fungsi stator pada alternator

Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator

Bagi para pecinta automotive, pastinya pernah tersirat di benak anda terkait pertanyaan apa fungsi stator pada alternator, dan sebagaimana yang anda telah ketahui, bahwa listrik ialah komponen paling penting pada mobil yang digunakan sebagai sumber dari nyalanya lampu. Agar, kebutuhan listrik dapat terpenuhi secara maksimal, maka komponen alternator inilah yang sangat berperan dan dibutuhkan. Di dalam Alternator atau yang biasa disebut dengan dynamo strom, memiliki berbagai macam komponen  seperti kumparan rotor & stator. Oleh karena itu, cara kerja serta apa fungsi stator pada alternator perlu anda ketahui karena dampak yang diberikan dari kedua komponen itu sangat penting dalam berjalannya mobil anda.

Fungsi Stator pada Alternator

fungsi stator pada alternator

Stator  tersendiri memiliki bentuk seperti kumparan-kumparan statis yang terdiri dari 3 kumparan dimana, salah satu ujungnya telah menjadi satu. Posisi dari kumparan stator itu sendiri terletak di dalam alternator dan berada pada bagian luar dari rotor coil. Lantas apa fungsi stator pada alternator itu sendiri? , fungsi pokoknya ialah sebagai penghasil arus listrik dimana, jenis arus listrik yang dihasilkannya ialah jenis arus listrik bolak-balik yang terjadi pada saat medan magnet sedang berputar. Dengan mengetahui apa fungsi stator pada alternator tentunya, anda menjadi menyadari terkait seberapa pentingnya komponen tersebut, bukan?.

Selain mengetahui apa fungsi stator pada alternator, anda juga harus mengetahui hubungan-hubungan yang terjadi antar gulungan kumparan dengan statornya itu sendiri. Mengapa demikian?, karena dua hal itu merupakan hal yang bersangkut paut antar satu sama lain. Hubungan yang pertama ialah jenis sambungan kumparan bintang dimana, memiliki 4 ujung kumparan dan untuk jenis kumparan ini seringkali digunakan pada alternator yang memiliki tingkat output dengan tegangan yang tinggi pada kecepatan yang cukup lambat .

Sedangkan untuk hubungan yang kedua ialah jenis sambungan kumparan delta yang paling mudah dikenali karena, memiliki 3 ujung kumparan dimana, jenis ini pada umumnya digunakan pada jenis alternator yang memiliki arus yang cukup besar jika dibandingkan pada saat putaran yang rendah.

Dan apakah anda tau bahwa kerusakan pada alternator mobil sangat sering terjadi pada era ini?. Pada umumnya, kerusakan tersebut terjadi pada orang-orang yang belum memiliki kesadaran terkait betapa pentingnya komponen tersebut, sehingga bagi anda yang memang sudah pernah terbesit pertanyaan apa fungsi stator pada alternator, maka itu merupakan pertanda bahwa anda sudah mulai aware terkait permasalahan ini.

Namun, pada saat ini kami belum bisa membahas secara detail terkait dengan topik “apa fungsi stator pada alternator”, disini kami  lebih memilih menekankan pembahasan  terkait  apa saja tanda-tanda kerusakan yang terjadi pada alternator mobil. Mengapa demikian? Karena, tanpa mengetahui pemahaman yang benar terkait dengan tanda-tandanya maka, bisa saja terjadi hal yang tak terduga pada anda. Yuk, mari disimak apa saja tanda-tanda kerusakan yang dapat terjadi pada alternator suatu mobil!

  1. Terdapat bagian lampu mobil yang mulai meredup

Ciri ini  merupakan ciri yang paling seringkali di temukan oleh mobil yang memiliki kerusakan pada alternator, terutama pada saat anda menyalakan lampu-lampu sorot. Tanda ini merupakan tanda peringatan yang tergolong kecil tetapi tidak bisa anda remehkan. Karena, cahaya lampu memiliki peranan yang cukup penting pada saat anda sedang berkendara agar anda dapat nyaman pada saat malam hari.  Jika hal itu terjadi, makan anda harus segera langsung mengecek pada bagian alternator,

  1. Akan mulai terdengar suara-suara bising

Ketika terdengar suara bising pada mobil maka, suara itu mengartikan terdapatnya kerusakan pada mobil tersebut. Ketika memang alternator yang menjadi sumber permasalahan pada mobil anda, maka dengan segera akan terdengar suara-suara decitan dari mobil anda. Suara tersebut berasal dari mesin yang dikarenakan posisi dari pulley tidak sederet atau sejajar.

  1. Aki mobil anda menjadi tidak kuat untuk menyala

Pada umumnya, jika terdapat situasi dimana mobil seseorang menjadi mogok atau tidak bisa nyala maka, orang tersebut akan langsung menukas bahwa akilah penyebab sumber masalah tersebut. Padahal, tidak hanya aki yang bisa menjadi sumber permasalahan dari kemogokan mobil. Melainkan, alternator juga bisa menjadi sumber permasalahan anda.

Aki tidak bisa menyimpan daya-daya yang dikarenakan, tidak ada alus listrik yang diperoleh dari alternator. Jika terjadi tanda-tanda seperti ini, maka kami menyarankan anda untuk langsung berkonsultasi ke Bengkel Dokter Mobil, dimana sumber dari segala permasalahan mobil anda.

  1. Timbulnya bau-bau seperti terbakar akan sesuatu

Pada intinya, baru terbakar ini disebabkan oleh kabel-kabel pada alternator yang telah terbakar. Kabel ini dapat terbakar karena hadirnya gesekan-gesekan yang dikarenakan pemasangan tidak dilakukan secara benar.

Selain hal itu, bau-bau ini juga dapat timbul karena terjadinya pekerjaan yang terlalu berat untuk mesin itu sendiri dimana, aki yang mendampinginya tidak dapat bekerja dengan baik dikarenakan sumber atau suplai daya listrik yang tidak memadai. Jika terjadinya hal ini, maka anda tidak perlu panik karena, jika panik maka akan membahayakan keselamatan anda.

Jadi, anda harus tetap tenang dan bergegas untuk pergi ke bengkel terdekat dan jika memang memungkinkan kami menyarankan anda untuk pergi ke Bengkel Dokter Mobil terdekat karena, bengkel ini memang juaranya terkait dengan hal ini.

Dengan mengetahui apa fungsi stator pada alternator dan juga tanda-tanda kerusakan dari alternator maka, seharusnya anda menjadi dapat lebih aware terkait dengan masalah ini. Mengapa demikian? Karena, peran yang ditimbulkan dari komponen ini sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan anda pada saat anda sedang berkendara. Jadi, kami sangat menyarankan anda untuk bergabung ke Bengkel Dokter Mobil.

Dibaca Juga: Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya

Mengapa harus Bengkel Dokter Mobil? Karena, bengkel ini merupakan bengkel yang menangani fokus terkait permasalahan alternator. Dan mereka pastinya mempunyai alat-alat yang professional dan sudah terstandarisasi jadi, anda tidak perlu ragu untuk mempercayakan mobil kesayangan anda ke bengkel tersebut.

Selain itu, pada bengkel ini juga terdapat berbagai macam pelayanan-pelayanan service yang sangat berkualitas serta memberikan jaminan garansi untuk anda yang telah memercayakan mobilnya kepada mereka.

Dan untuk biaya yang diperoleh dari service ini, anda akan mendapatkan estimasi-estimasi biaya pelayanan tersebut yang akan diperlihatkan di awal-awal sebelum mereka melakukan kegiatan service tersebut. Dan juga terdapat berbagai macam service dari Bengkel Dokter Mobil yang bersifat gratis atau yang biasa disebut free. Jadi, anda tidak perlu takut mengenai masalah biaya.

Dan yang terpenting ialah Bengkel ini sudah terstandard ISO terkait quality management system. Jadi, seharusnya anda tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana sistem pelayanan mereka. Selain itu, pada web dari Dokter Bengkel terdapat artikel-artikel yang menarik terkait permasalahan-permasalahan yang pastinya akan relate pada mobil anda termasuk tentang hal yang sudah kami jelaskan diatas, apa fungsi stator pada alternator.

Penjelasan yang dijelaskan oleh mereka juga sangat lengkap dan detail jadi pastinya akan memberikan wawasan baru kepada anda. Sekian dari kami semoga artikel ini terkait tanda-tanda kerusakan alternator dan apa fungsi stator pada alternator dapat memberikan manfaat yang cukup bagi anda. Sekian dan terima kasih.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Simaklah Cara Membersihkan Filter AC Mobil Agar AC Tidak Bau
Manfaat Cuci AC Mobil Untuk Kenyamanan Anda Saat Berkendara
Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda
Memilih Oli Mobil Sport Terbaik
Kualitas Oli Mobil Jepang Terbaik