📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Kompresor AC Mobil Rusak, Inilah Penyebabnya! 2022

Kompresor AC Mobil Rusak

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

kompresor AC mobil rusak Secara umum permasalahan ini terjadi pada komponen sistem kendaraan yang sering ditemukan. Bagi pemilik mobil yang masih cenderung awam di bidang otomotif, kerusakan pada kompresor AC mobil bisa menjadi hal yang sangat mengganggu, terlebih karena hal ini menyebabkan kurang maksimalnya kinerja dari sistem pendingin pada mobil.

Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, kita perlu mengetahui ragam penyebab serta tanda-tanda dari kerusakan pada komponen kompresor AC mobil. Namun sebelum itu, ada baiknya kita menelusuri lebih lanjut mengenai seluk beluk kompresor AC mobil terlebih dahulu. Yuk kita simak bersama penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penjelasan mengenai Kompresor AC Mobil

Kompresor AC Mobil Rusak

Untuk dapat memahaminya dengan mudah, Anda mungkin dapat membayangkan komponen kompresor AC sebagai jantung dari sistem pendingin di mobil Anda. Pada dasarnya, kompresor AC melakukan fungsi yang sama seperti yang dilakukan jantung di tubuh manusia, yakni membantu kelancaran sirkulasi cairan yang berharga, (dalam hal ini freon atau zat pendingin) melalui sistem pendingin udara.

Kompresor AC mobil juga berfungsi dalam mengubah sifat zat pendingin dari keadaan gas ke keadaan cair, sebelum mengirimkannya ke kondensor yang bertindak sebagai “penukar panas” yang menghilangkan suhu panas dari freon. Dari sana, refrigeran akan disalurkan menuju ke katup ekspansi atau “tabung lubang” di mana zat tersebut akan kembali ke keadaan gasnya.

Dalam hal ini, komponen akumulator akan menghilangkan uap air dari freon, dan kemudian dipindahkan ke evaporator di kabin kendaraan yang biasanya terletak di bawah dasbor. Di sana freon dingin mendinginkan udara yang melewati evaporator, menyerupai radiator kecil. Udara yang lebih dingin dan lebih kering kemudian dikirim melalui ventilasi ke interior mobil melalui kipas agar dapat menghasilkan udara sejuk ke seluruh bagian kabin kendaraan.

Ragam Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kompresor memang merupakan salah satu komponen yang esensial terutama dalam sistem pendingin kendaraan. Oleh sebab itu, tak jarang pemilik kendaraan menemukan masalah seperti kompresor ac mobil rusak. Masalah kompresor ac mobil rusak ini sebenarnya merupakan hal yang umum dijumpai, sehingga Anda tidak perlu panik. Berikut adalah beberapa penyebab kompresor ac mobil rusak:

  • Menumpuknya kotoran

Salah satu penyebab utama kompresor ac mobil rusak adalah menumpuknya kotoran seperti debu, kontaminan dan kerak mineral di koil kondensor. Karena kotoran yang semakin menumpuk, maka AC tidak dapat mengeluarkan cukup panas dari sistem dan dipaksa bekerja secara ekstra untuk mendinginkan kabin kendaraan. Peningkatan tekanan dan suhu ini lama kelamaan dapat menyebabkan kompresor menjadi terlalu panas dan gagal bekerja.

  • Pipa saluran yang tersumbat

Ketika saluran pendingin AC kendaraan tersumbat atau rusak, hal pertama yang dapat dirasakan adalah pendinginan tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Jika masalah tidak teratasi, maka peningkatan tekanan dan suhu menyebabkan overheating dan kegagalan pada komponen kompresor AC.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Ketegangan yang berlebih

Jika saluran freon pada sistem pendingin AC kendaraan berlubang atau retak, maka freon akan mulai bocor. Setelah beberapa waktu, level freonnya menjadi sangat rendah sehingga kompresor harus bekerja lebih keras untuk memompa cukup freon melalui sistem untuk dapat mendinginkan kabin kendaraan. Ketegangan seperti ini pada akhirnya dapat menyebabkan kompresor ac mobil rusak.

  • Ukuran pipa saluran yang salah

Penyebab kompresor ac mobil rusak. ainnya adalah ukuran saluran atau pipa yang tidak sesuai. Jika saluran pendingin kendaraan mengalami kebocoran dan perlu diganti, pastikan untuk mengganti pipa salurannya dengan ukuran yang tepat. Ukuran pipa saluran yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk sistem pendingin mobil dapat menyebabkan kegagalan dini bagi kompresor AC.

  • Masalah kelistrikan.

Kegagalan listrik dapat mengakibatkan penumpukan asam yang menyebabkan banyak kerusakan pada bagian lain sistem pendingin kendaraan selain kompresor. Jika Anda mengalami kompresor ac mobil rusak, pastikan agar teknisi menguji keberadaan asam ini. Jika mereka mendapatkan bahwa pemadaman listrik telah menyebabkan kerusakan di seluruh sistem pendingin, maka kemungkinan besar akan sulit diperbaiki.

Meski demikian, masalah kelistrikan seringkali mudah dicegah ketika teknisi berpengalaman memeriksa sistem pendingin kendaraan. Teknisi yang profesional biasanya dapat dengan mudah menemukan dan memperbaiki kabel, sekering, dan kontraktor yang rusak sebelum mereka mematikan sistem AC secara keseluruhan dan menyebabkan kegagalan kompresor AC.

  • Oli pelumas tidak memadai.

Oli pelumas pada sistem pendingin kendaraan memang sama pentingnya dengan oli komponen mobil lainnya. Jika oli tidak cukup, maka sistem pendingin tidak dapat bekerja dengan baik dan segala macam masalah dapat terjadi, termasuk kompresor ac mobil rusak serta kegagalan kompresor AC. Untuk mencegah masalah pada kompresor, periksalah level oli pelumas dan kondisi pompa oli secara teratur.

Tanda-Tanda Kompresor Ac Mobil Rusak

kompresor

  • Suhu Lebih Tinggi Dari Biasanya Di Kabin

Salah satu tanda yang benar-benar mudah dikenali untuk mengetahui gejala kerusakan kompresor AC adalah suhu AC tidak lagi sedingin dulu. Kompresor yang rusak atau tidak berfungsi tidak akan dapat mengatur aliran freon dalam sistem AC dengan baik, dan akibatnya AC tidak akan berfungsi dengan baik. Pengemudi mungkin dapat memperhatikan bahwa suhu di dalam mobil meningkat dan aliran udara dari AC menjadi panas. Ada 3 kemungkinan penyebabnya, pertama adalah tingkat refrigeran yang rendah, kedua adalah kebocoran refrigeran dan yang ketiga adalah kompresor yang rusak dan perlu diganti.

  • Suara Keras Saat Kompresor Berjalan

Saat komponen ventilasi dan pendingin udara beroperasi, sistem ini cenderung mengeluarkan suara saat dinyalakan dan dimatikan. Tetapi suara keras saat AC dihidupkan adalah gejala potensial lain dari kompresor AC yang buruk. Kompresor AC memiliki beberapa komponen interior dan menggunakan bantalan untuk berputar. Jika salah satu komponen interior rusak, atau bantalan internal kompresor rusak, maka segala macam suara dapat dihasilkan sebagai hasilnya. Solusi paling berharga adalah mengganti seluruh komponen kompresor AC.

  • Kebocoran Freon

Pada dasarnya freon memiliki fungsi utama untuk membantu unit AC mengubah udara hangat menjadi udara dingin, dan jika komponen AC kehabisan bahan kimia ini, maka AC akan meniupkan udara hangat. Ketika zat pendingin (freon) bocor maka hal ini dapat meningkatkan potensi masalah kesehatan yang berbahaya. Selain itu, kebocoran freon juga dapat meningkatkan konsumsi energi kendaraan.

Solusi untuk Kompresor Ac Mobil Rusak

Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan untuk mengatasi masalah pada komponen kompresor AC kendaraan. Padahal, solusinya cukup mudah yakni dengan memeriksakan kendaraan ke bengkel yang sudah terpercaya seperti DOKTER MOBIL. Bengkel DOKTER MOBIL menyediakan layanan atau servis AC mobil yang sangat lengkap, mulai dari  cuci evaporator, cuci kondensor, cuci blower ac, ganti oli kompresor, fogging dan CDC64, hingga ganti filter AC sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai macam layanan serta perbaikan yang lengkap hanya melalui satu bengkel terpercaya saja.

Dibaca Juga:Usia Freon AC Mobil Menjadi Masalah Utama Pada Mobil Anda

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai kompresor AC mobil, penyebab kerusakannya, serta berbagai tanda-tanda kompresor ac mobil rusak. Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa pada dasarnya kerusakan pada kompresor AC mobil adalah hal yang umum ditemukan. Oleh sebab itu, janganlah ragu untuk mendapatkan servis atau pemeriksaan berkala di bengkel yang sudah berpengalaman seperti DOKTER MOBIL. Dengan memeriksakan kendaraan di bengkel DOKTER MOBIL, maka Anda akan mendapatkan solusi terbaik dengan cepat, mudah, dan terpercaya.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *