🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Cara Mengetahui Penyebab Evaporator Bocor Dan Cara Untuk Mengatasinya

Penyebab Evaporator Bocor

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Penyebab Evaporator Bocor sebenarnya bukanlah hal yang besar, ada banyak faktor yang mempengaruhi kebocoran dari evaporator ini. Terkadang pula,  penyebab Evaporator Bocor sebenarnya adalah hal yang terlihat sepele dan justru sering kali dilakukan oleh para pengendara mobil. Oleh sebab itu, sebagai pemilik mobil yang baik alangkah bagusnya apabila anda selalu memperhatikan hal-hal kecil yang tampak sepele demi kenyamanan dan keawetan komponen mobil anda.

Di artikel ini akan saya jelaskan tentang apa saja penyebab Evaporator bocor dan bagaimana cara untuk mengatasinya, selain kebocoran alasan lain evaporator tidak bekerja dengan benar adanya karena pembekuan oleh karenanya pastikan anda membacanya dengan teliti. Karena evaporator juga merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam sebuah mobil. Sehingga apabila komponen ini rusak, pasti anda sebagai pengendara juga akan merasa tidak nyaman.

Mengenal Tentang Evaporator

Penyebab Evaporator Bocor

Evaporator adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam mobil, secara garis besar alat ini digunakan untuk menyerap udara panas di dalam kendaraan kemudian diubah menjadi udara dingin, alat ini merupakan salah satu komponen penting yang selalu dibutuhkan oleh pengendara. Komponen yang sering disebut dengan AC mobil ini pastilah sangat penting bagi pengendara mobil terutama saat mobil digunakan untuk perjalanan jauh. Bisa dibayangkan apabila saat cuaca panas atau perjalanan jauh di mobil kita tidak terdapat AC, pastinya suasana mobil akan terasa sangat pengap dan panas, selain itu ada juga fungsi lain dari evaporator.

Ada 3 fungsi evaporator, sebelum kita mulai membahas tentang penyebab Evaporator bocor dan cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa fungsi dari evaporator serta jenis evaporator hingga cara kerjanya. Mengetahui cara kerja evaporator juga penting, karena dengan begitu kita bisa lebih mengetahui tentang penyebab Evaporator bocor dan bagaimana cara penanganannya.

Fungsi evaporator yang pertama adalah memastikan kinerja AC apakah sudah benar atau belum, apabila AC tidak mengeluarkan hawa sejuk dan cenderung berbau bisa dipastikan bahwa evaporator mulai mengalami gangguan, hal ini juga bisa menjadi penyebab Evaporator bocor. Kedua, mengubah freon artinya evaporator mengubah freon yang ditampungnya menjadi udara dingin, kerja Freon dibantu oleh cooling fan. Ketiga, menyalurkan sirkulasi yaitu evaporator akan menyaring udara yang masuk agar menjadi udara yang bersih saat dikeluarkan dan aman dihirup oleh pengendara.

Evaporator juga memiliki beberapa jenis yaitu plat Fin yang pipih dan memiliki serupa sirip, serpentin yang menyerupai huruf s, dan juga drawn cube yang memiliki bentuk mirip dengan flat pin tetapi memiliki sirip logam, jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan. Untuk cara kerjanya, evaporator akan mengikuti cara kerja Freon, yaitu saat freon mendapatkan tekanan lalu diturunkan maka temperatur bisa turun hingga -30° C. Setelah ini freon akan menyemprotkan udara ke evaporator  dan membentuk gas yang nantinya akan menempel pada dinding tup dan dihembuskan lewat blower.

Penyebab Evaporator Bocor

Setelah mengetahui tentang jenis dan cara kerja evaporator, secara tidak langsung kita sudah mulai faham tentang penyebab Evaporator bocor. Sebenarnya penyebab kebocoran ini adalah suatu hal yang ada sangat sepele, sayangnya tidak banyak orang yang menyadari hal ini. Penyebab Evaporator bocor awalnya adalah karena penumpukan kotoran yang menempel pada permukaan evaporator.

