📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Usia Freon AC Mobil Menjadi Masalah Utama Pada Mobil Anda

Usia Freon AC Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Bagi Anda pemilik kendaraan, pasti selalu memperhatikan detail komponen kendaraan termasuk usia freon ac mobil Anda. Seperti yang kita ketahui, masalah ini memang cukup berpengaruh pada kualitas pendinginan kabin kendaraan secara keseluruhan, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus.

Meskipun demikian, sampai saat ini masih banyak orang yang tidak terlalu mempedulikan usia freon ac mobil sehingga timbul berbagai masalah pada komponen AC kendaraannya. Hal ini sebenarnya dapat dicegah terutama jika pemilik kendaraan secara rutin melakukan pengecekan dan servis berkala di bengkel mobil yang sudah terpercaya.

Sama seperti komponen mobil lainnya, komponen pendingin atau AC mobil bisa saja mengalami berbagai masalah terutama karena bertambahnya usia pemakaian. Oleh sebab itu, berikut telah kami sajikan penjelasan lengkap mengenai masalah pada AC mobil beserta penyebabnya yang sering ditemukan.

Ragam Masalah pada AC Mobil beserta Penyebabnya (Usia Freon AC Mobil yang Tua, Kebocoran Pipa, dan sebagainya)

Usia Freon AC Mobil

Usia freon ac mobil yang sudah lanjut memang dikatakan sebagai salah satu penyebab utama berbagai permasalahan pada AC mobil. Namun, ternyata masih ada banyak penyebab masalah AC mobil lainnya di samping usia Freon nya yang tua. Apa sajakah itu? Berikut penjelasan lengkapnya :

  1. Masalah: Tidak Ada Udara Dingin yang Keluar dari AC

Sebenarnya, masalah AC yang tidak dapat mengeluarkan udara dingin ini sangat sering ditemukan terutama jika usia freon ac mobil sudah cukup tua. Biasanya permasalahan seperti ini disebabkan oleh pipa freon AC mobil yang bocor. Seperti yang diketahui, komponen AC mobil memang sangat bergantung pada freon untuk dapat menghasilkan udara yang dingin bagi kendaraan. Apabila pasokan freon tidak cukup karena kebocoran, maka komponen lainnya pada AC mobil tidak akan dapat berfungsi dengan maksimal.

Kebocoran pipa freon AC mobil dapat terjadi karena berbagai faktor, tetapi paling umum disebabkan oleh timbulnya lubang pada sambungan, selang, kompresor, kondensor, atau evaporator yang retak hingga pecah. Dibandingkan dengan kebocoran pada komponen mobil lainnya (seperti kebocoran oli), kebocoran pada pipa freon AC memang sulit diketahui terlebih karena sifat dasar freon yang dirancang agar dapat menguap saat terkena suhu lingkungan. Sehingga mampu memperpanjang usia Freon AC mobil Anda.

Untuk mengatasi masalah AC mobil yang tidak dapat mengeluarkan udara dingin, teknisi biasanya akan menggunakan teknik tertentu seperti menambahkan pewarna untuk melacak kebocoran fluoresen dan zat pendingin ke sistem pendinginan mobil. Setelah pewarna berhasil ditambahkan, AC mobil akan dijalankan seperti biasa dan teknisi akan menyalakan lampu hitam untuk mengidentifikasi kebocoran yang terjadi serta memulai perbaikan. Jika sudah, maka freon AC mobil akan diisi kembali agar AC dapat mengeluarkan udara dingin seperti sedia kala.

  1. Masalah: Udara AC Mobil Terasa Bau Tidak Sedap

Secara normal, udara AC mobil tidak akan mengeluarkan bau apapun ketika sistem pendingin dinyalakan. Namun, ada kalanya ketika Anda menyalakan pendingin kendaraan dan udara yang keluar memiliki bau tertentu yang cenderung tidak sedap. Biasanya bau tidak sedap pada AC kendaraan disebabkan karena pertumbuhan bakteri di sistem pendingin, yang biasa timbul pada kendaraan yang jarang menyalakan AC, kendaraan dengan usia pemakaian yang tua, usia freon ac mobil yang sudah cukup tua, atau kendaraan dengan tingkat kelembapan yang berlebih. Dalam keadaan seperti itu, bakteri, jamur, serta mikroorganisme lainnya dapat berkembang dengan cepat di belakang dashboard pada evaporator. Pertumbuhan bakteri, jamur, serta mikroorganisme lainnya ini menghasilkan bau tidak sedap yang keluar dari ventilasi atau sistem pendingin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Filter AC mobil memang dimaksudkan untuk mengumpulkan kotoran, air, debu, dan polutan lainnya, sehingga apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka dapat mengeluarkan bau tidak sedap. Solusi yang sering dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti filter AC kendaraan dengan yang baru. Jika filter AC sudah diganti namun masalah serupa masih terjadi, maka teknisi biasanya akan menambahkan larutan anti bakteri ke dalam area evaporator AC mobil untuk membunuh jamur, bakteri, mikroorganisme, dan kontaminan lain dari komponen sistem pendingin kendaraan.

  1. Masalah: Suhu AC Berubah dari Dingin menjadi Panas

Ketika menyalakan kendaraan, orang-orang pasti berekspektasi bahwa suhu udara AC mobilnya akan terus dingin dan cenderung stabil hingga dimatikan. Oleh karena itu, apabila saat berkendara tiba-tiba suhu AC mobil berubah dari dingin menjadi panas, maka pasti terdapat masalah. Masalah perubahan suhu AC menjadi panas tersebut biasanya disebabkan oleh usia freon ac mobil yang terlampau tua, atau katup ekspansi yang mengeluarkan jumlah freon yang tepat ke komponen evaporator telah gagal bekerja karena tersumbat. Katup ekspansi yang tersumbat ini dapat mencegah freon untuk mencapai komponen evaporator dan dapat menyebabkan pembekuan apabila terdapat uap air.

Solusi untuk permasalahan tersebut biasanya dilakukan dengan menguji tekanan sistem pendingin kendaraan dengan benar dan memeriksa komponen apakah ada penyumbatan atau malfungsi. Tidak peduli gejala apa yang mungkin terjadi pada komponen AC kendaraan Anda, teknisi yang berpengalaman seharusnya tahu cara mendiagnosis masalah AC mobil dengan benar serta cara mengembalikan fungsinya seperti sedia kala.

  1. Solusi Terbaik untuk Semua Permasalahan AC Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali penyebab berbagai macam masalah yang sering terjadi pada komponen sistem pendingin atau AC mobil, mulai dari usia freon ac mobil yang sudah cukup tua, kebocoran pipa, penumpukan kotoran, dan sebagainya. Dari beberapa penyebab masalah tersebut, usia freon ac mobil yang sudah cukup tua memang bisa dibilang menjadi salah satu faktor utamanya. Oleh karena itu, apabila Anda merasa usia freon ac pada mobil Anda sudah cukup tua, ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru.

Bagi Anda yang hendak mengganti usia freon ac mobil yang sudah cukup tua, melakukan pengecekan berkala, serta servis terhadap berbagai permasalahan AC kendaraan, maka bengkel DOKTER MOBIL bisa menjadi pilihan yang tepat. Seluruh layanan servis dan pengecekan dilakukan oleh teknisi profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya, sehingga berbagai permasalahan AC mobil baik yang disebabkan oleh usia freon ac mobil sudah cukup tua ataupun faktor lainnya dapat ditangani dengan cepat, aman, dan mudah.

Dibaca Juga:Penyebab, Solusi dan Ciri Amplifier AC Mobil Rusak yang Harus Anda Pahami

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai ragam masalah pada komponen AC mobil beserta penyebabnya, baik karena usia freon ac mobil yang sudah cukup tua, kebocoran, serta hal lainnya. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa berbagai permasalahan tersebut dapat dengan mudah diatasi dengan melakukan servis di bengkel mobil yang terpercaya seperti DOKTER MOBIL. Anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena DOKTER MOBIL menyediakan berbagai alat dan teknologi servis yang lengkap, sehingga Anda bisa mendapatkan servis AC mobil dengan kualitas terbaik dan dapat diandalkan.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *