🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Mengatasi Filter AC Mobil Tersumbat Dan Penyebabnya

Filter AC Mobil Tersumbat

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Filter AC Mobil Tersumbat memang merupakan suatu masalah yang cukup serius karena AC mobil adalah komponen yang sangat kita butuhkan saat berkendara, terlebih lagi saat cuaca terik. Akan sangat menyiksa apabila kita berkendara dengan mobil di siang hari yang panas dan menempuh jarak yang jauh namun tanpa AC. Bukan hanya panas, udara di dalam mobil juga akan terasa lebih pengap dan hal ini bisa menyebabkan mabuk kendaraan. Pastilah hal ini bukan menjadi hal yang diinginkan.

Setiap orang pasti selalu ingin berkendara dengan nyaman dan merasa aman. Apalagi saat menempuh perjalanan jauh, kenyamanan pastilah menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Sama halnya dengan hal tersebut, untuk menciptakan kenyamanan saat berkendara kita juga perlu memastikan bahwa komponen mobil kita dalam kondisi layak dan berfungsi, berikut akan saya jelaskan tentang cara mengatasi Filter AC tersumbat dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah filter AC tersumbat.

Mengenal Filter Dryer AC Mobil

Filter AC Mobil Tersumbat

AC mobil memiliki banyak komponen di dalamnya. Salah satunya adalah Filter Dryer dimana filter ini sering tersumbat. Ada banyak faktor filter AC Dryer mobil tersumbat, namun sebelum itu saya akan menjelaskan tentang filter dryer mobil dan komponen yang dimiliki. Ini akan berguna untuk kita mengetahui kenapa filter Ac mobil tersumbat dan bagaimana cara mengatasinya.

Dalam AC mobil terdapat beberapa komponen yang menyusun yaitu kompresor, kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator. Setiap komponen ini memiliki fungsinya masing-masing.  Komponen ini juga bekerja dengan mendukung satu sama lain agar bisa menciptakan fungsi utama yang sempurna.

Disini saya akan membahas tentang dryer filter dikarenakan agar anda bisa mengetahui alasan filter AC mobil bisa tersumbat. Fungsi utama dari dryer filter Adalah untuk menyaring udara. Filter ini memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang masuk melalui freon. Di komponen ini, filter dryer bertugas untuk membersihkan kotoran yang terdapat dalam refrigerator. Dalam filter juga terdapat komponen lain yang mendukung pengerjaannya, komponen-komponen ini akan mengelola udara kotor yang masuk untuk dirubah menjadi udara yang bersih sehingga aman dihirup oleh pengendara.

Cara kerja lapisan filter dryer adalah dengan menyerap air yang dialirkan oleh freon cair ke filter dryer. Setelah melakukan penyerapan, proses selanjutnya adalah dengan melakukan penyaringan terhadap kotoran yang masuk bersama dengan freon. Selanjutnya air yang sudah disaring freon cair akan dialirkan ke expansion valve untuk didinginkan, sisanya akan disimpan di filter dryer yang akan digunakan saat AC dinyalakan setelah dimatikan.

Alasan Filter Ac Mobil Tersumbat

Filter AC tersumbat merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Banyak faktor yang mempengaruhi filter AC mobil tersumbat, terlebih lagi apabila kita sering menggunakan mobil kita untuk perjalanan jauh. Debu dan kotoran kecil yang ada dijalan adalah salah satu faktor filter AC mobil tersumbat, setiap kita melakukan perjalanan tidak menutup kemungkinan terdapat debu-debu yang masuk ke mobil kita dan menempel pada AC mobil yang menyebabkan filter AC mobil kita menjadi tersumbat.

Selain karena filter AC mobil  yang tersumbat, sebenarnya ada beberapa alasan lain yang menyebabkan kondensor AC  mobil tidak bisa bekerja secara maksimal yaitu :

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang
  • Overheating

Masalah ini juga merupakan salah satu alasan AC mobil tidak bekerja dengan maksimal selain karena filter AC mobil tersumbat, overheating juga adalah salah satu penyebabnya. Saat melakukan pendinginan AC tidak bekerja dengan sendiri – sendiri, ada banyak komponen pendukung lain yang membantu, namun ada kalanya kondensor AC menyerap udara yang terlalu panas sehingga mengalami overheating. Ini juga bisa disebabkan karena kipas tidak bekerja dengan maksimal.

  • Usia yang terlalu tua

Usia juga mempengaruhi kualitas kerja AC. Apabila usia AC terlalu tua ia bukan hanya akan mengalami filter AC mobil tersumbat tapi juga tidak bisa menyerap udara panas dengan maksimal. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek AC mobil anda dan mengganti dryer mobil anda setelah menempuh perjalanan 30 km. Anda bisa mengganti AC mobil ataupun dryer anda di dokter mobil, karena dokter mobil merupakan salah satu bengkel mobil yang berpengalaman dan profesional.

  • Kondensor berkarat

Sangat penting untuk melakukan pembersihan pada kondensor mobil anda, selain untuk mencegah filter AC mobil tersumbat, hal ini juga untuk mencegah pengkaratan pada kondensor AC. Debi dan kotoran yang menumpuk akan menyebabkan filter AC mobil tersumbat, dan apabila dibiarkan terlalu lama sumbatan ini akan menyebabkan karat pada AC mobil. Karat inilah yang membuat kinerja AC berkurang dan menyebabkan kebocoran. Untuk membersihkannya gunakan pelumas yang tepat seperti yang direkomendasikan bengkel mobil, anda juga bisa melakukan konsultasi di dokter mobil.

  • Kerikil, debu dan kotoran yang menumpuk

Sebenarnya faktor utama dalam kerusakan AC mobil biasanya memang dikarenakan oleh kotoran. Kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan filter AC mobil tersumbat dan berakhir dengan tidak bekerjanya kondensor AC dengan maksimal. Oleh karenanya, sangat penting untuk melakukan pembersihan rutin, anda juga bisa melakukan pembersihan rutin di dokter mobil karena merupakan bengkel yang memang sudah sangat terpercaya dan juga profesional.

Dibaca Juga:Cara Mengetahui Penyebab Evaporator Bocor Dan Cara Untuk Mengatasinya

Dampak Filter Ac Mobil Tersumbat Dan Solusinya

Filter AC mobil yang tersumbat tentunya memiliki dampak tersendiri bagi mobil kita. Dari sisi kenyamanan pastilah AC menjadi komponen utama dalam mobil, apabila terjadi masalah dengan komponen ini pasti para pengendara dan penggunaan akan merasa tidak nyaman. Berikut adalah dampak dari tersumbat AC mobil.

Filter dryer pada AC mobil memiliki fungsi untuk menyaring udara baik udara yang panas maupun udara yang kotor, namun apabila komponen ini tersumbat dan tidak bisa bekerja dengan maksimal tentunya ada beberapa dampak yang akan Kita rasakan yaitu AC mobil yang menjadi tidak dingin. Karena sumbatan yang terjadi, hawa dingin yang seharusnya dialirkan oleh AC akan menjadi terhambat, akibatnya AC menjadi terasa tidak dingin dan udara dalam mobil akan terasa panas. Selain itu, filter ininjuga berfungsi menyaring udara kotor, namun apabila tersumbat bisa dipastikan bahwa udara yang masuk tidak hanya menjadi panas tapi juga bercampur dengan udara kotor dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Ada beberapa gejala yang bisa timbul akibat filter AC mobil tersumbat yaitu :

  1. Terjadinya pengabutan pada freon. Karena banyaknya sumbatan yang terjadi, akan menyebabkan dry filter menjadi bersuhu dingin dimana seharusnya bersuhu panas.
  2. Terdapat embun pada Dry filter dimana seharusnya selalu kering.
  3. Terbentuk embun di pipa saluran tekanan tinggi AC, dimana seharusnya embun hanya akan terbentuk di pipa AC tekanan rendah. Selain berembun, pipa saluran tinggi ini juga akan terasa dingin saat disentuh.
  4. Tekanan freon menjadi lebih rendah dari pada biasanya setelah diukur dengan tekanan tinggi.
  5. Kondensor AC akan terasa lebih panas ketimbang biasanya saat bekerja dengan normal.

Apabila anda menemui semua ciri-ciri yang saya sebutkan di atas, sebaiknya segera periksa kondensor mobil anda ke bengkel Dokter Mobil terdekat. Anda juga bisa melakukan pencegahan untuk menghindari filter AC mobil tersumbat. Pencegahan ini bisa anda lakukan sendiri maupun di tempat servis mobil.

Anda hanya perlu melakukan pemeriksaan rutin untuk AC mobil anda. Lakukan pemeriksaan di bengkel mobil yang anda percayai seperti di Dokter Mobil secara berkala demi menjaga performa mobil Anda agar selalu tetap maksimal dalam performa. Lakukan juga pembersihan untuk komponen AC Mobil anda agar tidak terjadi penyumbatan. Selain itu, melakukan servis rutin dapat mencegah kerusakan dan masalah pada dryer filter Mobil anda. Sekian artikel yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini dapat membantu anda dan bisa menambah informasi anda terkait dengan filter dryer AC mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.