Hal ini bisa terjadi apabila kita jarang melakukan servis dan pembersihan pada evaporator kita. Oleh karena itu sangat disarankan agar anda sering-sering membersihkan evaporator anda dan melakukan servis rutin. Anda bisa melakukan servis ini di dokter mobil, karena dokter mobil adalah salah satu tempat servis mobil yang cukup terpercaya dan ahli di bidangnya.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Evaporator mobil merupakan salah satu komponen penting yang sangat dibutuhkan dan sering digunakan, oleh karenanya kita harus sering membersihkannya. Minimal pembersihan untuk evaporator mobil adalah sekitar satu tahun sekali atau saat kita sudah menempuh perjalanan sejauh 20.000 km. Tapi, untuk mobil keluaran terbaru baiknya kita lebih sering membersihkannya dan rutin melakukan servis serta mengganti filter kabin, hal ini dikarenakan pada mobil keluaran terbaru evaporator cenderung lebih tipis sehingga rawan bocor.

Cara Mengatasi Penyebab Evaporator Bocor

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyebab Evaporator bocor, yaitu dengan memberikannya sendiri ataupun membawanya ke bengkel AC terpercaya seperti dokter mobil. Untuk melakukan pembersihan anda bisa melakukan beberapa cara berikut, yaitu :

  1. Membersihkannya dengan cairan khusus untuk membersihkan evaporator. Untuk cara ini bisa dibilang cukup simpel anda hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut. Beberapa bengkel mungkin akan membersihkannya dengan air, namun sebenarnya itu tidak diperbolehkan. Sehingga pastikan anda membawa mobil anda ke tempat yang tepat sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  2. Mengganti filter AC mobil. Anda bisa menggantinya sendiri dirumah apabila bisa, namun jika tidak yakin anda bisa membawanya ke dokter mobil ataupun bengkel mobil yang terpercaya.

Kesalahan yang sering terjadi sehingga menjadi penyebab Evaporator Bocor adalah menggunakan evaporator dengan usia pakai yang pendek, karena ada beberapa merk yang memiliki kualitas usia pakai yang tidak bagus. Untuk mengetahui tentang merk evaporator yang baik dan memiliki usia pakai yang panjang anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter mobil. Selanjutnya adalah tekanan freon yang tinggi, hal ini disebabkan karena penggunaan freon yang terlalu banyak juga pemakaian freon yang tidak tepat sehingga menyebabkan kebocoran pada evaporator.

Selain kebocoran evaporator, ada alasan lain AC mobil tidak bisa bekerja dengan sempurna yaitu karena evaporator mengalami kebekuan. Evaporator beku juga bisa memiliki penyebab yang sama seperti evaporator yang bocor yaitu karena debu dan kotoran yang menumpuk. Untuk mengetahui terjadinya pembekuan anda bisa langsung mengeluarkan evaporator tersebut, tanda-tanda terjadinya pembekuan adalah AC yang tidak dingin dan memiliki bau yang kurang sedap, selain itu suara blower yang dikeluarkan juga normal meski AC tidak dingin.

Dibaca Juga: Kompresor AC Mobil Rusak, Inilah Penyebabnya!

Akhir Kata

Artikel di atas merupakan beberapa penjelasan mengenai evaporator, cara mengatasi kebocoran dan bagaimana mendeteksinya. Dengan mengetahui tentang evaporator, jenis hingga cara kerjanya maka anda akan lebih faham tentang evaporator hingga penyebab Evaporator mengalami kebocoran. Setelah anda memahami hal tersebut, maka anda akan bisa memilah tentang hal apa yang anda perlu lakukan untuk mengatasinya. Jangan lupa pula untuk melakukan servis di bengkel mobil yang terpercaya dan profesional seperti dokter mobil dimana anda bisa melakukan konsultasi seputar kesehatan mobil.

Dengan ini kami sangat merekomendasikan kepada Anda untuk terus menjaga sekaligus menghindari dari segala penyebab masalah dari evaporator yang sudah kami bahas diatas, dengan cara melakukan check berkala di Dokter Mobil. Dokter Mobil adalah bengkel nomor 1 di Indonesia dengan kualitas yang lebih baik daripada bengkel-bengkel resmi yang ada di Indonesia.

Bengkel ini sudah berskala Nasional yang tersebar sudah hampir di banyak kota-kota besar di Indonesia yang tentunya dapat mengatasi segala masalah yang sedang Anda hadapi dalam menjaga maupun merawat mobil kesayangan Anda, khususnya mencegah dari penyebab evaporator bocor. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja kunjungi outlet-outlet Bengkel Dokter Mobil terdekat di kota Anda.

0020

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Jadwal Ganti Oli Mobil

Jadwal Ganti Oli Mobil

Jadwal ganti oli mobil banyak pemilik mobil merasa bingung menentukan kapan waktunya. Padahal jadwal ganti oli mobil harus  dilakukan secara teratur merupakan suatu kewajiban yang

Read More »

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.