuk melakukan pengecekan terhadap komponen ini, anda perlu bekerja secara extra. Anda perlu melepas ujung selang yang terdapat pada saluran udara setelah filter mesin. Jika terdapat tetesan oli disana, maka mobil anda mengalami kerusakan pada PVC Separator.

  1. Tekanan Kompresi Mesin

Untuk melakukan hal ini, anda perlu membawa mobil anda ke bengkel terpercaya karena membutuhkan alat compression tester untuk mengeceknya. Hasil dari alat tersebut akan dibandingan dengan tekanan ideal. Jika hasilnya lebih rendah berarti mobil anda mengalami kebocoran oli, sementara jika normal berarti gasket atau seal katup mobil anda mengalami kebocoran.

Demikianlah beberapa komponen mobil yang dapat anda cek untuk memastikan penyebab keluarnya asap dari mesin mobil anda. Anda perlu membawa kendaraan anda ke bengkel untuk diagnosa lebih lanjut. Pastikan bengkel yang anda pilih merupakan bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil yang aman dan terpercaya.

Dokter Mobil tersebar di banyak titik lokasi di Indonesia serta memberikan banyak jenis pelayanan dalam satu lokasi yang sama. Anda juga dapat melakukan konsultasi secara langsung mengenai permasalahan dan kondisi mobil anda masing-masing.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai permasalahan mobil yaitu mesin mobil keluar asap. Jika terjadi masalah tersebut, anda dianjurkan untuk tidak panik dan segera bawa kendaraan anda ke Dokter Mobil yang tersebar di banyak titik lokasi dengan pelayanan yang prima. Semoga artikel blogs ini dapat bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *